Home Auto News Spesifikasi dan Harga Yamaha MT-15 2019 Indonesia

Spesifikasi dan Harga Yamaha MT-15 2019 Indonesia

0 305

Yamaha MT-15, Belum lama ini beredar foto yang menunjukkan Yamaha MT-15 yang ada di suatu diler. Dan kini Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) diam-diam meluncurkan motor naked sport terbarunya itu. Hal ini bisa diketahui lewat situs resmi Yamaha Indonesia. Pabrikan motor berlogo tiga garputala itu diketahui sudah memajang motor Yamaha ini di kolom naked bike.

Menurut keterangan tertulis yang disebar oleh YIMM, Yamaha MT-15 melengkapi line up keluarga MT Yamaha Indonesia. Seperti yang diketahui, pada jajaran MT Series sudah ada MT-25, MT-09 dan MT-09 Tracer.

“Kehadiran MT-15 merupakan representasi atas gaya berkendara masa kini, hal tersebut dapat dilihat melalui desain motor yang lebih agresif, penambahan fitur terbaru, serta optimalisasi mesin yang lebih bertenaga. Kami optimis MT-15 akan mendapat respon yang sangat positif dari masyarakat dan menjadi trend setter di kalangan para pecinta naked sport kedepannya,” Yordan Satriadi, Deputy GM Marketing PT YIMM dalam siaran resminya.

Penasaran dengan sosok anggota baru Yamaha MT Series ini? Berikut adalah detail Yamaha MT-15.

Dimensi dan Fitur

Melihat dimensinya, Yamaha MT-15 mempunyai panjang 1.965 mm, dengan lebar 800 mm dan tinggi 1.065 mm. Jarak sumbu rodanya mencapai 1.335 mm dan jarak terendah ke tanah mencapai 155 mm.

Tinggi jok motor sport Yamaha ini mencapai 810. Sedangkan bobotnya mencapai 133 kg. Tangki bahan bakarnya memiliki kapasitas 10,4 liter.

Yamaha MT-15 didesain dengan konsep street fighter, sama seperti Yamaha Xabre. Lalu untuk bagian rangka juga memakai Deltabox seperti yang dipakai motor naked Yamaha lainnya.

Yang menarik perhatian dari motor baru Yamaha ini adalah dipakainya suspensi depan upside down (USD). Sedangkan bagian belakang memakai lengan ayun model banana yang didesain cukup tebal. Lalu untuk sektor kaki-kaki memakai ban berukuran 110/70 di bagian depan dan 140/70 di bagian belakang. Masing-masing ban sudah dilengkapi dengan rem cakram untuk memaksimalkan pengereman.

Tampilan depan Yamaha MT-15 juga terbilang unik. Tidak seperti motor pada umumnya, lampu proyektor LED motor ini sengaja terpampang tanpa mika lampu. Lalu di bagian atas terdpat dua lampu LED lain yang menyipit sehingga membuatnya terlihat gahar.

Selain itu Yamaha menyematkan panel instrumen yang sudah digital. Panel ini menampilkan beragam informasi penting untuk pengendara. Seperti speedometer, tachometer, posisi gigi, konsumsi BBM, volume bahan bakar, indikator VVA, dan lainnya.

Tampilan speedometer Yamaha MT-15 terlihat semakin modern dengan warna negative. Yamha juga menyertakan shift timing light untuk memberitahukan kepada pengendara kapan harus melakukan perpindahan gigi sehingga bisa meraih performa yang optimal.

Tidak hanya itu, handle bar motor ini juga dibuat lebar untuk menunjang posisi duduk lebih tegak. Yamaha juga menambahkan fitur big bike switch (cut off/on dan starter engine).

Mesin

Berpindah ke dapur pacu, Yamaha MT-15 mengandalkan mesin berkapasitas 155 cc satu silinder 4 katup SOHC berpendingin cairan. Tenaga yang dapat dihasilkan mesin ini mencapai 19 dk pada putaran 10.000 rpm. Sementara torsi puncaknya bisa menembus angka 14,7 Nm pada putaran 8.500 rpm.

Tenaga tersebut diteruskan ke roda belakang lewat transmisi manual 6-percepatan. Mesin MT-15 ini sudah mengadopsi teknologi VVA yang membuat torsi merata di setiap putaran mesin. Selain itu merek motor ternama asal Negeri Samurai ini juga sudah menyematkan fitur Assist & Slipper Clutch yang dapat mencegah selip saat menurunkan gigi dalam putaran mesin tinggi. Yamaha juga menyertakan teknologi DiAsil cylinder & forget piston.

Harga

Di Indonesia, harga Yamaha MT-15 mencapai Rp 34,950 juta. Motor Yamaha terbaru ini ditawarkan dalam tiga pilihan warna yang bisa dipilih oleh calon pembeli. Antara lain Matte Grey, Metallic Black, dan Matte Blue.

Yamaha MT-15 sebenarnya sudah lebih dulu hadir di Thailand. Di sana motor terbaru Yamaha ini hadir sebagai pengganti M-Slaz atau yang juga dikenal sebagai Xabre di Indonesia. Maka dari itu tidak heran bila ada anggapan bahwa MT-15 juga menggantikan kehadiran Xabre di Tanah Air.

Akan tetapi uniknya YIMM memastikan bahwa Yamaha Xabre tetap dipasarkan. Informasi ini disampaikan oleh Antonius Widiantoro, Manager Public Relation PT YIMM.

“Xabre masih tetap dijual,” ungkapnya, mengutip dari detikOto.

“MT-15 hadir untuk melengkapi keluarga MT series yang telah ada. Xabre pun masih dijual,” tambahnya. Jadi kehadiran Yamaha MT-15 menambah pilihan bagi konsumen yang ingin memiliki motor sport 150 cc dengan karakter khas MT Series.

Spesifikasi Yamaha MT-15

Mesin: Liquid cooled, 4-Stroke, SOHC, 4 Valves, VVA
Jumlah silinder: Silinder tunggal
Diameter x Langkah: 58 mm x 58,7 mm
Kompresi: 11,6 : 1
Daya: 14.2 kW/ 10000 rpm
Torsi: 14.7 Nm/ 8500 rpm
Sistem starter: Elektrik starter
Sistem pelumasan: Basah
Kapasitas oli mesin: Total = 1,50 L; Berkala = 0,85 L; Ganti Filter oli = 0,95 L
Sistem bahan bakar: Fuel Injection
Volume Silinder: 155 cc
Tipe Kopling: Wet Type Multi-Plate Clutch; Assist & Slipper Clutch
Tipe Transmisi: Manual
Pengoperasian Transmisi: 1-N-2-3-4-5-6

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply