Home Auto News Beda Suzuki Wagon R Terbaru dan Lama, Apa Saja?

Beda Suzuki Wagon R Terbaru dan Lama, Apa Saja?

0 67

Suzuki Wagon R, Maruti Suzuki tengah menjadi sorotan belakangan ini. Sebab Maruti Suzuki dikabarkan tengah menyiapkan beberapa mobil baru. Suzuki Wagon R salah satunya. Beberapa bocoran seputar mobil Suzuki terbaru ini sudah beredar di dunia maya, termasuk foto yang menunjukkan unit Wagon R terbaru.

Disebutkan bahwa Suzuki Wagon R India nantinya akan mempunyai spesifikasi yang sangat mirip dengan pendahulunya. Meski begitu ada beberapa perbedaan antara model baru dengan model lama.

Perbedaan tersebut bisa diamati dari dimensinya. Suzuki Wagon R 2019 nantinya akan sedikit lebih besar. Model terbarunya akan punya dimensi panjang 3.655 mm, dengan lebar 1.620 mm dan tinggi mencapai 1.675 mm. Lalu jarak sumbu rodanya 2.435 mm.

Sebagai pembanding, pada model sebelumnya Wagon R mempunyai panjang 3.636 mm, lebar 1.475 mm, tinggi 1.670 mm dan jarak sumbu roda alias wheelbase 2.400 mm. Itu artinya Suzuki Wagon R akan lebih panjang 19 mm, lebih lebar 145 mm dan lebih tinggi 5 mm.

Perubahan ini akan membuat ruang interior mobil Suzuki tersebut lebih luas dari sebelumnya. Ruang bagasi juga akan lebih banyak di area boot. Maruti Suzuki mengungkapkan bahwa Wagon R terbaru akan memakai platform Heartect yang juga berkontribusi banyak terhadap kelapangan kabin.

Untuk soal desain, Suzuki Wagon R 2019 mempunyai lampu utama yang lebih besar. Selain itu terdapat casing foglight dan bumper depan baru, dengan gill persegi panjang dan strip krom yang tampak di sisi depan. Selain itu juga terdapat material plastik pada pilar C dan desain kap yang dibuat lebih rata. Lalu bumper belakang tapak lebih sederhana dengan bentuk vertikal yang dipadukan dengan aksen krom.

Perbedaan berikutnya terdapat pada dapur pacu. Nantinya Suzuki Wagon R terbaru akan mengandalkan mesin berkapasitas 1,2 liter baru yang tidak ditemukan pada model sebelumnya. Mesin ini sebelumnya dipakai pada Suzuki Ignis dan Suzuki Swift.

Untuk diketahui, mesin itu dapat mengeluarkan tenaga sebesar 83 PS dengan torsi puncak 113 Nm. Suzuki Wagon R terbaru juga tetap dibekali dengan mesin bensin berkapasitas 1,0 liter yang dapat menghembuskan daya puncak 68 PS dan torsi 90 Nm. Kedua pilihan mesin ini dipadukan dengan transmisi manual dan AMT.

Baca juga: Suzuki Wagon R 2019, Apa yang Baru?

Perbedaan lain terdapat pada sektor ban. Suzuki Wagon R akan dibekali dengan ban yang lebih baik dari model sebelumnya. Ukuran ban pada varian LXi baru mencapai 145/80 R13 hingga 155/80 R13. Sedangkan dua varian VXi dan VXi+ akan memakai ban berukuran 155/65 R14. Sementara varian V dan Z memakai ban dengan ukuran 165/70 R14.

Untuk sisi interior disebutkan akan ada perbedaan yang mencolok, seperti kenyamanan pengemudi dan penumpang yang lebih baik, serta adanya fitur keselamatan baru. Interior Suzuki Wagon R akan dibekali dengan sistem infotainment layar sentuh SmartPlay.

Selain itu juga terdapat fitur soket pengisian daya 12V, electric OVRMs, power windows, dan stir yang lebih besar. Mobil baru Suzuki ini juga dibekali dengan airbag di sisi pengemudi dan sensor parkir belakang. Hanya saja perbedaan lainnya baru kan diketahui sesudah Suzuki Wagon R terbaru resmi hadir.

Mobil baru ini mirip dengan Suzuki Karimun Wagon R yang dihadirkan di Indonesia. Yang menjadi pertanyaannya, apakah mobil ini juga kan hadir di Indonesia nantinya?

Sayangnya mengenai hal tersebut belum bisa dipastikan, Rudiansyah, Head of Public Relation and Digital Strategic Planning Departemen PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan bahwa Suzuki Wagon R yang akan hadir di India itu belum didiskusikan oleh pihak SIS.

“Belum ada pembicaraan mengenai rencana Suzuki Wagon R akan dipasarkan di Indonesia juga atau tidak,” terangnya, melansir dari laman Tempo.

 

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply