Home Auto News Yamaha R15 ABS 2019 Meluncur di India, Berapa Harganya?

Yamaha R15 ABS 2019 Meluncur di India, Berapa Harganya?

Yamaha R15, Di India Yamaha R15 terbaru meluncur dengan tambahan fitur ABS. India merupakan negara pertama yang berkesempatan memasarkan Yamaha R15 terbaru dengan tambahan fitur rem anti mengunci tersebut.

Menariknya fitur ABS yang hadir pada motor Yamaha ini merupakan 2-channel. Artinya baik roda depan maupun belakang mendapat fitur tersebut. Sehingga pengendara tidak perlu khawatir untuk memaksimalkan tekanan rem. Sebab komputer dan pompa hidraulis siap mengatur rem supaya roda tidak tergelincir.

Melihat tampilannya, perbedaan antara Yamaha R15 ABS dengan non-ABS hanya pada stiker di bagian fairing yang sangat kecil dan adanya tambahan rem ABS saja. Selebihnya tidak ada yang berubah, baik dari segi desain maupun grafis. Yamaha R15 ABS tetap mengandalkan dimensi kompak dengan desain supersport Yamaha yang khas.

Akan tetapi ada yang berbeda jika dibandingkan dengan Yamaha R15 yang dijual di Indonesia. Terutama dari pilihan warna dan grafis. Di samping itu Yamaha R15 juga dilengkapi dengan spakbor tambahan di bagian belakang yang menempel dengan swing arm. Umumnya spakbor ini jadi dudukan untuk mencantumkan peranti wajib lain di India, Saree Guard.

Perbedaan lain terdapat pada kaki depannya. Untuk Yamaha R15 versi Indonesia sudah memakai suspensi upside down. Artinya motor itu memakai shock teleskopik yang berada dalam posisi terbalik. Penggunaan suspensi ini dinilai lebih andal untuk dipakai manuver. Hanya saja pada Yamaha R15 India masih memakai teleskopik standar, belum USD.

Untuk dapur pacu juga tetap sama. Yamaha membenamkan mesin 1 silinder berkapasitas 155 cc pada Yamaha R15 ABS. Dapur pacu ini dipadukan dengan transmisi 6-percepatan dengan tambahan fitur slipper clutch dan assist. Mesin tersebut juga sudah dilengkapi dengan sistem Variable Valve Actuation yang memungkinkan figur pengolahan tenaga efisien di putaran bawah dan gahar di putaran atas.

Mesin yang disematkan pada Yamaha R15 dirancang dengan konfigurasi Single Overhead Camshaft (SOHC) 4 klep yang dikombinasikan dengan pendingin cairan. Tenaga yang dapat disajikan mesin ini mencapai 19,3 dk. Sedangkan torsi maksimumnya diklaim bisa menembus angka 14,7 Nm.

Baca juga: Yamaha R25 ABS 2019 Hadir, Harga Rp 64 Jutaan

Dengan tambahan fitur ini, harga Yamaha R15 ABS di India lebih mahal dari versi standar. Harga motor Yamaha ini naik 12 ribu Rupee atau Rp 2 jutaan menjadi 139 ribu Rupee atau setara Rp 27 jutaan.

Harga tersebut bahkan lebih mahal dari Yamaha R15 standar yang dijual di Indonesia. Untuk diketahui, harga R15 di Indonesia mulai Rp 35,3 juta sampai dengan Rp 35,9 juta.

Tambahan fitur ABS pada motor sport Yamaha ini dikarenakan pemerintah India menetapkan Antilock Braking System (ABS) sebagai salah satu perangkat yang wajib ada pada sepeda motor. Berbeda dengan di Indonesia yang belum mewajibkan penyematan ABS tersebut.

Meski begitu beberapa produsen turut menghadirkan fitur tersebut. Seperti Honda CBR150R yang tersedia dalam versi ABS. begitu juga dengan Suzuki GSX-R150. Hanya Yamaha R15 yang belum mendapatkannya. Melihat kondisi ini bukan tidak mungkin nantinya Yamaha Indonesia Motor Manfacturing (YIMM) juga turut menghadirkan fitur ABS pada motor andalannya di segmen sportbike 150 cc itu.

“Sebuah merek yang dikenal untuk generasi terkemuka perjalanan penuh gaya melalui teknologi yang ditingkatkan, Yamaha kini telah menerapkan ABS dual channel ke YZF-R15 Versi 3.0. Sehingga menjadikan Yamaha sebagai trendsetter di kelas 150 cc,” ujar Motofumi Shitara, Bos Yamaha Motor India, sebagaimana dilansir dari laman Tempo.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply