Honda BR-V Terbaru Meluncur Tahun Ini?

Loading...

Honda BR-V, Persaingan pasar mobil di Indonesia terbilang semakin sengit. Beberapa produsen tampak semakin gencar menghadirkan mobil baru. Baik penyegaran dari produk yang sudah ada maupun model yang benar-benar baru. Tidak hanya itu kehadiran merek-merek baru turut memanaskan persaingan di pasar otomotif nasional.

Loading...

Beberapa model yang dijual pun terkena imbasnya. Penjualannya turun dan terbilang kurang memuaskan. Hal ini juga dialami Honda BR-V yang sepanjang tahun 2018 lalu gagal membukukan penjualan yang memuaskan. Mobil Honda yang terjun di segmen Low SUV itu penjualannya turun sebesar 58,31 persen menjadi 9.143 unit saja.

Menurut data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada 2017 kemarin mobil Honda ini berhasil terjual sebesar 21.932 unit (wholesales). Selisih yang cukup besar dibanding dengan tahun lalu, dengan rata-rata pengiriman ke diler hanya sekitar 761 unit.

Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan pihaknya masih mempertahankan BR-V. Menurutnya pesanan yang tak sampai 1.000 unit per bulan itu masih cukup baik.

Akan tetapi HPM menyiapkan strategi lain. Yakni menyiapkan penyegaran untuk Honda BR-V. Harapannya penjualan mobil SUV Honda itu bisa naik dibandingkan sebelum-sebelumnya.

“BR-V masih oke seperti biasa. Ya akan ada penyegaran jadi ya tunggu saja, (sekarang) masih diproduksi. Kami belum bisa bicara data sekarang karena sekarang datanya belum lengkap,” ujarnya.

Untuk diketahui, hasil penjualan Honda BR-V yang turun tajam membuat posisi mobil Honda ini melorot. Jika di tahun 2017 mobil ini berhasil menduduki peringkat kedua, di tahun 2018 turun ke posisi keempat. Penjualan BR-V berada di bawah Toyota Rush, Daihatsu Terios dan Honda HR-V 1,5L.

Baca juga: Honda BR-V 2018 Melantai, Ini Harga dan Fitur Barunya

Pangsa pasar LSUV Honda ini hanya mencapai 7,12 persen saja. Jauh berbeda dengan tahun sebelumnya yang bisa menembus angka 23,78 persen.

Sebenarnya Honda BR-V sudah mendapat penyegaran tahun lalu setelah Rush dan Terios baru hadir. Ubahan yang diberikan tergolong ringan. Di sisi eksterior mobil ini masih mempertahankan desain keseluruhan.

Hanya saja terdapat tambahan aksesoris side door garnish yang membuat tampilannya sedikit lebih menarik. Fungsi dari aksesoris ini adalah untuk pelindung saat berkendara di berbagai medan jalan.

Di samping itu juga terdapat fitur power retracable door mirror yang berfungsi melipat kaca spion secara elektrik. Juga terdapat shark fin antenna yang mempermanis eksterior mobil Honda ini.

Interior Honda BR-V juga mendapat sedikit penyegaran. Honda BR-V mengusung sistem multimedia baru. Bahkan layar infotainment ini diklaim terbesar di kelasnya. Floating touchscreen display audio yang disematkan pada mobil ini berukuran 8 inci.

Juga terdapat konektivitas USB port, Aux input, Bluetooth, HDMI hingga Android Mode dengan smart app car. Honda juga menyematkan armrest di konsol tengah untuk memberi kenyamanan yang lebih baik.

Di sisi performa Honda mempercayakan mesin berkapasitas 1,5 liter dengan teknologi i-VTEC untuk menggerakkan BR-V. Tenaga yang dapat dikeluarkan mesin ini mencapai 120 PS pada 6.600 rpm dengan torsi 145 Nm pada 4.600 rpm.

Fitur keselamatan yang dimiliki cukup bisa diandalkan. Ada rem anti-lock braking system (ABS), electronic brake-force distribution (EBD), Vehicle Stability Assist (VSA) dan juga Hill Start Assist (HAS).

Mungkin Honda BR-V terbaru akan mendapatkan penyegaran yang cukup signifikan di sisi eksterior. Sehingga tak kalah menarik dari rivalnya. Atau juga bisa HPM menambah fitur yang dimiliki dengan tetap menjaga harga mobil supaya tidak terlalu mahal.

Loading...