Home Auto News Bocoran Suzuki Ertiga Cross, MPV Rasa SUV

Bocoran Suzuki Ertiga Cross, MPV Rasa SUV

0 170

Suzuki Ertiga, Hingga saat ini Suzuki Ertiga menjadi senjata andalan merek mobil asal Jepang itu untuk melakukan penetrasi di segmen Low MPV. Di beberapa negara mobil keluarga ini memang masih menjadi primadona. Tak heran jika persaingan di pasar LMPV sengit. Maka dari itu inovasi baru perlu dilakukan supaya tak kalah saing dengan kompetitor.

Hal ini tampaknya dilakukan oleh Suzuki. Pada tahun 2018 kemarin sempat berhembus kabar bahwa Suzuki menyiapkan New Ertiga versi SUV. Perlahan bocoran mengenai mobil baru itu muncul di dunia maya.

Dikabarkan bahwa development Suzuki Ertiga bergaya SUV sedang berjalan di India. Paten desain yang diduga mobil baru Suzuki beredar. Mobil ini disebut-sebut adalah Suzuki Ertiga Cross.

Berdasarkan paten desain tersebut, Ertiga Cross memiliki tampilan yang berbeda jika dibandingkan dengan New Ertiga yang beredar di pasaran saat ini. Khususnya di bagian bumper belakang yang terlihat lebih sporty.

Di bagian samping terdapat aksen lubang berbentuk vertikal. Juga ada under guard yang membuat bagian belakang menjadi lebih gagah. Sayangnya bocoran gambar ini hanya menunjukkan satu bagian saja. Sehingga tidak diketahui seperti apa bagian depan, samping dan juga interiornya.

Suzuki Ertiga Cross kabarnya tetap mengandalkan mesin yang sama dengan Ertiga. Yakni mesin bensin berkode K15B empat silinder dengan kapasitas sebesar 1.500 cc.

Kehadiran Suzuki Ertiga versi SUV akan menjadi senjata menarik bagi Suzuki. Seperti yang diketahui, saat ini masyarakat cenderung menyukai SUV.

Render Suzuki Ertiga Cross (Img: Indianautosblog)

Sebelumnya sudah ada Mitsubishi Xpander yang memadukan unsur SUV dengan MPV. Hasilnya mobil ini mendapat respon positif dari masyarakat.

Belum dapat diketahui apakah mobil ini juga akan hadir di Indonesia nantinya. Akan tetapi bisa menjadi tawaran yang menarik bila Suzuki memutuskan untuk menghadirkan Ertiga versi SUV di Tanah Air.

Sebagai informasi, Suzuki New Ertiga yang hadir saat ini mempunyai desain yang lebih elegan dan stylish, namun tetap mempertahankan gaya khas Ertiga. Suzuki Ertiga mempunyai tiga pilihan varian, yakni GA, GL dan GX, sama seperti model sebelumnya.

Baca juga: Duel Suzuki Ertiga 2018 vs Wuling Cortez 1.5

Khusus pada tipe GX ESP dilengkapi dengan tambahan fitur keselamatan Electronic Stability Program (ESP). Fitur berfungsi untuk mencegah mobil melintir. ESP biasanya menjadi salah satu fitur andalan yang disematkan pada mobil keluaran terbaru.

Di samping itu Suzuki Ertiga terbaru juga dilengkapi dengan fitur SRS airbag, ABS, EBD dan ISOFIX. Fitur-fitur ini menjadi kelengkapan standar untuk semua tipe. Hanya saja Suzuki belum melengkapinya dengan fitur Hil Start Assist (HAS).

Di samping itu mobil ini juga dibangun dengan memakai platform HEARTECT. Sasis ini dibuat lebih ringan namun tetap kaku. Sebelumnya platform tersebut juga dipakai Suzuki Swift terbaru, Baleno, serta Ignis.

Mobil ini memakai dapur pacu K15B yang merupakan pengembangan dari K14B. Mesin berkapasitas 1,5 liter DOHC ini dibekali dengan teknologi VVT. Tenaga yang dihasilkan bisa mencpai 104,7 PS dengan torsi puncak 138 Nm. Sedangkan untuk pilihan transmisi tetap manual 5-percepatan dan otomatis konvensional 4-percepatan.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply