Beda Toyota Avanza dan Veloz 2019, Apa Saja?

Loading...

Toyota Avanza, New Avanza dan New Veloz hadir di Indonesia. Kedua mobil Toyota ini membawa serangkaian pembaruan yang sekaligus menjadi jawaban atas kebutuhan masyarakat akan sebuah LMPV. Meski serupa, Toyota Avanza dan Toyota Veloz tetap memiliki perbedaan.

Loading...

Melihat pilihannya, Toyota New Avanza 2019 ditawarkan dalam dua varian, yakni E dan G. sedangkan pilihan mesinnya terdapat dua macam, yaitu 1,3 L dan 1,5 L yang khusus untuk varian G dan hanya ditawarkan dalam transmisi manual.

Sementara itu Toyota New Veloz hanya punya satu pilihan varian saja. Hanya saja Toyota tetap menawarkan dua opsi mesin, yaitu 1,3 L dan 1,5 L. Keduanya mendapat pilihan transmisi manual dan otomatis.

Selain itu apa saja perbedaan dari kedua mobil Toyota terbaru ini? Sebagai pembanding kita pilih saja Veloz 1,5 L dan Avanza 1,5 L G yang menjadi varian tertinggi. Penasaran apa saja perbedaannya? Mari kita bahas lebih dalam.

Perbedaan langsung terlihat di sisi depan. Seluruh varian sudah dilengkapi dengan lampu LED yang membuat Avanza dan Veloz terbaru lebih menarik. Hanya saja eksterior Veloz lebih mewah karena terdapat radiator grille dengan dark chrome garnish. Sedangkan pada Avanza hanya dilabur dengan warna krom saja.

Selain itu di bagian samping Veloz memperoleh sentuhan side body molding dengan side skirt berdesain baru yang dilapisi krom. Sementara bagian plat nomor kendaraan di belakang mendapat ornamen baru dengan warna gelap.

Toyota New Avanza tidak mendapat pembaruan di sisi samping. Sementara di bagian belakang mendapat sentuhan ringan. Desain stoplamp dibuat baru, dengan pintu belakang yang mendapat aksesori garnish krom dengan tambahan pemakaian shark fin antenna di bagian belakang.

Beralih ke bagian interior, nuansa yang ditawarkan dua model ini juga berbeda. Warna interior keduanya dibuat berbeda. Pada Toyota Veloz 2019 mendapat warna hitam gelap yang mendominasi, termasuk di bagian pintu yang dipadukan dengan warna jok kendaraan. Sementara Avanza hadir lebih terang dengan pemakaian duo tone yang merupakan perpaduan hitam dan abu-abu.

Baca juga: Detail Perbedaan Varian Toyota Veloz 2019

Perbedaan lain terdapat di fitur hiburan. New Veloz dilengkapi dengan rear seat entertainment. Fitur hiburan ini berupa layar video yang diletakkan di bagian atas kabin. Selain itu Toyota Veloz terbaru juga memiliki fitur kamera belakang yang akan memudahkan pengemudi saat hendak memarkir kendaraannya.

Sebagai varian tertinggi, Toyota Veloz terbaru memiliki fitur keamanan yang lebih lengkap dibanding Avanza. Seperti hadirnya smart entry untuk mengakses ke dalam kabin kendaraan. Mobil ini juga dilengkapi dengan fitur start stop untuk menghidupkan mesin kendaraan.

Toyota New Veloz juga dilengkapi dengan fitur follow me home light, di mana lampu utama kendaraan akan tetap menyala selama beberapa waktu saat pengguna berjalan masuk ke dalam rumah. Fitur ini sangat membantu pemilik saat memasuki rumah di malam hari.

Selain itu secara keseluruhan tidak ada perbedaan antara Avanza dan juga Veloz. Toyota Veloz 1,5 L dan Avanza 1,5 L G sama-sama dilengkapi dengan head unit layar sentuh, speaker sebanyak enam titik, tombol pengatur audio di lingkar kemudi, digital A/C control, power slot di baris pertama dan kedua serta USB port di baris ketiga.

Baca juga: Perbedaan 3 Varian Toyota Avanza 2019

Kedua mobil ini juga dilengkapi dengan dual SRS airbag untuk semua tipe. Selain itu juga terdapat sabuk dengan pretensioner, ABS, ISOFIX, sabuk pengaman tiga titik di baris kedua, serta peringatan penggunaan sabuk pengaman bagi penumpang. Guna meningkatkan kenyamanan selama perjalanan, Toyota mengklaim telah meningkatkan kesenyapan kabin dan kenyamanan lewat suspensi terbaru.

Lantas bagaimana dengan harga mobil Toyota ini?

Harga Toyota Veloz 1,5 L mencapai Rp 227,6 juta untuk transmisi manual dan Rp 239,4 juta untuk versi otomatis. Sedangkan harga Toyota Avanza 2019 G 1,5 L mencapai Rp 221,5 juta.

Dari segi harga Veloz dan Avanza ini memiliki selisih yang tidak begitu besar. Hanya saja perlu dicatat bahwa Avanza G 1,5 L hanya tersedia dalam versi transmisi manual. Jika dibandingkan, Veloz terbaru menawarkan fitur yang lebih melimpah. Sehingga bisa cocok dengan Anda yang mengutamakan ketersediaan fitur.

Loading...