Inikah Motor Suzuki Terbaru Penantang PCX dan NMAX?

Loading...

Motor Suzuki, Ada kabar menarik yang berhembus dari Negeri Tirai Bambu, China. Baru-baru ini salah satu merek motor lokal di sana, Haojue memamerkan paten untuk HJ150T di internet. Mungkin merek yang satu ini masih asing di telinga kita. Akan tetapi yang perlu Anda ketahui, Haojue merupakan perusahaan patungan China dengan Suzuki.

Loading...

Motor baru tersebut mempunyai ukuran yang cukup bongsor, dengan sentuhan desain layaknya Honda PCX 150 yang beredar di Indonesia. Motor matic bongsor ini menjadi model pertaja Haojue untuk model skutik berbodi besar. Seperti yang diketahui, saat ini motor matic gambot menjadi idola banyak orang, termasuk di Indonesia.

Ada beberapa kemiripan jika melihat Haojue HJ150T dengan PCX. Seperti bentuk bodi, setang model naked, deck tengah hingga lekukan jok. Sedangkan perbedaan terlihat di desain lampu yang mengusung model lebih menyipit.

Ada informasi menarik lainnya, yakni duplikasi yang dilakukan oleh Haojue bukanlah menjiplak tanpa izin. Menurut situs Newmotor produsen otomotif tersebut membeli sejumlah teknologi yang dibenamkan pada Honda PCX.

Lalu pada sektor dapur pacu kemungkinan besar akan memakai mesin berkapasitas 150 cc. Hanya saja gambar paten tersebut tidak menjelaskan lebih dalam mengenai mesin yang akan diusung oleh motor baru tersebut.

Mengenai fitur andalannya, HJ150T akan mempunyai bagasi yang luas. Di samping itu juga ada kemungkinan motor ini juga akan mengandalkan sistem kunci keyless khusus varian tertinggi.

Lalu bagian kaki-kaki depan dipastikan akan memakai suspensi model garpu seperti yang umum dijumpai pada motor baru saat ini. Sementara bagian belakang memakai suspensi lansiran KYB. Untuk sistem pengereman Haojue menyematkan rem cakram di depan dan belakang dengan master rem kaliper.

Baca juga: Motor Suzuki Terbaru Rival NMAX Disiapkan

Belum dapat diketahui kapan HJ150T akan diproduksi dan diperkenalkan di China. Kemungkinan besar motor ini juga diproduksi untuk kebutuhan dalam negeri. Mengingat di pasar global sudah ada Honda PCX.

Mengingat Haojue adalah perusahaan patungan dengan Suzuki, maka ada kemungkinan HJ150T ini nantinya akan menjadi Suzuki Burgman 150. Seperti yang diketahui, saat ini Suzuki menjadi salah satu merek yang belum memiliki motor matic bongsor. Berbeda dengan rival senegaranya, Honda yang memiliki PCX dan Yamaha yang punya NMAX.

Semenjak naik daunnya motor matic bongsor, penjualan kedua motor tersebut meningkat. Maka dari itu adalah hal yang wajar bila Suzuki juga ingin menghadirkan skutik bongsor.

Di sisi lain kedua baik Haojue dan Suzuki sering berbagi motor. Seperti Haojue yang menghadirkan DR300 hasil pengembangan dari basis Suzuki Gixxer 250.

Bagaimana menurut anda dengan motor baru ini? Jika benar menjadi Suzuki Burgman 150, maka ada kemungkinan motor ini juga hadir di Indonesia. Kita tunggu saja kabar selanjutnya.

Loading...