6 Motor Baru yang ‘Mungkin’ Rilis 2019

Loading...

Motor Baru, Peluncuran motor baru selalu menjadi topik hangat untuk diperbincangkan di awal tahun seperti sekarang ini. Sebab meluncurkan motor baru merupakan agenda rutin tahunan masing-masing merek otomotif. Terlebih persaingan roda dua di Tanah Air sekarang semakin sengit. Maka dari itu produsen sepeda motor perlu memperhatikan penyegaran jajaran produk yang sudah hadir ataupun mempertimbangkan produk baru yang belum ada sebelumnya.

Loading...

Di tahun 2019 ini belum ada pabrikan motor yang secara gamblang akan meluncurkan motor baru di Indonesia. Akan tetapi ada beberapa produk baru yang sudah lebih dulu hadir di negara lain, dan motor ini mempunyai peluang untuk hadir di Tanah Air.

Penasaran dengan motor baru apa saja yang kemungkinan akan masuk di Indonesia? Berikut adalah deretan motor baru tersebut.

Yamaha MT-15

Yamaha MT-15 lama tidak terdengar kabarnya di Indonesia. Akan tetapi motor Yamaha ini baru saja mendapat pembaruan di Thailand. MT-15 terbaru rilis pada November kemarin.

Yamaha MT-15 mempunyai bodi yang kekar khas jajaran MT, dengan lampu depan yang didesain unik. Sedangkan untuk dapur pacu sama dengan yang dipakai Yamaha R15. Motor sport naked ini dibekali dengan mesin berkapasitas 155 cc SOHC berpendingin cairan dengan teknologi VVA.

Suzuki GSX-R250

Selain MT-15, motor sport baru yang menarik untuk ditunggu kehadirannya adalah Suzuki GSX-R250. Seperti yang diketahui, sejauh ini Suzuki belum mempunyai andalan di segmen sportbike 250 cc. Di sisi lain pada ajang supersport 300 di Eropa hampir semua pabrikan ikut serta, kecuali Suzuki lantaran tidak mempunyai produk di kelas itu.

Maka dari itu berhembus kabar bahwa Suzuki akan menghadirkan GSX-R250. Menurut informasi lain motor ini akan memakai mesin dua silinder, mirip dengan rivalnya. Sedangkan untuk segmen naked bike Suzuki akan mengandalkan Gixxer 250 yang rumornya akan memakai mesin satu silinder.

Honda PCX Elektrik

Honda juga mempunyai motor baru yang tak kalah memikat. Motor tersebut adalah Honda PCX Elektrik. Sejauh ini di Indonesia Astra Honda Motor (AHM) masih menghadirkan Honda PCX Hybrid saja.

Motor ini diposisikan sebagai jalan tengah persiapan Honda menuju kendaraan masa depan bertenaga listrik. Di sisi lain pemerintah Indonesia masih merancang aturan kendaraan listrik.

Lain halnya dengan negara asalnya, Jepang, Honda sudah siap dan memasarkan PCX listrik. Tidak berhenti sampai di situ, Thailand juga berencana untuk memasarkan Honda PCX listrik pada tahun ini. Maka dari itu ada dugaan bahwa PT AHM juga akan menghadirkan motor ini.

Yamaha NMAX

Yamaha NMAX menjadi senjata andalan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dalam memikat pecinta motor matic bongsor. Dan tidak terasa kini motor tersebut sudah menginjak umur 4 tahun. Artinya motor Yamaha ini sudah masuk waktunya penyegaran atau facelift.

Jika melihat ke belakang, YIMM sebenarnya sudah melakukan pembaruan pada NMAX. Di awal 2018 kemarin Yamaha NMAX mendapat suspensi tabung dan speedometer dengan desain yang diperbarui.

Hanya saja pembaruan tersebut dirasa masih belum cukup. Sebab pesaing utama Yamaha NMAX, Honda PCX baru saja mendapat pembaruan dengan desain yang tak kalah menarik. Dan juga harga yang cukup kompetitif.

Maka dari itu sudah semestinya PT YIMM melakukan penyegaran pada motor tersebut. Apalagi Yamaha NMAX masih menjadi primadona di kelas motor matic premium.

Suzuki Burgman

Suksesnya Yamaha NMAX dan Honda PCX di kelas motor matic bongsor membuat Suzuki mulai menaruh perhatian pada segmen tersebut. Suzuki terus memantau perkembangan penjualan dan pasar matik bongsor.

Bukan perkara sulit jika nantinya menghadirkan motor matic premium bermesin 150 cc. Sebab Suzuki sudah mempunyai Burgman bermesin 200 cc sampai dengan 650 cc. Di India Suzuki juga baru saja menghadirkan Suzuki Burgman Street bermesin 125 cc yang mempunyai bodi gambot.

Hanya saja kehadiran Suzuki Burgman 150 di Indonesia masih belum jelas. Sebab petinggi Suzuki mengungkapkan masih fokus di segmen matik entry level yang pasarnya dinilai lebih menjanjikan.

Honda CB 150 Exmotion

Di Thailand Honda mempunyai CB 15 Exmotion yang berhadapan langsung dengan Yamaha MT-15. Motor naked Honda ini sebenarnya hadir lebih dulu dibanding pesaingnya. Kehadiran Honda CB 150 Exmotion membuat beberapa orang berspekulasi bahwa Astra Honda Motor akan menghadirkan motor tersebut.

Hanya saja saat itu bos AHM mengungkapkan sulit untuk menghadirkan Honda CB 150 Emotion. Pasalnya skema impor dari Thailand harganya mencapai Rp 40 jutaan. Akan tetapi bukan tidak mungkin nantinya Honda akan berubah pikiran.

Seperti pada Honda PCX yang awalnya juga merupakan produk impor. Setelah kedatangan Yamaha NMAX yang sudah diproduksi lokal, akhirnya PCX terbaru juga diproduksi lokal dengan harga yang kompetitif.

Itulah beberapa kandidat motor baru yang bisa jadi masuk Indonesia di tahun 2019 ini. Tentu saja masih terlalu dini untuk mengetahui motor baru apa saja yang akan hadir sepanjang tahun ini. Akan tetapi beberapa motor di atas bisa menjadi gambaran sekaligus prediksi. Menurut Anda, mana yang berpeluang besar masuk Indonesia?

Loading...