Teaser Suzuki Wagon R 2019 Beredar, Meluncur 23 Januari

Loading...

Suzuki Wagon R, Baru-baru ini Maruti Suzuki merilis teaser Wagon R di internet. Seperti yang diketahui, mobil baru Suzuki ini rencananya akan meluncur di India pada 23 Januari mendatang. Maruti menyebut mobil ini dengan jargon Big New Wagon R. Wagon R 2019 memang mengalami peningkatan proporsi dimensi dibandingkan model pendahulunya.

Loading...

Beberapa waktu lalu Maruti Suzuki Wagon R tertangkap kamera tanpa kamuflase. Selain itu tampilan interior mobil Suzuki ini juga sudah beredar. Diketahui bahwa mobil ini akan hadir dengan desain baru, fitur yang lebih banyak dan powertrain yang lebih kuat. Wagon R merupakan salah satu mobil dengan penjualan paling konsisten dan versi generasi baru diharapkan bisa menjaga kesuksesan tersebut.

Hingga saat ini Maruti Suzuki belum menunjukkan secara spesifik soal desain Wagon R terbaru. Akan tetapi berdasarkan bocoran yang beredar di dunia maya mobil ini dibekali dengan grill baru yang lebih lebar. Selain itu lampu depannya dibuat lebih besar.

Ubahan lain terdapat di bagian lampu belakang yang dipasang secara vertikal. Kap mesin juga dibuat sedikit lebih besar. Dimensi Suzuki Wagon R terbaru mendapat ubahan menjadi lebih panjang dan lebar dari sebelumnya. Hal ini membuat ruang kabin dan kapasitas kargo menjadi lebih luas.

Mobil ini memiliki panjang 3.655 mm, lebar 1.620 mm dan tinggi 1.675 mm. Lalu wheelbase atau jarak sumbu rodanya 2.435 mm. dibandingkan dengan Karimun Wagon R GS, model ini lebih panjang 20 mm, lebih lebar 145 mm dan lebih tinggi 5 mm. Wheelbase juga lebih panjang 35 mm.

Di sisi kabin, ada sejumlah pembaruan yang dilakukan oleh Maruti. Seperti hadirnya konsol instrumen baru dan sistem infotainment layar sentuh. Dashboard mobil ini juga dilabur dengan dual-tone treatment. Kemungkinan sistem infotainment Wagon R terbaru juga akan dilengkapi dengan Apple CarPlay dan Android Auto.

Mobil ini disiapkan untuk memenuhi regulasi keselamatan di India. Maka dari itu ada beberapa fitur penunjang keselamatan yang hadir pada obil ini. Seperti fitur rem Anti-lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brake Distribution (EBD), pengingat kecepatan, sensor parkir, dan airbag.

Untuk urusan performa, Maruti Suzuki Wagon R 2019 menawarkan mesin bensin baru berkapasitas 1,2 liter. Mesin ini juga dipakai oleh Suzuki Swift dan juga Ignis. Akan tetapi opsi mesin ini hanya tersedia pada varian teratas.

Baca juga: Beda Suzuki Wagon R Terbaru dan Lama, Apa Saja?

Sedangkan varian bawah masih memakai mesin lama K-Series dengan konfigurasi tiga silinder 1 liter. Untuk pilihan transmisi ada dua versi, yaitu manual 5-percepatan dan AMT.

Untuk mesin K10B 1,0 liter dapat menghasilkan tenaga sebesar 67,98 PS dengan torsi puncak 90 Nm. Sementara mesin 1,2 liter K12M mempunyai tenaga maksimum 82,94 PS dengan torsi mencapai 113 Nm.

Di India Maruti Suzuki akan menawarkan mobil baru ini dalam tiga pilihan varian. Antara lain LXi, VXi dan ZXi.

Suzuki Wagon R di India akan berhadapan dengan beberapa rival. Seperti Datsun GO, Hyundai Santro, Tata Tiago dan Renault Kwid. Harga Suzuki Wagon R diprediksi tetap kompetitif, namun mengalami peningkatan dari model yang ditawarkan saat ini. Informasi seputar mobil baru Suzuki ini akan tersedia pada 23 Januari mendatang. Sedangkan pengiriman unit ke konsumen diprediksi akan dimulai menjelang akhir bulan ini.

Di sisi lain Suzuki Wagon R juga hadir di Indonesia dengan nama Karimun Wagon R. mobil ini diproduksi di Pabrik Suzuki di Tambun, Bekasi, Jawa Barat. Selain untuk keperluan domestik, mobil buatan Tambun ini juga diproduksi untuk keperluan ekspor.

Sepanjang Januari sampai September 2018 jumlah ekspor Karimun Wagon R mencapai 23.712 unit. Performa ekspor Karimun Wagon R pada periode ini meningkat 27 persen dibanding perolehan periode yang sama di tahun sebelumnya sebanyak 18.720 unit.

PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) berhasil menorehkan volume ekspor Suzuki Wagon R dalam bentuk Completely Knock Down (CKD) sebanyak 78.384 unit sejak pertama kali diekspor ke Pakistan pada 2014 silam. Pencapaian tersebut menobatkan Suzuki Karimun Wagon R sebagai produk Suzuki dengan jumlah ekspor tertinggi dalam bentuk CKD.

Belum ada informasi kapan Karimun Wagon R di Indonesia juga akan mendapatkan penyegaran seperti yang ada di India. Mengingat pasar LCGC masih ramai dan beberapa kompetitor yang sudah menyegarkan produk andalannya di kelas tersebut, bukan tidak mungkin Karimun Wagon R akan mendapat penyegaran. Jika pembaruannya nanti seperti yang ada di India maka Karimun Wagon R bisa lebih kompetitif.

Loading...