Motor Lambretta akan Masuk Indonesia Lagi!

Loading...

Motor Lambretta, Peminat motor klasik di Indonesia tergolong banyak. Tak mengherankan bila beberapa pabrikan tertarik untuk menghadirkan motor baru dengan sentuhan klasik. Tidak hanya itu saja, masih ada kabar terhangat sekaligus kabar menarik bagi para pecinta motor jadul di Tanah Air.

Loading...

Nantinya akan ada satu pemain lagi yang siap menghadirkan motor klasik andalannya. Merek motor ini tidak lain adalah Lambretta. Pabrikan skuter ternama asal Italia ini dikabarkan akan merambah pasar otomotif Indonesia setelah sebelumnya dikabarkan akan diperkenalkan di Thailand, Vietnam hingga Malaysia.

Informasi ini diperoleh dari akun Instagram @lambrettaid. Dalam akun tersebut terdapat hashtag #lambrettaindonesia. Selain itu juga terdapat beberapa foto dengan keterangan ‘coming soon to Indonesia’.

Baca juga: 2 Motor Lambretta Terbaru Tantang Vespa di ASEAN

Hal ini pastinya menjadi kabar baik bagi para pecinta skuter retro di Tanah Air. Sebab ke depannya akan ada pilihan baru selain Vespa yang sejauh ini melenggang tanpa pesaing yang setara. Hanya saja belum ada kabar resmi kapan motor Lambretta meluncur.

Untuk diketahui, sebelumnya Lambretta menghadirkan dua motor baru di Thailand. Yakni Lambretta V200 2019 dan Lambretta V125 2019. Harga Lambretta V200 2019 di sana mencapai Rp 99.500 Baht atau setara Rp 43,5 jutaan. Sedangkan harga Lambretta V125 2019 menembus angka 86.900 Baht atau sekitar Rp 38 jutaan.

Lambretta V125 mengandalkan dapur pacu satu silinder berpendingin udara dengan kapasitas 124,7 cc. sedangkan untuk Lambretta V200 mengusung mesin berkapasitas 169 cc.

Mesin V200 ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 18 dk dengan torsi puncak 12,2 Nm. Sementara Lambretta V25 memiliki tenaga maksimum 10 dk dan torsi 9,2 Nm. Daya tersebut diteruskan ke roda belakang lewat gearbox CVT dan drive belt. Kedua motor ini tampil perdana di Thailand International Motor Expo tahun lalu.

Kabar akan hadirnya Lambretta di Indonesia bisa jadi merupakan kabar yang kurang baik bagi Vespa. Seperti yang diketahui, sejauh ini Vespa melenggang tanpa adanya rival yang sepadan. Dengan hadirnya Lambretta mau tak mau Vespa harus menyiapkan strategi jitu supaya penjualannya tetap kuat.

Akan tetapi di sisi lain hal ini menguntungkan calon pembeli. Sebab pilihan yang ditawarkan akan menjadi lebih banyak. Persaingan keduanya dalam menghadirkan produk terbaik juga bisa menjadi poin plus lain yang didapat masyarakat.

Beda Lambretta dan Vespa

Untuk diketahui, motor Vespa dan Lambretta sama-sama mengusung desain retro yang sekilas tampak mirip. Kendati begitu keduanya tidak bisa disamakan.

Walaupun berasal dari negara yang sama, baik Vespa maupun Lambretta memiliki pabrik yang berbeda. Selain itu detail bodi kedua motor ini juga sangat berbeda bila diperhatikan dengan jeli.

Contohnya bentuk lampu utamanya. Motor Lambretta memiliki ciri khas dengan bentuk heksagonal atau segi delapan. Lain halnya dengan motor Vespa yang bentuknya bulat atau mengotak.

Masih ada perbedaan lain di antara kedua motor asal Italia ini. Yakni konsep bodi yang diusung keduanya. Lambretta memakai konsep bodi spar frame yang memisahkan bodi dan rangka. Sedangkan pada Vespa menggunakan konsep monocoque yang mana mesin dan suspensi melekat pada bodi yang menjadi penopang utama.

Loading...