Nissan Grand Livina 2019 Dirilis 19 Februari?

Loading...

Nissan Grand Livina, Nissan tengah menjadi sorotan belakangan ini. Pasalnya PT Nissan Motor Indonesia (NMI) dikabarkan tengah menyiapkan mobil baru untuk pasar Tanah Air. Kabar ini pun diperkuat dengan undangan yang disebarkan ke sejumlah media.

Loading...

Agen pemegang merek Nissan itu akan meluncurkan mobil terbarunya pada 19 Februari. Acara tersebut rencananya akan diadakan di salah satu bioskop di bilangan Sarinah, Jakarta Pusat.

Selain itu ada fakta unik dari undangan tersebut. Tertulis kalimat ‘New and All New’ dalam undangan tersebut. Satu model diantaranya dipastikan adalah Nissan Grand Livina terbaru. Mobil MPV ini sebelumnya sempat tertangkap kamera saat melintas di jalanan. Model yang berbagi basis dengan Mitsubishi Xpander ini mengusung wajah depan V-Motion khas mobil Nissan, dengan lampu LED tajam yang memanjang.

Sedangkan model lainnya belum diketahui pasti. Akan tetapi kemungkinan mobil baru tersebut adalah Nissan Serena terbaru. Hanya saja pihak NMI masih menutup rapat informasi mengenai hal tersebut.

Sebelumnya Osamu Masuko, CEO Mitsubishi Motors Corporation (MMC) menerangkan bahwa pihaknya tengah meigkatkan investasi kapasitas produksi yang tujuannya untuk menyuplai Xpander untuk Nissan Indonesia di 2019.

Di sisi lain, pada Januari kemarin salah satu diler Nissan Datsun di Sunter sempat memperlihatkan wajah baru Livina 2019 di media sosial. Hanya saja saat dihubungi Nissan enggan untuk berkomentar. Sebulan setelahnya spyshot mobil Nissan terbaru itu beredar di dunia maya. Mobil yang diduga Nissan Grand Livina terbaru itu mengusung tampilan yang benar-benar baru, dengan tampilan yang menyerupai Xpander yang dijual di Tanah Air.

Walaupun berbagi platform dengan Xpander, tetap ada perbedaan pada mobil baru Nissan ini. Gambar teaser di undangan, menjawab bentuk grille yang tertutup kamuflase saat tertangkap kamera. Kesan mewah juga hadir lewat aksen silver di beberapa bagian. Seperti side skirt, list bawah sepanjang jendela, gagang pintu, underguard pada bumper depan dan belakang. Sedangkan bingkai roda memiliki desain mirip, dengan warna dual tone.

Tidak hanya wujudnya saja yang serupa, kemungkinan spesifikasinya juga dibuat mirip. Hanya saja untuk dapur pacu masih belum ada kejelasan.

Baca juga: Bocoran Tampilan Nissan Livina Kembaran Xpander

Untuk diketahui, Mitsubishi Xpander mengandalkan mesin 4A91 berkapasitas 1,5 liter MIVEC. Tenaga maksimumnya bisa mencapai 104 PS pada putaran 6.000 rpm dengan torsi puncak 141 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Di sisi lain Nissan memiliki mesin HR15DE yang bisa diandalkan. Sedangkan untuk transmisi kemungkinan juga tersedia dalam opsi CVT (Continuously Variable Transmission). Sebab Grand Livina yang beredar di pasaran saat ini juga tersedia dalam pilihan transmisi CVT. Hal ini juga bisa menjadi pembeda antara Nissan Grand Livina terbaru dengan Mitsubishi Xpander yang masih memakai transmisi otomatis biasa.

Fitur lain yang tersemat pada mobil baru ini juga belum bisa diketahui. Akan tetapi ada kemungkinan bahwa mobil ini juga akan memakai teknologi Intelligent Mobility khas Nissan yang sebelumnya sudah disematkan pada SUV terbarunya, Nissan Terra.

Kehadiran MPV Nissan terbaru ini bisa menjadi kabar baik bagi para pecinta mobil keluarga. Selain itu mobil baru ini juga bisa memanaskan persaingan di segmen Low MPV yang belakangan ini memang tampak semakin sengit.

Tinggal bagaimana Nissan memposisikan mobil barunya ini. Tampaknya MPV Nissan ini nantinya akan berada sedikit di atas Mitsubishi Xpander. Semoga fitur dan spesifikasi yang ditawarkan sebanding dengan harganya sehingga bisa menjadi pilihan menarik bagi konsumen penggemar Low MPV dan juga pecinta Grand Livina yang sudah lama menunggu kehadiran generasi terbaru mobil tersebut.

Loading...