Home Auto News Spesifikasi Honda PCX Electric 2019 Indonesia

Spesifikasi Honda PCX Electric 2019 Indonesia

0 221

Honda PCX Electric, Pasar roda dua Tanah Air baru saja kedatangan Honda PCX Electric. Meski resmi meluncur di Indonesia, rupanya motor Honda ini tidak dijual. Honda PCX Electric ini dihadirkan untuk disewakan kepada perusahaan-perusahaan sebagai kendaraan operasional. Penasaran seperti apa spesifikasi motor baru ini?

Rangka

Meski sekilas terlihat mirip dengan Honda PCX, sebenarnya PCX Electric memiliki beberapa perbedaan. Motor matic ini memakai rangka dari PCX Hybrid. Akan tetapi Honda melakukan penyesuaian dengan memanjangkan sumbu roda menjadi 1.380 mm dan pemberian power unit hanger supaya bisa mengusung motor penggerak dan baterai.

Alhasil dimensinya sedikit memanjang. Honda PCX Electric memiliki panjang 1.960 mm, lebar 740 mm dan tinggi 1.095 mm. Untuk ground clearance-nya mencapai 132 mm, dengan tinggi tempat duduk 760 mm. artinya pengendaraan PCX Electric masih sama seperti model biasa.

Desain dan Fitur

Melirik desainnya, Honda PCX listrik pada dasarnya dibuat sama seperti PCX Hybrid ataupun standar. Hanya bagian belakangnya saja yang memiliki perbedaan. Ada aksen biru di beberapa area bodi motor ini.

Motor Honda ini sudah mengadopsi teknologi LED di semua lampu utama, sein, daytime running light maupun stoplamp. Sementara panel meter memakai full digital yang menampilkan kecepatan, informasi seputar baterai dan indikator teknis lainnya. Honda PCX Electric hanya ditawarkan dalam satu pilihan warna, yakni Pearl White.

Tidak hanya itu, juga ada Honda Smart Key System pada motor matic premium ini. Dengan begitu pengendara tidak perlu lagi memasukkan anak kunci, sama seperti versi hybrid. Pengendara hanya perlu menekan dan memutar knob, dan starter untuk menghidupkan.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Honda PCX Hybrid Indonesia

Teknologi tersebut dikombinasikan dengan peranti keamanan seperti alarm untuk mencegah pencurian. Honda juga menyematkan answer back system yang memudahkan pengguna untuk mencari lokasi motor saat diparkir. Guna mendukung kenyamanan pengendara, Honda PCX Electric memiliki power charger yang diletakkan di kompartemen depan. Bagai tetap tersedia berukuran 6 liter yang diletakkan di belakang tempat penyimpanan baterai.

Honda PCX Electric mengandalkan dua buah baterai Lithium-ion yang disebut Mobile Power Pack. Sumber daya tersebut memiliki tegangan 50,4 V dan kapasitas 20,8 Ah. Tenaga maksimum yang dapat dihasilkan mencapai sebesar 4,2 kW atau setara 5,7 Ps di 5.000 rpm, dengan torsi besar mencapai 18 Nm pada 500 rpm.

Untuk diketahui, Honda Mobile Power Pack ini dapat diisi ulang dengan memakai dua mekanisme, yaitu off-boarding charging atau mengganti dua baterai kosong dengan baterai yang sudah terisi (swap system) atau memakai konektor yang dapat dihubungkan dengan listrik gedung atau perumahan (on-boarding charging).

Motor listrik yang dipakai PCX Electric ini memakai dua baterai Lithium-ion masing-masing 50,4V dengan densitas tinggi yang dipasang secara serial. Konstruksi motor listrik memakai Interior Permanent Magnet (IPM) demi memperoleh efisiensi energi dan performa motor listrik yang optimal.

Untuk mengisi baterai kosong, dua Honda Mobile Power Pack itu dapat terisi penuh dalam waktu 4 jam ketika memakai pengisi daya opsional dengan metode off-board. Selain itu juga ada cara pengisian on-board dengan durasi pengisian 6 jam.

Melirik bagian kaki-kaki, terdapat suspensi depan model teleskopik. Sedangkan di bagian belakang berupa swing arm yang dipadukan dengan shock ganda. Honda PCX Electric mengandalkan pelek berukuran 14 inci yang dibalut dengan ban berukuran 100/80-14M/C di bagian depan dan 120/70-14M/C di bagian belakang. Untuk meningkatkan performa penghentian laju kendaraan, Honda telah menyematkan cakram di kedua sisi. Juga hadir Anti-lock Braking System (ABS) pada motor ini.

AHM telah menyiapkan berbagai fasilitas dan sarana guna mendukung bisnis sepeda motor listrik. Salah satunya adalah degan menyediakan jaringan Honda yang melayani servis Honda PCX Electric dan kebutuhan swap atau penggantian baterai. Untuk keadaan darurat, contact center 7X24 jam, emergency road assistance (Honda care), dan service visit , siap memberikan pelayanan maksimal.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply