Detail dan Harga Toyota Supra 2019, Legenda yang Hadir Kembali

Loading...

Toyota Supra 2019, Toyota punya banyak sekali mobil kebanggaan. Beberapa diantaranya berstatus sebagai mobil legendaris. Mobil ini dikenal karena keunikannya, spesifikasi ataupun fitur yang ditawarkan. Seperti pada Toyota Supra. Mungkin atas dasar tersebut mobil Toyota ini hadir lagi.

Loading...

Lama tak terdengar kabarnya, Toyota Supra akhirnya kembali lagi ke jagat otomotif. Mobil baru Toyota itu dirilis di saat pembukaan Detroit Auto Show 2019. Kehadiran Toyota Supra 2019 sekaligus menjawab rasa penasaran para pecintanya yang sudah lama berharap akan kehadiran mobil ini.

Desain Toyota GR Supra bukan sesuatu yang mengejutkan. Sebab sebelum peluncuran resminya serangkaian gambar rekayasa maupun spyshot Toyota Supra terbaru sudah lebih dulu beredar di jagat maya.

Tampilan Toyota Supra 2019 tampak terinspirasi dari FT-1 concept. Meski begitu bukan berarti sisi eksterior Supra sama persis dengan mobil tersebut. Ada banyak bagian bodi yang mendapat sentuhan ubahan sehingga terlihat lebih kompak.

Jika memperhatikan seluruh bagian bodi dan juga detailnya, Toyota Supra terbaru mempunyai banyak kemiripan dengan Supra klasik yang tenar pada zamannya. Khususnya pada bagian depan dan belakang. Pola lampu yang ditawarkan pada Supra 2019 tampak seperti pendahulunya. Bagian atas tidak terlihat sudut-sudut yang lancip. Sementara bagian bawah tampak mengusung desain FT-1, hingga lekukan yang menyasar ke bumper.

Area sama persis dengan FT-1 ada pada lampu, atap, kaca kabin dan spliter serat karbon. Lalu double-bubble roof tetap dipertahankan pada mobil ini, berikut gaya streamline menukik ke belakang yang menjadi ciri khas dari mobil coupe.

Sedangkan bagian buritan terlihat mirip dengan Toyota Supra generasi empat (A80). Kemiripan ini terlihat lewat duck tail yang dibuat menyatu dan menyembul di ujung bagasi. Akan tetapi Toyota membuatnya sangat besar sehingga tidak perlu sayap tambahan.

Melihat dimensinya, Toyota GR Supra memiliki jarak sumbu roda atau wheelbase mencapai 2.468 mm. Hal ini bisa tanda bahwa mobil Toyota terbaru ini diposisikan untuk melawan Porsche 911 yang mempunyai wheelbase 2.453 mm atau Jaguar F-Type dengan jarak sumbu roda 2.621 mm.

Hanya saja mobil Toyota itu tidak terlihat sebesar itu. Karena panjang bodi totalnya hanya 4.381 mm yang tergolong kompak. Itu artinya overhang depan dan belakang yang pendek untuk mengejar titik gravitasi rendah dan distribusi bobot 50:50.

Untuk diketahui, Toyota Supra ini merupakan hasil tangan dari Gazoo Racing. Maka dari itu ada nama GR di depan Supra. Pengembangan sasis dari mobil ini tergolong lama dan tidak dilakukan sembarangan. Suspensi belakang Toyota GR Supra mengusung multi-link seperti mobil sport pada umumnya.

Akan tetapi suspensi depannya terlihat unik, sebab terdapat konstruksi double-join spring strut unik. Seluruh varian sudah memakai suspensi adaptif. Sehingga pengguna bisa mengatur setelannya dengan pilihan Normal atau Sport.

Seperti bocoran sebelumnya, Toyota GR Supra 2019 mengandalkan mesin milik BMW. Dapur pacu ini juga dipakai pada 4 terbaru. Dengan konfigurasi 6-silinder segaris berkapasitas 3,0 liter turbocharged, Mesin yang dipakai Toyota Supra bisa mengeluarkan tenaga sebesar 335 hp dengan torsi puncak 495 Nm.

Akan tetapi output daya tersebut lebih kecil dari BMW Z4 yang bisa mengeluarkan tenaga 382 hp dan torsi 500 Nm. Sedangkan untuk transmisi memakai otomatis 8-percepatan milik Bimmer. Daya yang dihasilkan mesin tersebut disalurkan oleh sistem perpindahan gigi ke roda belakang (RWD).

Sayangnya belum ada data pasti soal akselerasi. Toyota hanya memberikan perkiraan Supra terbaru melesat 0-100 km/jam dalam waktu 4,1 detik, dengan kecepatan maksimum yang dibatasi 248 km/jam.

Soal ini, bukan perkara tenaga besar maupun seberapa cepat ia bisa beraksi. Seperti Toyota GT 86 dan inspirasi mobil sport terdahulu, sensasi berkendara murni yang selama ini hilang dari Toyota, tentu lebih diharapkan.

Untuk pasar Amerika Serikat, mobil baru Toyota ini ditawarkan dalam beberapa pilihan. Ada Supra 3.0 dan 3.0 Premium. Selain itu juga ada Launch Edition yang berbasis 3.0 Premium. Hanya saja untuk versi ini dibatasi 1.500 unit saja.

Harga Toyota Supra 3.0 mulai dari $49.990 atau sekitar Rp 704 jutaan. Sedangkan harga Toyota Supra 3.0 Premium menembus angka $53.990 atau Rp 760 jutaan dan versi Launch Edition menjadi yang termahal dengan banderol $55.250 atau setara Rp 778 jutaan.

Sementara itu, di Jepang pilihan varian Toyota Supra 2019 berbeda. Ada Supra RZ, SZ-R dan SZ. Untuk tipe RZ mengandalkan mesin 6-inline. Sementara untuk tipe SZ-R dan SZ memakai mesin lebih kecil, yakni 4-silinder berkapasitas 2,0 liter twin-scroll turbo dengan format daya yang berbeda.

Untuk versi high-output bisa menembus angka 255 hp dengan torsi 400 Nm. Sedangkan untuk versi terendah mengeluarkan tenaga 194 hp dengan torsi 320 Nm.

Hadirnya Toyota GR Supra 2019 tentu akan mengobati kerinduan para penggemarnya di seluruh dunia. Selain itu mobil baru ini juga bisa menarik perhatian para pecinta mobil sport yang penasaran dengan performa dari mobil legendaris Toyota yang kembali lagi di jagat otomotif ini.

Selain itu juga akan menjadi kabar yang menarik jika nantinya mobil Toyota terbaru ini juga akan hadir di Tanah Air. Sayangnya terlalu dini untuk mengetahui keputusan PT Toyota Astra Motor (TAM) untuk menghadirkan Toyota Supra 2019 di Indonesia.

Loading...