Home Auto News Suzuki Jimny Segera Masuk Indonesia?

Suzuki Jimny Segera Masuk Indonesia?

0 128

Suzuki Jimny, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memiliki beberapa mobil andalan di Indonesia. Yang sempat menjadi perbincangan hangat adalah Suzuki Jimny. Seperti yang diketahui, mobil off-road berbodi kompak ini pernah tenar di Indonesia pada era 1980-an.

Lama tak menghadirkan model terbarunya, Suzuki Jimny tampak dirindukan oleh penggemar setianya. Hal ini terbukti saat Suzuki Jimny hadir di Indonesia dalam jumlah terbatas. Seluruh unit langsung ludes terjual.

Tidak hanya itu, antusiasme masyarakat juga terlihat pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 yang berlangsung Agustus kemarin. PT SIS mengklaim ada ribuan orang yang berminat untuk membeli Suzuki Jimny jika masuk Indonesia.

Tak heran bila banyak yang berspekulasi bahwa Suzuki Indonesia akan menghadirkan mobil baru tersebut. Di sisi lain Jimny generasi terbaru telah hadir di negara asalnya, Jepang dengan membawa desain yang unik dan menarik serta didukung beragam fitur menarik.

Di sisi lain, pada situs Badan Pajak dan Retribusi Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terdapat sosok mobil asing. Pada bagian Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) terdapat 3 mobil Suzuki berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) yang tertulis jenis Jeep di laman tersebut.

Ketiga mobil tersebut adalah JB 424 W 4×2 AT dengan harga Rp 274 juta, lalu JB 424 W 4×2 MT (Rp 266 juta) dan SN 413 V 4×4 AT (Rp 218 juta). Harga ini tentu saja masih off the road. Sedangkan data tersebut diketahui dibuat pada 1 Januari 2019.

Untuk segmen SUV, Suzuki Indonesia sejauh ini hanya memiliki Suzuki Grand Vitara saja. Mobil ini ditawarkan dalam dua pilihan transmisi, yakni manual dan otomatis. Kode JB 424 W 4×2 di atas mungkin saja adalah Grand Vitara. Sedangkan untuk kode SN 414  44 AT bisa jadi adalah Suzuki Jimny terbaru.

Baca juga: Suzuki Jimny Diproduksi Lokal di Indonesia?

Hanya saja PT SIS masih merahasiakan informasi mengenai kehadiran Suzuki Jimny di Indonesia. Harold Donnel, Head of Brand Development and Marketing Research PT SIS menerangkan pihaknya belum ada rencana untuk menghadirkan mobil tersebut. PT SIS sejauh ini masih melakukan studi terhadap mobil tersebut.

“Di GIIAS 2018, Jimny mendapatkan respon yang cukup baik, tapi sampai sekarang untuk mendatangkan ke Indonesia masih belum dan masih melakukan studi,” jelasnya, mengutip dari laman Tempo.

Harold menjelaskan Suzuki Indonesia sedang melakukan studi terkait pasar Suzuki Jimny di Tanah Air. Studi ini difokuskan untuk mengetahui harga Suzuki Jimny yang diinginkan oleh konsumen di Indonesia.

Disebutkan bahwa ada konsumen yang menginginkan harga mobil tersebut di bawah Rp 100 juta. Sedangkan lainnya menginginkan harga hingga Rp 400 jutaan. Sementara itu, harga Suzuki Jimny di Jepang berkisar Rp 150 jutaan sampai dengan Rp 200 jutaan.

Saat ini Suzuki Jimny masih diproduksi di Kosai Plant, Shizuoka, Jepang. Lantaran permintaan terhadap Suzuki Jimny yang terlampau tinggi, produksi mobil legendaris Suzuki ini kabarknya juga akan dilakukan di India.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Mengenai hal tersebut Harold belum bisa menjawabnya. “Tentang Jimny, kami masih belum bisa update. Semua perihal masih wait and see dulu ya. Nanti pasti dikabari,” kata dia.

Presiden Komisaris PT Indomobil Sukses International Tbk., Soebronto Laras pernah mengisyaratkan kemungkinan untuk merakit Suzuki Jimny di Indoneia pada pembukan GIIAS 2018. “Suzuki Jimny pernah populer di Indonesia pada awal 1980an hingga 1990an. Sampai sekarang masih banyak penggemarnya,” ungkapnya.

Ia mengatakan bahwa saat Jimny 4×4 masuk Indonesia lalu dibuat versi 4×2 (Katana), mobil Suzuki ini menjadi idola generasi muda pada zamannya. Indonesia saat itu menjadi basis produksi untuk Suzuki Jimny. Lalu mengenai apakah Suzuki Jimny akan diproduksi di Indonesia ia mengungkapkan masih mempelajarinya.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply