MPV Renault Terbaru Indonesia Akan Lawan Toyota Calya?

Loading...

MPV Renault, Maxindo Renault Indonesia (MRI) beberapa waktu ini menyita perhatian banyak pecinta roda empat. Pasalnya MRI berencana menghadirkan mobil baru Renault. Mobil tersebut adalah Multi Purpose Vehicle (MPV) 7-penumpang yang rencananya akan dirilis tahun ini.

Loading...

Tidak sampai di situ saja, guna menarik rasa penasaran masyarakat, MPV Renault terbaru ini sudah dipajang di salah satu diler yang berada di Pluit, Jakarta. Hanya saja mobil ini masih ditutupi selubung hitam sehingga identitasnya sulit terungkap.

Sementara itu, Xavier Kaufman, Director After Sales Network & Service Quality Renault Asia Pasific Ltd menjelaskan bahwa mobil baru yang akan dihadirkan Renault di Indonesia yang pasti akan terjangkau dan cocok untuk konsumen di Tanah Air.

“Mobil yang akan kita bawa adalah benar-benar baru dan belum ada sebelumnya di Indonesia. 7-seater dan terjangkau,” ujarnya, mengutip dari laman detikOto.

Di waktu yang sama, Davy J Tuilan, COO MRI menerangkan bahwa harga mobil MPV Renault itu nantinya akan beririsan dengan harga mobil LCGC.

“Mobilnya yang pasti murah karena kita ingin membuat image mobil Eropa itu nggak selalu mahal. Perkiraan harganya, beririsan-lah dengan LCGC sekarang,” kata dia.

“Indonesia akan jadi tuan rumah kedua peluncuran mobil ini,” tambahnya.

Akan tetapi belum dapat dipastikan kapan mobil baru Renault tersebut resmi melantai di Indonesia. “Normalnya sih 3 sampai 4 bulan setelah launching pertama di negara lain, baru di Indonesia. Tapi karena ada hal-hal lain seperti masalah homologasi, bisa jadi tak tepat waktu. Namun kita usahakan tahun ini,” jelasnya.

Sebagai informasi, Renault berencana ikut serta dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Nantinya merek mobil Eropa ini akan membawa serta beberapa mobil andalannya. Termasuk mobil baru yang merupakan MPV 7-penumpang.

Masih ada informasi menarik lainnya. Di India Renault juga berencana menghadirkan mobil MPV 7-seater murah. Mobil ini nantinya akan mengambil basis dari Renault Kwid. Akan tetapi Renault melakukan pembaruan dan membuatnya cocok untuk mobil MPV.

Sejauh ini mobil tersebut memang belum dirilis, namun kode nama mobil tersebut sudah bocor, yakni RBC. Bahkan beberapa kali mobil tersebut tertangkap kamera saat sedang uji coba di jalanan India.

Mobil MPV berbasis Kwid ini akan diluncurkan di paruh kedua 2019 di India. MPV dengan kode nama RBC itu disiapkan Renault untuk menghadapi Datsun GO+ yang menjadi MPV 7-seater entry level.

Mengenai dapur pacunya diperkirakan mobil Renault terbaru itu akan memakai mesin berkapasitas 1.000 cc dengan turbo. Atau opsi lainnya adalah mesin berkapasitas 1.200 cc yang diadopsi dari Nissan March, sama seperti Datsun GO+.

Hal ini sangat mungkin untuk dilakukan, sebab Renault dan Nissan masuk dalam aliansi yang sama, yakni Renault-Nissan-Mitsubishi. Sedangkan untuk pilihan transmisi bisa seperti Renault Kwid, yakni manual atau automated (AMT).

Bisa jadi MPV murah Renault yang dimaksud Xafier dan Davy untuk pasar Indonesia itu adalah MPV berbasis Kwid yang akan diluncurkan di India pada tahun ini. Jika benar demikian, MPV Renault ini bisa jadi akan berhadapan dengan Toyota Calya, Daihatsu Sigra dan Datsun GO+ yang dijual di Indonesia.

Seperti yang diketahui, Calya-Sigra terbilang cukup laris di pasaran. Banyak konsumen yang menyukai mobil ini. Selain harga yang terjangkau, kabin yang cukup lapang dan fitur yang memadai menjadi alasan Calya-Sigra sukses di pasaran.

Loading...