Home Auto News Honda Africa Twin Terbaru Disiapkan, Pakai Mesin Baru?

Honda Africa Twin Terbaru Disiapkan, Pakai Mesin Baru?

0 119

Honda Africa Twin, Honda dikenal memiliki beberapa motor gede yang menarik perhatian. Honda Africa Twin adalah salah satunya. Motor ini sudah lama beredar di pasaran.

Pertama kali diperkenalkan di EICMA 2014, motor Honda yang satu ini dijual dua tahun sesudahnya. Kini motor tersebut sudah berusia 5 tahun. Melihat umurnya, sudah saatnya Honda Africa Twin mendapat penyegaran. Kabar baiknya menurut informasi Bennets.co.uk Honda Jepang sedang menyiapkan mesin baru dengan kapasitas yang lebih besar.

Bukan tanpa sebab, Honda Africa Twin yang ada di pasaran saat ini dijual di kelas yang sepi peminat dan juga pesaing. Dengan mengandalkan mesin 2-silinder inline, moge Honda ini terjun di segmen yang sama dengan KTM 1050 Adventure. Padahal di sisi lain pasar menganggap kubikasi tersebut sedikit janggal.

Selain itu mesin Honda Africa Twin saat ini mulai tersusul oleh motor dengan kapasitas di bawahnya. Untuk diketahui, mesin Honda Africa Twin ini memiliki output daya sebesar 95 hp. Mirip dengan BMW F850 GS yang berada di bawahnya.

Kemungkinan nantinya pabrikan motor asal Jepang itu akan meluncurkan mesin berkapasitas 1.080 untuk Honda Africa Twin. Dapur pacu bukan satu-satunya perubahan yang diberikan pada Honda Africa Twin terbaru.

Kabarnya motor yang terjun di segmen moto-adventure itu juga akan mendapat pembaruan fitur. Seperti instrumen panel TFT full-colour, keyless dan electronic-adjustable windshield. Kemungkinan besar desain motor ini juga ikut berubah menjadi lebih modern dari sebelumnya. Hanya saja belum ada bocoran soal ini.

Honda Africa Twin Adventure Sports (Img: Otomania)

Menurut informasi yang beredar Honda Africa Twin terbaru ini akan diperkenalkan pada 2020 mendatang sebelum masuk ke pasar motor global setahun sesudahnya.

Jika nantinya dirilis, bukan tidak mungkin motor terbaru Honda itu juga akan hadir di Indonesia. Seperti yang diketahui, PT Astra Honda Motor (AHM) juga memasarkan motor tersebut. Harga motor Honda ini mencapai Rp 485 juta untuk tipe standar. Sementara varian DCT dibanderol Rp 520 juta dan Adventure dipatok Rp 585 juta.

Baca juga: Beda Honda Africa Twin Adventure Sports dan Versi Standar

Honda Africa Twin mengusung beberapa fitur menarik. Seperti Honda Selectable Torque Control (HTSC) yang memiliki 7 level dan ditampilkan di panel instrumen full digital. Di samping itu motor gede Honda ini juga memiliki fitur throttle-by-wire. Alhasil motor ini memiliki 4 mode berkendara, yakni Tour, Urban, Gravel dan User yang dapat diatur sesuai keinginan pengguna.

Di sisi dapur pacu Honda CRF1000 Africa Twin mengandalkan mesin berkapasitas 998 cc SOHC berpendingin udara. Dapur pacu ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 93 dk dengan torsi 99 Nm.

Untuk menunjang performanya, Honda menyematkan kaki-kaki yang dirancang untuk adventure. Di bagian depan ada Showa upside-down dengan travel 224 mm dan stroke 252 mm. Sedangkan suspensi belakang memakai Pro-link dengan travel 240 mm dan stroke 101 mm.

Honda juga menyematkan rem cakram 310 mm ganda dengan kaliper Nisin 4-piston radial ABS. Sedangkan bagian belakang single 256 mm plus kaliper single piston ABS.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply