Home Auto News Bocoran Toyota Supra Terbaru, Desain Hingga Mesin

Bocoran Toyota Supra Terbaru, Desain Hingga Mesin

0 112

Toyota Supra, Salah satu pabrikan mobil asal Jepang, Toyota tengah menjadi sorotan banyak pecinta roda empat. Pasalnya Toyota diketahui tengah menyiapkan kehadiran mobil barunya yang merupakan sosok mobil legendaris, Toyota Supra. Beberapa bocoran mengenai mobil Toyota terbaru ini juga sudah beredar di dunia maya. Yang menarik perhatian tentu saja bocoran foto Toyota Supra terbaru.

Toyota Jerman dikatakan mengirimkan dua foto terbaru Toyota Supra kepada calon pelanggan yang mengisi daftar tunggu pembelian lewat email. Belum ada informasi mengenai kehadiran mobil baru Toyota ini.

Akan tetapi Toyota Supra terbaru diprediksi akan diperkenalkan pertama kali di ajang Detroit Auto Show yang akan berlangsung pada 14 Januari sampai dengan 27 Januari 2019 di Detroit, Michigan, Amerika Serikat. Sementara itu konsep Toyota Supra versi balap yang akan dipakai dalam ajang Super GT 2019 akan diperkenalkan di Tokyo Auto Salon yang diselenggarakan 12 Januari 2019 di Tokyo.

Tidak sedikit yang percaya bahwa foto-foto yang disebarkan tersebut merupakan hasil rekayasa digital dengan bagian belakang yang diklaim sama seperti foto-foto Toyota Supra yang beredar di internet sebelumnya.

Desain Toyota Supra dalam gambar ini juga dikatakan memiliki sedikit perbedaan dari gambar yang bocor beberapa hari lalu. Tampilan mobil ini justru terlihat seperti mobil Amerika. Hanya saja ada juga yang meyakini bahwa mobil tersebut akan mendapat sentuhan atau body kit GR (body kit untuk Toyota Supra yang akan dipakai pada ajang balap Super GT 2019).

Toyota Supra dalam foto ini mempunyai lampu depan dengan tambahan Daytime Running Light (DRL) yang membuat tampilannya tampak futuristik. Di samping itu juga ada intake vertikal di sudut-sudutnya.

Lalu terdapat lubang ventilasi tipis di atas lengkungan roda depan dan celah di pintu. Selain itu lampu belakangnya sma dengan lampu depan yang dibuat ramping dan mengarah ke celah samping. Terdpat logo Supra dengan jenis huruf serupa dengan pendahulunya. Untuk memperkuat kesan sport terdapat knalpot ganda pada mobil baru Toyota ini.

Lalu juga terdapat lampu kabut yang dipasang di pusat gaya F1 dan diffuser. Sudut-sudut bemper didesain dengan sentuhan yang aerodinamis.

Toyota Supra bisa menjadi salah satu mobil yang paling ditunggu di tahun 2019 ini, terutama oleh pecinta mobil sport di seluruh dunia. Seperti yang diketahui, Toyota Supra merupakan mobil legendaris yang tenar pada masanya. Setelah cukup lama tak terdengar kabarnya, akhirnya Toyota berencana untuk melahirkan kembali Supra dengan wajah dan dukungan teknologi terkini. Model konsep dari Toyota Supra diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2017 kemarin.

Sesudahnya Toyota Supra model produksi dipamerkan di beberapa ajang ternama. Meliputi Goodwood Festival of Speed di Inggris dan Toyota Gazoo Racing Festival di Fuji Speedway, Jepang.

Dalam kedua ajang tersebut Toyota Supra masih dibalut dengan kamuflase merah, hitam dan abu-abu. Dari lekukan bodi dan desain lampu utama, foto-foto yang dikirim Toyota Jerman identik dengan desain Toyota Supra yang dihadirkan di Gazoo Racing Festival beberapa waktu lalu.

Selain tampilan, dapur pacu juga akan menjadi daya tarik dari mobil ini. Pasalnya Toyota Supra terbaru akan mengandalkan mesin hasil kerjasama antara Toyota dengan BMW. Mesin bertenaga gahar ini diprediksi sama eperti yang dipakai BMW Z4 M40i dengan kapasitas 3 liter, 6 silinder segaris. Output daya mesin tersebut 382 tenaga kuda dengan torsi puncak 500 Newton Meter.

Pemilihan mesin ini bukan tanpa alasan. Tujuh tahun lalu kedua merek ternama ini menandatangani kesepakatan untuk pengembangan mobil sport bersama. Hasilnya, sebuah mesin inline enam silinder, yang sama digunakan pada BMW Z4 M40i dan M340i terbaru.

Tetsuya Tada, Chief Engineer Toyota Supra menerangkan bahwa penggunaan mesin tersebut justru karena permintaan konsumen. Mereka menginginkan mesin inline 6 silinder. Pasalnya pada generasi sebelumnya juga mengandalkan tipe mesin tersebut sehingga seolah menjadi ciri khas dari Supra yang sulit untuk dihilangkan.

Toyota sendiri ingin mewujudkannya, namun untuk memproduksi sendiri mesinnya merupakan langkah yang kurang menguntungkan dari segi bisnis. Terlebih Toyota Supra bukanlah produk yang diposisikan sebagai volume maker. Maka dari itu Toyota memanfaatkan kerjasama dengan BMW.

Tidak hanya jantung pacunya saja, transmisi otomatis 8-percepatan juga akan berasal dari BMW. Meski demikian dapur pacu tersebut tetap disesuaikan oleh tim Toyota untuk menyesuaikan dengan desain mobil. Toyota pernah menyampaikan tenaga maksimum Toyota Supra nantinya akan berada di atas 300 hp.

Di samping mesin 6-silinder, Toyota diyakini akan menghadirkan Supra versi lebih murah. Mobil ini akan dipersenjatai mesin berkapasitas 2.0 liter 4 silinder segaris yang memiliki tenaga sebesar 262 hp. Walaupun Toyota Supra memakai mesin Z4 M40i, keduanya tetap akan mempunyai karakter yang berbeda.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply