Home Auto News Honda Mobilio 2019 Hadir, Ini Harga dan Detail Perubahan

Honda Mobilio 2019 Hadir, Ini Harga dan Detail Perubahan

0 211

Honda Mobilio 2019, Persaingan pasar mobil di Tanah Air semakin memanas, khususnya di segmen Low MPV. Beberapa pemain yang sudah lebih dulu hadir di Indonesia mendapat penyegaran. Dan kini giliran Honda Mobilio yang mendapat penyegaran.

PT Honda Prospect Motor (HPM) baru saja menghadirkan pembaruan untuk mobil Honda yang menjadi rival Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga itu. Bukan ganti generasi, melainkan menambah fitur dan penyegaran di beberapa sektor lain.

“Honda Mobilio merupakan produk yang penting karena sejak awal dirancang untuk memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia dan telah memberikan kontribusi signifikan bagi Honda di Indonesia. Karena itu, kami terus melakukan penyegaran terhadap model ini untuk memberikan nilai lebih bagi konsumen,” ujar Takehiro Watanabe, President Director PT Honda Prospect Motor, mengutip dari laman Oto.

Honda Mobilio terbaru mengusung penyegaran di sisi eksterior maupun interior. Hanya saja perubahan tersebut tergolong ringan. Seperti lampu utama yang memakai model proyektor. Desain mobil ini masih sama seperti sebelumnya, berikut LED Light Guide di sisi depan. Fitur ini tidak hanya untuk varian RS, namun juga untuk semua varian lain.

Sebenarnya lampu proyektor ini sempat dihadirkan pada Mobilio RS lama. Akan tetapi sempat dihilangkan sebelum akhirnya kembali lagi pada versi terbaru.

Perubahan berikutnya terlihat di sektor roda. Honda memperbarui desain pelek. Khusus tipe RS Honda menyematkan pelek dengan desain berbentuk bintang lima palang besar dan dipercantik dua warna. Sementara tipe E memakai pelek Mobilio RS lama.

Sedangkan perubahan di sisi interior tidak terlalu banyak. Untuk tipe RS dipercantik dengan aksen orange di sekitar ventilasi AC. Mirip dengan dashboard Honda Brio RS. Perubahan paling signifikan terlihat di head unit baru.

Baca juga: Daihatsu Xenia vs Honda Mobilio, Komparasi MPV Rp 200 Jutan

Ukuran head unit ini lebih besar, yakni 8 inci dengan model mengambang alias floating. Ubahan ini juga bisa dilihat pada New HR-V, City maupun BR-V. sedangkan lainnya dibiarkan tanpa perubahan.

Air Conditioner mobil Honda terbaru ini tetap mengandalkan model digital. Untuk diketahui, Honda Mobilio menjadi pionir di kelasnya yang mengusung fitur tersebut. Hanya saja Honda belum menyematkan keyless ignition pada mobil andalannya itu.

Untuk tipe E mendapat penyegaran warna. Jika sebelumnya dominan beige, kini berubah menjadi hitam. Alhasil tampilannya terkesan sporty.

Fitur keselamatan yang mumpuni juga tersemat pada New Honda Mobilio. Seperti vehicle stability assist dan hill start assist (untuk tipe RS), dual SRS airbag, anti-locking braking system (ABS) dan electronic brake distribution (EBD).

Di sektor dapur pacu Honda Mobilio mengandalkan mesin L15A 4-silinder yang mempunyai kapasitas sebesar 1,5 liter. Jantung pacu ini menjadi salah satu keunggulan dari Mobilio. Maka dari itu Honda mempertahankannya.

Teknologi i-VTEC yang disandingkan dengan mesin tersebut dapat mengolah bahan bakar secara efisien, sekaligus menopang performa terbaik di antara rivalnya. Output dayanya mencapai 120 PS pada putaran 6.600 rpm dan torsi puncak mencapai 145 Nm pada 4.600 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan lewat transmisi manual 5-percepatan ataupun CVT.

Honda yakin Mobilio masih diminati konsumen berbekal ubahan-ubahan tersebut. Meski hanya pembaruan ringan, New Honda Mobilio dinilai cukup untuk menjaga pangsa pasar mobil ini di segmen Low MPV yang semakin memanas.

Untuk diketahui, Honda Mobilio ditawarkan dalam tiga pilihan tipe, yakni S, E dan RS. Kabar baiknya harga mobil Honda ini tidak mengalami perubahan. Hal ini bertujuan untuk menjaga value for money tetap tinggi.

Harga Honda Mobilio 2019

TipeHarga
New Honda Mobilio S MT Rp 194 juta
New Honda Mobilio E MT Rp 214,5 juta
New Honda Mobilio E CVT Rp 225,5 juta
New Honda Mobilio RS MT Rp 237,5 juta
New Honda Mobilio RS CVT Rp 248 juta

3 Tipe New Honda Mobilio

Honda Mobilio mempunyai tiga tipe. Masing-masing tipe menawarkan fitur yang berbeda-beda. Berikut adalah detail perbedaan masing-masing tipe.

Honda Mobilio S MT

Varian terbawah Mobilio ini mendapat sedikit peningkatan di sisi desain maupun fitur. Tampilan wajah lebih menarik berkat hadirnya grille berdesain baru. Sedangkan sektor roda memakai pelek 15 inci alloy untuk menunjang sisi sporty dari mobil in. varian ini dibekali dengan head unit model 2DIN, lengkap dengan koneksi bluetooth dan hands free telephone.

Honda Mobilio E CVT dan MT

Diposisikan sebagai tipe menengah, Mobilio E CVT maupun MT mendapat ubahan yang lebih banyak dari tipe terbawah. Di sisi eksterior terdapat under spoiler yang melingkupi seluruh sisi. Sedangkan untuk sistem pencahayaan terdapat model proyektor yang dikombinasikan dengan LED daytime running light (DRL) dengan tampilan menarik. Tidak hanya itu, juga terdapat pelek baru 15 inci two tone yang tak kalah menarik.

Di sisi interior pengguna akan disambut dengan nuansa yang semakin elegan bertema two tone black dan ivory. Jok Honda Mobilio E memakai material kain dengan motif baru yang membuat nuansa lebih segar dibanding sebelumnya. Untuk kenyamanan pengemudi, Honda mengubah head unitnya. Tipe ini dibekali dengan layar sentuh berukuran 6,2 inci resistive dengan kelengkapan Bluetooth dan hands free telephone.

Honda Mobilio RS CVT dan MT

Varian tertinggi Honda Mobilio ini tentu saja mempunyai tawaran yang lebih lengkap. Eksteriornya terlihat sporty dibanding dua varian lainnya. Honda juga menyematkan pelek 15 inci alloy baru dengan motif kompleks yang membuat kesan sporty semakin jelas.

Di bagian belakang terdapat sedikit penyesuaian. Seperti hadirnya smoke rear combi lamp dan antena berbentuk sirip yang disematkan di bagian atas.

Sisi interior juga tak kalah menarik. Terdapat dashboard dan area doortrim yang dihiasi aksen garis oranye. Walaupun ubahan yang diberikan tidak terlalu menonjol, kesan berbeda tampak jelas di sisi interior.

Honda Mobilio RS juga memiliki layar sentuh capacitive berukuran 8 inci dengan fitur Bluetooth, hands free telephone dan smartphone connection. Juga terdapat meter cluster baru dengan tambahan logo RS. Meter cluster ini menampilkan informasi seputar kendaraan.

Facelift Terakhir?

Salah satu kekurangan New Honda Mobilio adalah absennya fitur start/stop button dan keyless. Padahal sebenarnya fitur ini memudahkan pengguna untuk mengoperasikan mobil. Selan itu fitur tersebut sudah diaplikasikan pada mobil baru yang beredar di pasaran saat ini termasuk di segmen LMPV.

Beberapa mobil yang sudah menyematkannya adalah Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Toyota Avanza Veloz dan All New Nissan Livina.

Yulian Karfili, Assistant Manager Public Relation Department HPM menjelaskan ongkos produksi yang naik bukan menjadi penyebab tidak hadirnya fitur kekinian tersebut. Sebenarnya HPM bisa saja menyematkannya tanpa mempengaruhi harga jual unit ke konsumen.

“Kalau masalah cost itu tidak serta-merta naik karena menambahkan satu fitur,” ungkap pria yang akrab disapa Afi itu, mengutip dari laman Oto.

Status Facelift menjadi salah satu alasannya. Ia mengatakan ubahan model biasanya tidak terlalu banyak dan lebih mengarah ke tampilan. Akan tetapi tetap bisa memberikan nilai tersendiri.

Pernyataan tersebut memicu pertanyaan baru, apakah fitur start/stop button dan keyless akan hadir di All New Honda Mobilio? Mengenai hal ini Afi tidak bersedia memberikan komentar lebih jauh.

“Yang sekarang ini kan facelift, lebih ke tampilan. Belum terlalu dalam. Mungkin saja (start/stop button pada Mobilio major changed),” kata dia.

Honda Mobilio sendiri sebenarnya sudah cukup umur untuk mendapatkan perubahan total yang mencakup desain maupun platform. Seperti yang diketahui, Honda Mobilio pertama kali hadir di tahun 2014. Ubahan major facelift didapat mobil Honda ini pada 2017 lalu.

Bisa saja tahun depan HPM menghadirkan All New Honda Mobilio. Sebab umumnya akhir masa produksi mobil rata-rata berlangsung antara 6 sampai dengan 10 tahun atau paling lambat 2 tahun bagi Mobilio. Di sisi lain persaingan Low MPV semakin sengit, rival Honda Mobilio menawarkan fitur, spesifikasi dan harga yang semakin menarik. Sehingga Honda tidak boleh meremehkan hal tersebut. Kita tunggu saja kabar selanjutnya dari Honda.

Foto Honda Mobilio 2019

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply