Detail Suzuki Baleno 2019, Ini Fitur Barunya

Loading...

Suzuki Baleno 2019, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sejauh ini belum menghadirkan mobil baru di Indonesia. Akan tetapi lain halnya di India. Maruti Suzuki baru saja menghadirkan Baleno facelift untuk Negeri Hindustan.

Loading...

Bukan tanpa alasan mengapa Suzuki menghadirkan mobil baru ini. Sejauh ini penjualan Baleno di India sangat memuaskan. Bahkan Suzuki Baleno masuk dalam daftar mobil terlaris. Pangsa pasar mobil Suzuki ini 26% di segmen A+. Untuk diketahui , di India mobil ini berhadapan dengan Hyundai Elite i20, Honda Jazz dan Volkswagen Polo.

Pembaruan pada Suzuki Baleno 2019 tergolong ringan, yakni  mempercantik desain. Selain itu juga ada tambahan fitur baru pada mobil ini.

Melihat sisi eksteriornya, Baleno facelift menggunakan headlamp yang sudah LED projector. Hal ini menjadi perubahan signifikan di sisi fascia. Selain itu juga ada grille yang didesain ulang bergaya grafis 3D.

Lalu bumper depan juga memiliki banyak lekukan garis yang membuatnya terlihat maskulin. Desainnya terlihat lebih sporty dibanding model sebelumnya.

Melirik sektor kaki ,terdapat pelek berdesain kincir yang mempunyai ukuran 16 inci smoke two tone. Ubahan desain pada pelek ini juga membuat sektor kaki Baleno 2019 lebih menarik. Sedangkan sektor lainnya masih sama seperti pendahulunya, mengusung bahasa Liquid Flow Design. Tak terkecuali pada bagian belakang.

Berpindah ke bagia interior, ada tawaran baru yang menarik perhatian. Maruti Suzuki menyematkan head unit layar sentuh berukuran 7 inci. Fitur ini juga lengkapi dengan sistem infotainment SmartPlay Studio.

Baca juga: Suzuki Baleno Hatchback vs Honda Jazz

Tidak hanya itu, Suzuki Baleno terbaru juga memiliki system peringatan kecepatan, seatbelt reminder untuk penumpang depan dan sensor parker belakang. Akan tetapi untuk desainnya tidak berubah. Hanya warna jok fabric yang diganti dengan nuansa biru.

Suzuki Baleno di India memiliki dua opsi mesin, yakni bensin 1,2 liter dan diesel 1,3 liter. Untuk versi bensin menggunakan mesin K-Series yang juga dibenamkan pada Ignis. Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 84 PS dengan torsi puncak 115 Nm.

Untuk pilihan transmisinya ada manual 5-percepatan atau CVT. Ini menarik sebab biasanya Maruti memilih transmisi AMT yang menjadi kebanggaan Suzuki.

Untuk versi mesin diesel memakai mesin yang sama dengan Ertiga diesel  lama. Output dayanya sebesar 75 PS, sedangkan torsinya melimpah, yakni 190 Nm. Khusus untuk versi diesel ini hanya memakai transimisi manual.

Suzuki Baleno RS memakai mesin canggih berkapasitas 1,0 liter BosterJet turbo yang memiliki keluaran tenaga 102 PS. Model ini ditujukan untuk konsumen yang ingin mendapat mobil dengan sensasi sporty. Oleh karenanya hanya ada transmisi manual saja pada model ini. Khusus untuk RS belum resmi dirilis.

Untuk pembanding, di Indonesia Suzuki Baleno mengandalkan mesin yang berbeda. Dapur pacu K14B berkapasitas 1,4 liter yang dulunya dipakai Ertiga. Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga 92,4 PS dan torsi puncak 130 Nm. Model ini hanya dijual dalam satu varian saja dengan dua opsi transmisi, yaitu manual 5-percepatan dan otomatis konvensional  4-percepatan.

Sesudah berubah wujud menjadi sebuah hatchback, Suzuki Baleno masuk dalam kelas tanggung dan tidak memiliki lawan yang benar-benar sepadan. Harga mobil Suzuki ini masuk dalam celah antara city car 1,2 liter dan compact hatchback 1,5 liter.

Maka dari itu penjualan mobil ini tergolong banyak. Sepanjang 2018 Suzuki Baleno terjual sebanyak 5.453 unit. Daya tarik dari mobil ini tidak lain adalah value for money yang cukup tinggi antara spesifikasi dan harga yang ditawarkan.

Di India Suzuki Baleno 2019 facelift ditawarkan dalam empat varian, yakni Sigma, Delta, Zeta dan Alpha. Harga Suzuki Baleno terbaru ini mulai Rs 5,45 lakh atau mencapai Rp 107 juta hingga Rs 8,77 lakh atau Rp 173 juta.

Harga tersebut jauh lebih murah dari harga Suzuki Baleno di Indonesia. PT SIS menjual mobil ini dengan harga Rp 213 juta (MT) dan Rp 225,5 juta (AT).

Kehadiran Suzuki Baleno facelift ini bisa membuka peluang bagi Maruti Suzuki untuk meningkatkan penjualannya. Belum dapat diketahui apakah mobil ini juga akan dirilis di Indonesia. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan SIS juga meluncurkan Baleno facelift nantinya.

Loading...