Home Auto News Detail Suzuki Wagon R 2019, Simak Spesifikasinya

Detail Suzuki Wagon R 2019, Simak Spesifikasinya

0 141

Suzuki Wagon R, Setelah ditunggu-tunggu Maruti Suzuki akhirnya resmi meluncurkan Wagon R generasi ketiga. Di India mobil baru ini dihadirkan dalam tiga pilihan varian, yakni L, V dan Z. perubahan yang diberikan pada mobil Suzuki ini cukup banyak. Hanya saja untuk urusan dapur pacu dan transmisi masih sama, tidak berubah.

Suzuki Wagon R 2019 didesain lebih membulat. Mobil ini sudah menggunakan platform terbaru Suzuki, Heartect. Platform ini sebelumnya sudah dipakai oleh beberapa mobil Suzuki lainnya, seperti Ignis, Swift dan Ertiga. Lantaran basis ini lebih besar, maka dimensi Wagon R juga menjadi lebih besar. Akan tetapi menariknya bobot Suzuki Wagon R justru mengalami penurunan.

Sebagai pembanding, Wagon R Stingray atau di Indonesia dikenal dengan nama Suzuki Karimun Wagon R GS memiliki bobot 895 kg. Berkat memakai platform modular itu Wagon R terbaru hanya memiliki bobot 845 kg saja.

Padahal panjang mobil ini bertambah 19 mm menjadi 3.655 mm. Juga lebih lebar 145 mm menjadi 1.620 mm. Lalu tingginya bertambah 5 mm menjadi 1.675 mm. Wheelbase atau panjang sumbu rodanya juga bertambah 35 mm menjadi 2.435 mm.

Suzuki Wagon R 2019 tersedia dalam dua pilihan mesin bensin. Pertama adalah mesin lama K10B tiga silinder berkapasitas 1,0 liter. Mesin ini memiliki tenaga puncak 68 PS dengan torsi 90 Nm.

Pilihan selanjutnya adalah mesin K12M 4-silinder berkapasitas 1,2 liter yang juga dipakai Suzuki Ignis. Output dayanya sebesar 83 PS dan torsinya 113 Nm. Kedua mesin ini dikombinasikan dengan transmisi manual 5-percepatan atau Automated Manual Transmission (AMT) atau Suzuki menyebutnya Auto Gear Shift (AGS).

Baca juga: Mobil SUV Suzuki Sedang Disiapkan, Calon Rival Pajero Sport!

Kabin Suzuki Wagon R dilengkapi dengan beberapa fitur. Di antaranya power window di semua jendela, tilt steering, audio steering switch, pelipatan kursi 60:40, AC, wiper belakang, defogger serta fog lamp. Sarana hiburan tergolong mewah. Selain itu juga ada head unit monitor layar sentuh berukuran 7 inci dengan fitur koneksi Apple CarPlay dan Android Auto.

Harga Suzuki Wagon R di India tetap terjangkau. Mobil ini dijual mulai Rs 4.18 lakh atau sekitar Rp 82 jutaan untuk tipe LXI 1.0L, sampai Rs 5,69 lakh (Rp 113 jutaan) untuk ZXI 1.2L AGS.

Belu diketahui pasti apakah Suzuki Wagon R 2019 ini juga akan dijual di Indonesia. Akan tetapi melihat persaingan di kelas Low Cost Green Car (LCGC) semestinya Suzuki mempertimbangkan untuk menghadirkan Karimun Wagon R di Indonesia.

Hadirnya dua opsi mesin bisa menjadi pilihan yang menarik. Strategi semacam ini sebelumnya juga sudah dipakai oleh Toyota dan Daihatsu lewat Agya-Ayla. Akan tetapi PT Suzuki Indomobil Sales juga perlu mempertimbangkan strateginya dengan matang supaya mobil andalannya tidak terganggu oleh kompetitor di kelas LCGC.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply