Home Auto News Mobil SUV Suzuki Sedang Disiapkan, Calon Rival Pajero Sport!

Mobil SUV Suzuki Sedang Disiapkan, Calon Rival Pajero Sport!

0 92

Mobil Suzuki, Maruti Suzuki adalah salah satu basis pengembangan Suzuki setelah Jepang. Maka dari itu kabar soal mobil baru Suzuki yang berhembus dari India bisa menjadi kabar yang menarik untuk dibahas. Seperti yang belakangan ini hangat diperbincangkan.

Maruti Suzuki dikabarkan tengah menyiapkan mobil baru yang berupa Sport Utility Vehicle (SUV). Mobil baru ini tentu bukan yang pertama, sebab sebelumnya Suzuki sudah punya Vitara Brezza yang terjun di segmen low SUV.

Dan kini Suzuki berniat untuk memperluas pangsa dengan terjun di pasar SUV besar dengan dimensi panjang lebih dari 4,3 meter. Di segmen ini ada Hyundai Creta dan Mitsubishi Pajero. Kedua mobil ini cukup laris dipilih masyarakat di sana.

Dalam wawancara yang dilakukan oleh Autocar India, Kenichi Ayukawa, CEO maruti Suzuki mengatakan bahwa Suzuki saat ini tengah mengevaluasi atau menyiapkan SUV yang lebih besar. Mobil baru ini nantinya akan diposisikan di atas Suzuki Vitara Brezza. “Kami sedang mempelajari jenis kendaraan itu, sebuah SUV ukuran besar. Kami sedang berdiskusi di sini dan di Jepang untuk melihat apakah kami bisa mengembangkannya,” jelasnya.

SUV Suzuki terbaru ini diprediksi akan lebih besar sekitar 4,3 meter. Suzuki akan mengambil basis dari crossover Suzuki S-Cross dan Vitara Brezza. Mobil Suzuki terbaru ini digadang-gadang akan mempunyai bentuk kotak dan berotot, dengan model tegak bongsor. Selain itu SUV ini nantinya juga menawarkan kabin yang luas.

Di sisi lain beredar dua gambar di India yang merupakan sosok SUV terbaru Suzuki. Dalam gambar tersebut ditunjukkan bahwa SUV Suzuki baru ini mempunyai desain yang gagah. Di bagian wajah depan terdapat logo Suzuki yang tersemat d tengah grille. Selain itu juga ditunjukkan siluet dari samping. Tidak hanya mempunyai tampilan yang gagah. Mobil ini juga akan mempunyai ground clearance tinggi.

Akan tetapi belum ada kejelasan seputar kabin yang dipakai. Maruti Suzuki mempunyai dua pilihan mesin yang sudah dipakai di mobil lain. yakni mesin berkapasitas 1,2 liter dengan turbocharged baru dan mesin diesel berkapasitas 1,5 liter yang baru. Mesin ini dikembangkan sendiri oleh Suzuki dan rencananya akan diperkenalkan di negara lain.

“SUV ukuran ini perlu memiliki kinerja mid-range yang kuat, yang hanya dapat disediakan oleh mesin bensin turbo,” ujar sumber perusahaan.

Baca juga: Suzuki Jimny Segera Masuk Indonesia?

SUV dengan segmen yang lebih tinggi ini nantinya akan melengkapi jajaran mobil Maruti Suzuki. Nantinya mobil ini akan dilengkapi beragam fitur dan peranti pendukung keselamatan yang ditawarkan pula oleh SUV lain di segmen tersebut. Kemungkinan pabrikan mobil asal Jepang itu akan memperkenalkan SUV terbarunya itu pada pertengahan 2020 mendatang.

Kehadiran SUV Suzuki terbaru ini bisa menjadi kabar baik bagi para pecinta SUV. Karena nantinya mereka akan mempunyai pilihan baru jika ingin memiliki SUV berdimensi besar. Selain itu kehadiran SUV ini sekaligus menjadi tantangan bagi rival sekelasnya.

Belum bisa dipastikan apakah nantinya mobil baru Suzuki ini juga akan dipasarkan di Indonesia atau tidak. Akan tetapi melihat fakta bahwa beberapa model Suzuki yang hadir di India juga masuk di Indonesia maka bukan tidak mungkin mobil ini juga akan hadir di Indonesia nantinya. Selain itu mobil SUV juga menjadi idola baru bagi masyarakat Tanah Air. Maka dari itu menjadi keputusan yang menarik bila PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) nantinya juga memperluas pasar dengan menawarkan mobil tersebut.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply