Daihatsu Xenia 2019 Punya 10 Varian, Ini Bedanya

Loading...

Daihatsu Xenia 2019, Bersamaan dengan hadirnya Toyota New Avanza, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan Grand New Daihatsu Xenia. Seperti kebiasaan Daihatsu, mobil baru ini hadir dalam banyak pilihan varian. Tidak tanggung-tanggung, ada 10 varian yang ditawarkan kepada konsumen.

Loading...

Xenia terbaru hadir dengan membawa beberapa perubahan. Selain itu untuk pertama kalinya mobil MPV Daihatsu ini mempunyai opsi mesin 1.5 liter Dual VVT-i.

Pada dasarnya Daihatsu Xenia terbaru dijual dalam tiga varian utama. Antara lain 1.3 X, 1.3 R dan 1.5 R Deluxe. Embel-embel Deluxe tersebut juga melengkapi 1.3 X dan 1.3 R Standar. Selain itu juga ada pilihan transmisi manual dan otomatis.

Walaupun demikian Daihatsu Xenia 2019 mendapat tambahan fitur standar yang cukup lengkap pada semua varian. Beberapa fitur standar tersebut adalah dual airbag, digital AC dengan double blower, power steering electric, soket listrik 12 volt di baris depan dan kedua.

Untuk diketahui, mesin 1,3 liter dan 1,5 liter merupakan dapur pacu buatan Toyota. Maka dari itu ada tambahan Dual VVT-i pada mesin ini. Selain itu juga terdapat teknologi drive by wire atau tanpa kabel gas.

Dari sisi eksterior sebenarnya sudah terlihat perbedaan antar varian New Xenia. Seperti pada versi Deluxe di setiap tingkatan terdapat aerokit di bagian bumper depan dan belakang. Selain itu juga terdapat side skirt dan spion dengan lampu sein. Berikut perbedaan antar varian Daihatsu Xenia terbaru.

Grand New Daihatsu Xenia 1.3 X

Xenia 1.3 X merupakan varian terbawah. Harga Daihatsu Xenia 1.3 X mulai Rp 183,35 juta untuk transmisi manual dan Rp 194,25 juta untuk varian otomatis. Lalu juga ada versi Deluxe yang dilepas dengan harga Rp 198,6 juta untuk versi manual dan Rp 210,45 juta untuk tipe otomatis.

Varian ini sudah dilengkapi dengan pelek alloy 14 inci. Sehingga bisa menjadi pilihan menarik untuk calon konsumen yang ingin mobil stylish namun dijual terjangkau. Di samping itu model ini juga sudah mengadopsi lampu LED untuk semua varian.

Sedangkan untuk fiturnya juga cukup mumpuni. Daihatsu Xenia 1.3 X standar mengusung fitur audio 2-DIN touchscreen, AC digital dan power outlet untuk baris depan maupun kedua. Sementara untuk fitur keselamatan ada rem ABS dan sepasang airbag untuk penumpang depan.

Baca juga: Detail dan Harga Daihatsu Xenia 2019

Hanya saja sisi eksterior versi standar tampak lebih polos dibanding 1.3 X Deluxe. Pntu bagasi merupakan satu-satunya bagian yang mendapat sentuhan garnish krom, sekaligus menjadi standar untuk semua tipe Xenia 2019.

Grand New Daihatsu Xenia 1.3 R

Varian ini digadang-gadang akan menjadi volume maker Xenia terbaru. Untuk tipe R yang mengandalkan mesin 1,3 liter dilengkapi dengan seluruh fitur yang ada pada varian X. Hanya saja sisi eksteriornya sedikit berbeda. Sebab Xenia 1.3 R engusung pelek 14 inci dengan desain berbeda. Palangnya didesain lebih tebal sehingga tampak lebih mewah.

Di sisi depan terdapat grille krom yang menjadi pembeda lain dengan varian bawahnya. Varian R standar maupun Deluxe juga sudah dilengkapi dengan spoiler bagasi dengan lampu rem.

Di sisi interior Daihtasu Xenia 1.3 R menawarkan fitur yang cukup beragam. Ada audio 2-DIN dengan dukungan konektivitas Bluetooth atau US. Di samping itu suara disalurkan lewat empat speaker biasa dan dua tweeter yang tidak dimiliki Xenia X. Tidak hanya itu, kursi depan juga dilengkapi dengan back pocket atau sakut di belakang sandaran kursi, termasuk cermin di sun visor penumpang depan.

Daihatsu juga menyertakan pengaturan naik-turun (tilt) pada roda kemudinya. Sementara tombol pengatur audio juga sudah tersedia sehingga memudahkan pengemudi untuk mengakses fitur audio. Sisi instrumen juga terlihat berbeda lantaran ada Multi Information Display (MID) yang menampilkan informasi berkendara, termasuk ECO Indicator.

Perbedaan lain pada 1.3 R Deluxe terdapat pada sensor di pojokan depan. Fitur ini berfungsi seperti sensor mundur. Akan tetapi diletakkan di bagian depan.

Harga Daihatsu Xenia 1.3 R standar mencapai Rp 187,650 juta untuk versi manual. Sementara transmisi otomatis dilepas Rp 198,55 juta. Lalu versi Deluxe dipatok Rp 207 juta untuk sistem transmisi manual dan Rp 218 juta untuk versi otomatis.

Grand New Daihatsu Xenia 1.5 R Deluxe

Varian 1.5 R hanya tersedia dalam pilihan Deluxe saja. Untuk itu varian ini dilengkapi dengan spoiler bagasi, aerokit di bumper depan dan buritan dan semua hal yang ada pada 1.3 R Deluxe.

Yang baru tentu saja hadirnya mesin empat silinder berkapasitas 1,5 liter Dual VVT-i. Selain itu Xenia 1.5 R Deluxe juga dilengkapi dengan fitur penunjang keselamatan Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Distribution (EBD) di sistem pengereman.

Sementara desain pelek juga terlihat berbeda lantaran emiliki dua warna, hitam dan krom polished. Hanya saja pada varian ini belum dilengkapi dengan tombol start-stop seperti yang ada pada Veloz. Selain itu varian ini juga masih memakai pelek berukuran 14 inci.

Jika berminat, harga Daihatsu Xenia 1.5 R Deluxe tipe manual mencapai Rp 218,05 juta. Lalu versi otomatis dipatok Rp 228,95 juta.

Loading...