Home Auto News Honda PCX Electric dan Fakta-Fakta di Baliknya

Honda PCX Electric dan Fakta-Fakta di Baliknya

0 147

Honda PCX Electric, Motor listrik merupakan barang baru di Indonesia. Maka dari itu perkembangan motor tanpa asap knalpot ini masih belum signifikan. Meski begitu PT Astra Honda Motor (AHM) tampak percaya diri dengan menghadirkan PCX Electric di Indonesia.

Di balik kehadiran motor Honda terbaru ini, ada sederet fakta unik di baliknya. Seperti statusnya yang merupakan sewa saja hingga fiturnya yang canggih. Penasaran apa saja fakta-fakta Honda PCX listrik ini? Berikut adalah detail selengkapnya.

Untuk Disewakan

Seperti yang disinggung di atas, Honda PCX Electric tidak dijual di Indonesia. Hal yang saja juga berlaku di negara asalnya, Jepang. Pihak manufaktur global berencana mengumpulkan data permintaan dan kegunaan Honda PCX Electric untuk bisnis maupun digunakan personal. Caranya dengan menyewakan motor ke perusahaan yang berminat untuk menyewanya.

Di Negeri Samurai Honda PCX Electric disewakan untuk solusi layanan bike-sharing dan kendaraan sewaan untuk turis di Tokyo. Sedangkan di Tanah Air rencananya disewakan sebagai kendaraan operasional untuk perusahaan yang tertarik. Tarif sewa Honda PCX Electric mencapai Rp 2 juta per bulan dengan masa pinjam minimal 2 tahun. Konsumen nantinya dibebaskan jumlah unit yang dipinjam. Jadi bisa menyewa hanya satu unit saja.

Performa

Karena mengusung motor listrik murni sebagai sumber tenaganya, jangan heran bila performa motor Honda terbaru ini tidak sebaik versi konvensional maupun hybrid. Honda PCX Electric hanya memiliki daya jauh lebih kecil.

Baca juga: Spesifikasi Honda PCX Electric 2019 Indonesia

Honda PCX Electric hanya mempunyai tenaga sebesar 5,7 PS pada putaran 5.500 rpm. Sedangkan torsi puncaknya mencapai 18 Nm yang sudah tersedia pada putaran mesin 500 rpm. Itu artinya motor matic Honda ini tidak bisa dipakai untuk mengebut, namun memiliki tarikan awal dan akselerasi yang sangat responsif. Untuk dicatat, motor ini memang dibuat untuk efisiensi, bukan kecepatan.

Baterai

Salah satu keistimewaan dari Honda PCX Electric adalah hadirnya dua baterai li-ion yang bisa dilepas. Honda menyebutnya dengan nama Mobile Power Packs. Spesifikasi baterai ini 50,4 Volt / 20,8 Ah.

Daya dari baterai tersebut disalurkan ke motor penggerak di roda belakang. Saat diisi on board atau dihubungkan langsung dari motor ke power outlet standar rumahan, dua baterai ini membutuhkan waktu 6 jam untuk terisi penuh.

Jika dilepas dan diisi dengan off board charger, baterai tersebut dapat terisi penuh selama 4 jam. Honda mengklaim PCX Electric dapat menempuh perjalanan sejauh 69 km dengan hitungan kecepatan rata-rata 40 km/jam.

Uniknya off board charger tidak diberikan ke konsumen. Pabrikan motor berlogo sayap mengepak itu memakai system swap atau ganti baterai. Dengan kata lain ketika kosong dan belum sempat diisi on board pengguna bisa menukarnya dengan baterai lain yang sudah terisi pada stasiun yang sudah ditentukan. Sehingga lebih praktis dan cepat. Tidak hanya itu, metode swap baterai juga membebaskan konsumen pemeliharaan baterai yang merupakan komponen termahal dari kendaraan listrik.

Desain dan Dimensi

Melihat tampilannya, pada dasarnya Honda PCX Electric mirip dengan PCX versi konvensional. Ada perbedaan kecil seperti aksen biru pada PCX Electric yang membedakannya dari versi mesin bensin atau hybrid.

Di samping itu bagian yang dipasang box CVT berubah dengan penutup untuk motor elektrik di roda belakang. Knalpot motor juga tentu saja tidak ada pada PCX Electric. Di samping itu sepatbor belakang yang menyerupai ekor pada kebanyakan motor juga tidak tampak pada motor Honda ini. Sebagai gantinya Honda menyematkan mud guard dekat dengan ban bernama hugger.

Dimensi Honda PCX Electric juga tidak terlalu berubah, hanya jarak sumbu rodanya saja yang lebih pancang. Lalu shock belakang ganda juga dibuat sedikit mundur untuk menjamin pengendaraan lebih halus serta minim getaran. Sedangkan kapasitas bagasi menurun lantaran sebagian dipakai untuk ruang penyimpanan baterai. Alhasil ruang bagasinya hanya 6 liter dari 23,3 liter pada model hybrid.

Fitur

Hadir sebagai kendaraan modern, Honda PCX Electric dibekali dengan fitur-fitur terkini. Seperti lampu yang sudah memakai LED hingga soket pengisi daya smartphone pada kompartemen depan. Untuk menjamin keamanan motor, Honda juga menyematkan fitur Honda Smart Key System.

Tidak hanya canggih, sistem ini juga terbilang praktis. Sementara untuk penunjang keselamatan berkendara PCX Electric sudah dilengkapi dengan fitur ABS untuk pengereman depan.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply