4 Mobil SUV Teraman di Indonesia, Ada Apa Saja?

Loading...

Mobil SUV, Kini masyarakat cenderung suka dengan Sport Utility Vehicle (SUV). Meski MPV masih menjadi primadona, penjualan SUV kini mulai meningkat di Indonesia. Bukan tanpa alasan, SUV diminati karena beberapa hal.

Loading...

Salah satunya adalah tampilannya yang kekar dan menarik. Selain itu mobil ini memiliki ground clearance yang tinggi sehingga bisa melahap berbagai medan. Yang tak kalah penting tentu saja tawaran fitur dan juga harganya. Beberapa faktor ini kerap menjadi perhatian calon konsumen saat hendak membeli mobil baru. Terutama untuk fitur penunjang keselamatannya.

Mengenai urusan keselamatan, ASEAN New Car Assessment Program (NCAP), beberapa mobil telah lulus uji tabrak dan teruji keamanannya. Dari sekian SUV yang diuji, ada beberapa SUV yang tergolong aman. Berikut adalah empat SUV teraman di Indonesia.

Nissan Terra

Yang pertama adalah Nissan Terra. Pendatang baru di Indonesia ini mendapatkan nilai yang memuaskan. ASEAN NCAP melakukan uji tabrak pada mobil Nissan terbaru ini. Hasilnya SUV Nissan itu berhasil mengantongi rating 5 bintang.

Nissan Terra dinyatakan aman untuk kategori perlindungan penumpang dewasa maupun anak-anak. Terra mengantongi hasil yang memuaskan pada pengujian yang belum lama dilakukan itu lantaran mobil ini mempunyai fitur yang melimpah.

Beberapa diantaranya adalah blind spot technology, lane departure warning, dan intelligent rear view mirror. Fitur-fitur ini sekaligus menjadi bekal Nissan Terra untuk bersaing dengan rival sekelasnya yang sudah lebih dulu hadir di Indonesia, yakni Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

Toyota Rush

Berikutnya adalah mobil Toyota, Rush. Salah satu produk andalan Toyota yang menghuni segmen LSUV ini berhasil meraih rating 5 bintang dari ASEAN NCAP. Mobil ini berhasil melewati beberapa uji tabrak ASEAN NCAP dan mempunyai perlindungan memadai untuk penumpang dewasa maupun anak.

Baca juga: 6 Mobil Toyota Terbaru Meluncur 2019

Perlu diketahui, pengujian yang dilakukan pada Rush model 2018 merupakan kedua kalinya. Sebelumnya Toyota Rush juga menjalani uji tabrak pada 2015. Dari serangkaian tes yang dijalaninya Rush mendapat 4-bintang saja. Itu artinya Toyota Rush terbaru mendapat sejumlah peningkatan, khususnya pada fitur keselamatan.

Honda CR-V

SUV andalan Honda ini juga mendapatkan nilai yang memuaskan. Honda CR-V berhasil memperoleh rating 5-bintang sesudah melakukan uji tabrak dari depan maupun samping yang dilakukan oleh ASEAN NCAP. Hal tersebut tercapai berkat hadirnya teknologi Honda Sensing yang disematkan pada mobil Honda ini.

Tidak hanya itu saja, Honda CR-V 2017 juga dilengkapi dengan fitur keselamatan dual frontal airbags, ESC, 3-points seatbelt hingga fitur seatbelt reminder untuk pengemudi dan penumpang depan. Honda juga menyematkan fitur airbag di sisi samping dan blind spot technology.

Mitsubishi Pajero Sport

Model terakhir yang menyandang predikat SUV teraman di Indonesia adalah Pajero Sport. SUV Mitsubishi edisi 2017 ini telah mengikuti uji tabrak yang dilakukan ASEAN NCAP. Ada dua varian yang diuji tabrak, yaitu Pajero Sport dengan ESC dan tanpa ESC.

Hasilnya, Mitsubishi Pajero Sport dengan dukungan fitur ESC meraih rating bintang 5. Sementara untuk varian tanpa dukungan fitur ESC hanya meraih rating 4 bintang. Akan tetapi keduanya sama-sama memperoleh rating 4 bintang untuk kategori perlindungan penumpang anak.

Itulah 4 mobil SUV yang menjadi SUV teraman di Indonesia. Informasi ini bisa menjadi referensi tambahan untuk Anda yang ingin membeli SUV baru. Terutama untuk Anda yang memperhatikan faktor keselamatan. Bagaimana, model mana yang menarik menurut Anda?

Loading...