Detail Nissan X-Trail 2019 yang Rilis di Thailand

Loading...

Nissan X-Trail, Jika di Indonesia Nissan terlihat masih menahan diri untuk menghadirkan mobil baru, tidak begitu dengan Thailand. Di Negeri Gajah Putih itu Nissan menghadirkan X-Trail terbaru beberapa waktu lalu.

Loading...

Ubahan yang diberikan pada mobil SUV ini tergolong ringan. Sekilas sisi eksterior Nissan X-Trail 2019 masih sama seperti model lama yang masih dipasarkan di Indonesia. Akan tetapi jika dilihat lebih dalam terdapat perbedaan di sisi fascia.

Nissan X-Trail terbaru mengusung grille V-Motion yang lebih besar. Di samping itu juga terdapat bumper yang turut mendapat penyegaran. Bagian lampu depan juga turut berubah. Nissan menyematkan lampu siang hari LED berbentuk tajam seperti mata anak panah. Lalu desain lampu kabut juga disesuaikan dengan ubahan di bagian depan.

Di sisi samping juga mendapat penyegaran. Nissan menyematkan pelek baru berukuran 19 inci. Khusus varian atas pelek tersebut dilabur dua warna sehingga terlihat sporty. Sementara bagian belakang juga tak luput dari pembaruan. Terdapat ubahan desain lampu belakang dengan perpaduan lampu LED berbentuk bumerang.

Sedangkan aksen krom terlihat pada side door molding yang dibuat senada di bagian depan maupun belakang. Alhasil tampilannya menjadi lebih mewah. Nissan juga menyertakan opsi warna baru, lengkap dengan Monarch Orange, Radiant Red, Black Star, Storm White, Brilliant Silver dan Deep Iris Grey.

Nissan X-Trail 2019 yang hadir di Thailand juga mendapat tambahan fitur baru. Pada varian atas pabrikan mobil asal Negeri Samurai itu menambahkan fitur cruise control pintar, rear cross traffic alert, blind spot warning, lane departure warning dan high-beam assist.

Tidak hanya itu, untuk semua varian kini sudah dilengkapi dengan empat kamera di sekeliling mobil dengan jangkauan 360 derajat lewat Around View Monitor (AVM). Nissan X-Trail 2019 juga dilengkapi dengan tailgate otomatis dengan sensor kaki, sistem hiburan baru dengan layar sentuh 7 inci, sistem audio A-IVI dan sejumlah peningkatan paket keselamatan seperti forward collision warning, intelligent emergency brake dan deteksi objek bergerak. Semua fitur tersebut tersedia dalam Nissan Intelligent Mobility.

Baca juga: Menebak Harga Nissan Grand Livina 2019

Dapur pacu Nissan X-Trail terbaru juga menyimpan daya tarik tersendiri. Mesin 2,0 liter ditiadakan oleh Nissan. Sehingga opsi mesin yang masih tersedia antara lain 2,5 liter dan hybrid. Nissan X-Trail bermesin 2,5 liter sanggup mengeluarkan tenaga hingga 171 PS pada putaran 6.000 rpm dengan torsi 233 Nm pada 4.000 rpm.

Lalu untuk versi hybrid yang hadir dalam format 5-seater mengandalkan mesin 2,0 liter dengan output daya sebesar 144 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 200 Nm pada 4.400 rpm. Mesin ini ditemani dengan motor elektrik yang memiliki daya 41 PS dan torsi maksimum 160 Nm. Semua opsi mesin dipadukan dengan transmisi CVT.

Harga Nissan X-Trail terbaru di Thailand mulai 1,35 juta baht (Rp 603 jutaan) untuk tipe terendah, 2.5S 2WD, sampai dengan 1,66 juta baht (Rp 741 juta) untuk tipe tertinggi, 2.5 VL 4WD. Sedangkan untuk varian hybrid dijual mulai 1,537 juta baht untuk tipe 2.0 4WD (Rp 686 juta).

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Sejauh ini Nissan Motor Indonesia (NMI) belum memberikan informasi apapun mengenai kehadiran X-Trail terbaru. Akan tetapi beberapa waktu lalu Nissan X-Trail terbaru dikabarkan tertangkap kamera saat melintas di kawasan Jakarta dan Jawa Barat, lengkap dengan stiker.

Bisa jadi peluncurannya akan dilakukan dalam waktu dekat. Atau bersamaan dengan peluncuran Nissan Grand Livina terbaru yang rencananya akan hadir pada pekan depan.

Jika versi terbarunya hadir, kemungkinan desainnya akan sama persis dengan yang hadir di Thailand. Perbedaan paling signifikan bisa jadi terdapat pada fiturnya. Kemungkinan NMI akan menghilangkan beberapa fitur supaya harga Nissan X-Trail ini sesuai dengan harapan konsumen. Kita tunggu saja kabar selanjutnya dari Nissan Indonesia.

Loading...