Toyota Avanza 1.3 E MT vs Suzuki Ertiga GA MT, Duel MPV 190 Juta

Loading...

Toyota Avanza vs Suzuki Ertiga, Di awal tahun 2019 Toyota Astra Motor (TAM) memanaskan persaingan di segmen low MPV dengan menghadirkan Avanza terbaru. Mobil Toyota ini mendapat serangkaian penyegaran guna menghadapi gempuran kompetitor, termasuk Suzuki Ertiga.

Loading...

Ada hal yang menarik ketika menyandingkan Avanza terbaru dengan Suzuki Ertiga yang beredar saat ini. Varian terendahnya rupanya memiliki harga yang tidak jauh berbeda. Harga Toyota Avanza 1.3 E MT 2019 mencapai Rp 191,1 juta. Sedikit lebih terjangkau dari harga Suzuki Ertiga GA MT yang mencapai Rp 193 juta.

Lantas dengan selisih harga tersebut mana yang menarik untuk dipilih? Berikut adalah komparasi kedua mobil MPV tersebut.

Melihat desain eksteriornya, baik Toyota New Avanza maupun Suzuki Ertiga sama-sama mempunyai daya tarik tersendiri. Dan soal mana yang menarik tergantung selera masing-masing konsumen.

Secara teknis Suzuki Ertiga GA MT dilengkapi dengan projector headlight dan grille krom. Akan tetapi pada varian rendah ini belum dilengkapi dengan lampu kabut.

Baca juga: Perbedaan 3 Varian Toyota Avanza 2019

Sedangkan Toyota New Avanza 1.3 E MT mengusung LED headlight dan juga sudah dilengkapi foglamp di bagian bawah. Akan tetapi grille mobil dibuat berwarna hitam dengan kisi-kisi lebar.

Sisi buritan Suzuki Ertiga maupun Toyota Avanza 2019 juga mirip. Keduanya dilengkapi dengan taillight bohlam dengan desain cenderung kotak.

Beralih ke dalam kabin, kedua mobil MPV ini memiliki fitur yang serupa. Keduanya sama-sama belum dilengkapi head unit display touchscreen. Toyota dan Suzuki menyematkan instrumen panel analog dengan MID digital pada mobil mereka ini.

Akan tetapi Toyota New Avanza sedikit lebih unggul lantaran sudah menyematkan AC dengan display digital. Lain halnya dengan Suzuki Ertiga GA MT yang masih mengusung model analog.

Meski begitu Suzuki Ertiga unggul dalam hal dimensi. Mobil ini mempunyai panjang 4.395 mm, dengan lebar 1.745 mm dan tinggi 1.690 mm. sementara jarak sumbu rodanya 2.740 mm.

Sementara itu Toyota New Avanza 1.3 E MT mempunyai panjang 4.190 mm, lebar 1.660 dan tinggi 1.695 mm. lalu untuk jarak sumbu rodanya mencapai 2.655 mm, lebih pendek dari Ertiga.

Baca juga: Duel Suzuki Ertiga vs Wuling Cortez 1.5

Selain unggul dalam hal dimensi, mobil Suzuki juga unggul dalam hal performa mesin. Pasalnya Suzuki Ertiga GA T dilengkapi dengan mesin 4-silinder berkapasitas 1.462 cc. mesin ini sanggup memuntahkan daya sebesar 103,2 hp dengan torsi puncak 138 Nm.

Sedangkan Toyota New Avanza 1.3 E MT memakai mesin 4 silinder berkapasitas lebih kecil, yakni 1.329 cc. Tenaga puncak mesin ini juga lebih rendah, yakni 95 hp. Lalu untuk torsi maksimumnya 120 Nm.

Baik Toyota Avanza maupun Suzuki Ertiga dibekali dengan transmisi manual 5-percepatan. Kedua mobil ini juga mempunyai pilihan transmisi otomatis dengan harga yang berbeda.

Banyak kemiripan antara Suzuki Ertiga GA MT dan Toyota Avanza 1.3 E MT terbaru. Perbedaan kedua mobil ini terdapat pada dimensi, dimana Ertiga sedikit lebih besar. Lalu fitur AC dengan display digital yang hanya ada pada Avanza, serta mesin Ertiga yang lebih unggul.

Sehingga hal tersebut bisa dijadikan referensi untuk Anda yang berminat membeli mobil keluarga dengan harga di bawah Rp 200 juta. Bila ingin mobil yang bertenaga, maka bisa memilih Suzuki Ertiga GA MT. Sedangkan jika ingin mendapat fitur yang sedikit lebih banyak dengan harga yang tetap terjangkau, maka Toyota New Avanza 1.3 E MT rekomendasinya.

Jika berbicara soal pamor, Toyota Avanza masih menjadi juara. Meski begitu bukan berarti Suzuki Ertiga tidak menarik untuk dilirik. Ubahan pada model terbarunya membuat Ertiga terlihat lebih stylish dari model pendahulunya. Di sisi lain penjualan Ertiga juga terbilang baik yang menandakan bahwa mobil ini juga diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia.

Bagaimana menurut Anda, lebih menarik Toyota Avanza atau Suzuki Ertiga?

Loading...