Home Auto News Detail Wuling Almaz 2019, SUV Pertama Wuling

Detail Wuling Almaz 2019, SUV Pertama Wuling

0 269

Wuling Almaz, Setelah menunggu cukup lama, akhirnya pT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) resmi meluncurkan mobil terbarunya di Indonesia. Mobil itu tidak lain adalah sosok Sport Utility Vehicle (SUV) yang diberi nama Wuling Almaz. Nama mobil baru Wuling ini sama persis dengan bocoran yang sempat beredar sebelumnya di jagat maya.

Penamaan Almaz tentu tidak asal. Disebutkan bahwa kata Almaz berasal dari Bahasa Arab yang berarti berlian.

“Almaz berarti berlian, dari Bahasa arab. Berlian itu sesuatu yang sangat cantik, kuat dan berharga, Dari filosofi berlian itu maka kami memberikan nama Almaz untuk SUV terbaru kami,” ujar Dian Asmahani, Brand Manager Wuling Motors, dikutip dari laman Oto.

Lantas apa saja yang ditawarkan mobil Wuling terbaru ini? Mari kita bahas lebih lanjut.

Desain

Desain Wuling Almaz secara keseluruhan terlihat futuristik dan menarik. Bila dibandingkan dengan model konsep yang pernah dipamerkan di pameran otomotif yang berlangsung pertengahan tahun lalu, desain keduanya masih memiliki kemiripan.

Hanya saja ada sedikit penyesuaian untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Cindy Cai, Vice President Wuling Motors menerangkan bahwa Wuling Almaz menggunakan platform yang benar-benar baru. Tidak hanya itu, mobil ini juga dilengkapi dengan lampu LED yang membuatnya terlihat modern.

Head Unit

Tawaran lain dari mobil ini adalah head unit berukuran 10,4 inci. Head unit layar sentuh yang disematkan pada mobil ini memiliki keunggulan tersendiri. Pasalnya panel ini sudah dilengkapi dengan berbagai fungsi. Meliputi vehicle setting, TPMS (Tire Pressure Monitoring System), 360 camera, pengatur pendingin kabin, WulingLink, AUX, USB, Bluetooth dan Radio (AM/FM). Tak heran bila Wuling menyebutnya sebagai Smart Multimedia SUV.

Head unit berukuran besar ini diposisikan vertikal sehingga tampak seperti milik mobil listrik Tesla. Diplay yang diawarkan tajam dan bersih seperti smartphone.

Fitur TPMS yang disematkan pada layar sentuh ini akan memudahkan pengemudi untuk mengetahui kondisi keempat roda mobil, meliputi tekanan maupun temperaturnya. Sedangkan kamera 360 akan membuat pengguna bisa melihat kondisi sekeliling mobil saat hendak memarkir kendaraan. Selain itu juga hadir sensor di depan dan belakang yang akan memberikan peringatan ketika mobil terlalu dekat dengan sebuah objek.

Jika ingin menghubungkan dengan smartphone pengguna bisa mengandalkan konektivitas Bluetooth atau kabel USB. Wuling juga menyediakan aplikasi WulingLink untuk mirroring. Menariknya ketika smartphone terhubung ke head unit aka aplikasi WulingLink akan terunduh secara otomatis.

Dengan aplikasi ini pengguna bisa mengakses 10 aplikasi. Antara lain Google Map, Line, Whatsapp, Facebook, Youtube, Instagram dan Gmail. Sayangnya aplikasi tersebut hanya mendukung smartphone dengan sistem operasi Android saja.

Baca juga: Bocoran Fitur SUV Wuling, Punya Head Unit Ala Tesla

Dengan head unit Almaz pengguna juga bisa mengatur pendingin kabin. Keberadaannya menggantikan tombol AC konvensional. Pengemudi dapat mengubah kecepatan kipas ataupun suhu yang diinginkan lewat satu jari saja.

Di samping itu juga ada fitur lain yang bisa dikontrol lewat head unit. Seperti jendela dan kunci pintu (semua sisi atau bagian pengemudi saja), durasi lampu kabin saat pintu dibuka, mode pencarian kendaraan (lampu saja atau membunyikan klakson tiga kali), wiper maintenance dan auto folding spion.

Danang Wiratmoko, Product Planning SGMW Motor Indonesia (Wuling Indonesia) menerangkan bahwa pihaknya sengaja memasang head unit layar sentuh tersebut karena ingin memudahkan pengguna. Selain itu juga ingin menjadikan Wuling Almaz sebagai kendaraan pertama yang memiliki fitur seperti itu.

“Ingin memperkenalkan juga ke masyarakat, kami memiliki teknologi canggih berkualitas,” ucapnya.

Sebenarnya head unit dengan beragam fungsi seperti itu cukup berisiko. Sebab bukan tidak mungkin suatu ketika head unit tersebut bermasalah yang berimbas pada tidak dapat difungsikannya fitur-fitur mobil lain seperti AC. Akan tetapi Danang menegaskan bahwa pihaknya sudah memastikan durabilitas layar sentuh Almaz tersebut.

“Kami invest ke head unit ini cukup besar ya, untuk memastikan bukan hanya kemampuannya, tapi ketahanannya. Jadi aman,” jelasnya.

Interior Lapang dan Mewah

Tidak berhenti sampai di situ, kenyamanan juga menjadi perhatian dalam pengembangan mobil ini. Maka dari itu Wuling menyematkan panoramic roof berukuran 0,82 meter persegi yang dikombinasikan dengan sunroof 0,27 meter persegi. Kehadirannya tentu saja membuat Wuling Almaz menjadi terlihat lebih mewah.

Perlu diketahui, Wuling Almaz 2019 hadir dalam format lima kursi. Sama seperti versi konsepnya. Padahal masyarakat Indonesia cenderung suka dengan mobil berdaya angkut banyak.

Mengenai hal itu, Dian mengatakan Almaz ditujukan untuk memasuki pasar SUV 5-penumpang lantaran peminat di segmen tersebut masih tinggi. “Pasar SUV 5-seater cukup besar dan kami coba main di situ,” kata Dian.

Dia juga menegaskan bahwa keputusan menghadirkan Almaz dalam versi 5-seater tidak ada kaitannya dengan Cortez 7-penumpang ataupun mobil asal Cina lainnya, DFSK Glory 580. Jika melihat dimensinya, Wuling Almaz sebenarnya tergolong besar. Jarak sumbu rodanya juga lebih panjang dari kebanyakan rivalnya di Indonesia.

Bahkan lebih panjang dari Hoda CR-V Turbo. Seperti yang diketahui, SUV Honda itu juga memiliki versi 7-seater. Dimensi yang besar akan membuat Almaz terasa sangat lapang. Hal ini memang sangat terasa di baris kedua yang lebih nyaman dan lega.

Kendati begitu Wuling tidak mengabaikan varian lain dengan kabin 7-seater. Ada kemungkinan Almaz 7-penumpang hadir di kemudian hari.

Mesin

Melirik dapur pacunya, Wuling Almaz mengandalkan mesin berkapasitas 1.500 cc dengan teknologi turbocharger. Mesin ini diklaim sudah melalui uji 10 ribu jam dan 300 ribu kilometer sehingga terjamin durabilitasnya.

Mesin Wuling Almaz dapat mengeluarkan tenaga sebesar 141 PS pada putaran 3.500 rpm dengan torsi maksimum sebesar 250 Nm pada rentang putaran 1.600-3.600 rpm. Wuling mengklaim torsi Almaz terbesar di kelasnya.

Daya yang dihasilkan mesin tersebut disalurkan ke roda lewat transmisi continuously variable transmission (CVT) 8-percepatan yang menjanjikan pengalaman mengemudi yang lebih halus. Tidak hanya itu saja, Wuling juga menawarkan dua driving mode, yakni Economic dan Sport. Menariknya komponen tersebut memilki kemampuan belajar sendiri atau mengidentifikasi gaya berkendara pengemudi.

Harga

Hanya saja belum diketahui berapa harga Wuling Almaz 2019 Indonesia ini. Wuling masih enggan mengumumkannya. Disebutkan bahwa informasi seputar harga mobil baru ini akan diumumkan pada kuartal I 2019.

Meski begitu ada sedikit bocoran mengenai harga mobil SUV Wuling terbaru ini. Menurut kabar yang beredar mobil ini akan dijual dengan kisaran Rp 290 jutaan sampai dengan Rp 310 jutaan.

“Ini merupakan produk keempat yang diluncurkan dalam kurun waktu kurang dari 2 tahun. SGMW sebagai pemain di industri otomotif Cina dengan penjualan terbesar selama 13 tahun berturut-turut, memiliki kekuatan untuk terus menghadirkan produk yang sesuai dengan tren dunia,” kata Cindy.

Uji Kenyamanan

Tidak hanya memperkenalkan mobil barunya, Wuling Motors juga mengajak media untuk merasakan sensasi berkendara dengan Wuling Almaz. Berbagai rintangan dihadirkan di sirkuit Sentul, Bogor, tempat diselenggarakannya test drive Wuling Almaz.

Tujuannya untuk menunjukkan seluruh fungsi pada mobil baru Wuling. Mulai dari akselerasi mesin 1.500 cc turbonya, kestabilan mobil dengan berjalan zig-zag, hingga pengetesan fitur Auto Vehicle Holding (AVH)-nya.

Menurut laporan detikOto, secara keseluruhan Wuling Almaz menawarkan kenyamanan yang baik dan juga bertenaga. Terlebih saat diajak berakselerasi, meski beberapa kali terdengar raungan saat gas diinjak.

Fitur Anti-Lock Braking Sytem yang disematkan pada obil ini juga dapat bekerja optimal ketika mobil direm mendadak dan langsung memutar setir untuk menghindar dari suatu rintngan. Penumpang di baris kedua juga tidak merasa limbung. Body roll Wuling Almaz tergolong baik. Hanya saja mode mnualnya kurang begitu menyenangkan dibandingkan otomatis CVT-nya. Sebab Wuling belu menymatkan paddle shift.

Fitur Auto Vehicle Holding yang memungkinkan mobil berhenti secara sempurna di jalan curam tanpa perlu menginjak rem juga bisa berfungsi dengan baik dan mudah untuk dioperasikan. Hanya saja yang menjadi catatan dari mobil ini adalah penempatan tombol stablity cotrol yang sangat dekat dengan kursi penumpang depan. Hal ini akan berbahaya jika anak-anak iseng menekan tombol tersebut.

Di samping itu interior Wuling Almaz juga kurang begitu senyap ketika dipacu dalam kecepatan 100 km/jam. Meski begitu masih dapat ditolerir.

Kabin Wuling Almaz bisa dibilang lapang. Baris kedua menawarkan ruang yang luas. Bahkan penumpang dengan postur 171 cm masih merasa lapang di bagian kaki, termasuk untuk selonjoran.

Itulah detail lengkap seputar Wuling Almaz. Mobil Wuling ini menawarkan beberapa poin plus yang berbeda dari kompetitor. Seperti head unit canggih, desain futuristik yang khas hingga kabin yang lapang. Sehingga bisa menjadi penantang serius di pasar SUV 5-seater. Tinggal menunggu harga Wuling Almaz 2019 resmi.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply