Nissan Livina 2019 vs Mitsubishi Xpander, Mana yang Menggoda?

Loading...

Nissan Livina 2019, Nissan Motor Indonesia (NMI) membuat kejutan dengan meluncurkan All New Livina 2019 di Indonesia. Seperti yang diinformasikan sebelumnya, mobil ini berbagi basis dengan Mitsubishi Xpander yang sudah lebih dulu hadir di Indonesia. Tak mengherankan bila desain eksterior Livina terbaru memiliki kemiripan dengan MPV Mitsubishi itu.

Loading...

Meski mengusung basis yang sama, tetap ada perbedaan antara mobil baru Nissan dan Mitsubishi Xpander. Dengan perbedaan-perbedaan tersebut mana yang lebih menarik? Apakah Nissan Livina 2019 atau Mitsubishi Xpander? Berikut adalah detail selengkapnya.

Eksterior

Sekilas, desain eksterior dua mobil MPV ini memang tampak mirip. Akan tetapi bila dicermati lebih dalam terdapat perbedaan signifikan antara Xpander dan Livina. Seperti di bagian depan kedua mobil ini.

Jika Nissan Livina mengusung desain V-Motion yang menjadi ciri khas mobil Nissan, pada Mitsubishi Xpander mengadopsi desain Dynamic Shield yang juga menjadi ciri khas mobil Mitsubishi terbaru.

Perbedaan lain terdapat pada bagian lampu. Lampu bagian atas Nissan Livina terlihat lebih kecil. Lalu lampu bawah dibuat lebih oval. Berbeda dengan Xpander yang mengusung lampu bagian atas berukuran lebih besar, begitu juga dengan lampu bagian bawah yang juga lebih besar.

Perbedaan selanjutnya terdapat pada pelek. Nissan Livina memakai desain dengan palang sembilan. Berbeda dengan Xpander yang hadir dengan pelek palang 10 dan tetap hadir dengan two tone. Perbedaan lain juga terdapat pada fender, garis di bagian pintu hingga desain bagian belakang.

Baca juga: Detail Spesifikasi Nissan Livina 2019 Indonesia

Pihak NMI menjelaskan Livina tak meninggalkan rasa Nissan yang fokus menghadirkan kenyamanan berkendara, meski jiwanya terpancar aura Xpander. Dijelaskan juga bahwa dalam beberapa hal Nissan juga berkompetisi dengan Mitsubishi.

Isao Saekiguchi, President Director NMI juga menerangkan bahwa produknya tidak 100 persen sama dengan Mitsubishi Xpander. Sebab pihaknya melakukan studi bertahun-tahun untuk mengembangkan Livina di Indonesia. Ada studi komprehensif yang dilakukan oleh NMI.

Interior

Sisi interior dua mobil MPV ini juga memiliki perbedaan. Sebagai pembanding kita bandingkan varian tertinggi Livina, VL dengan Xpander Ultimate yang menjadi varian tertinggi MPV Mitsubishi itu.

Perbedaan yang cukup mencolok dari keduanya hanya pelapis jok. Untuk Livina VL menggunakan material kulit. Sedangkan Xpander Ultimate masih memakai material fabric untuk jok.

Di samping itu warna interior Nissan Livina tipe VL lebih didominasi warna gelap dan sedikit perpaduan warna terang untuk bagian plafon. Sementara Xpander tipe tertinggi didominasi warna terang. Selain itu, tidak ada perbedaan mencolok dari segi desain interior kedua mobil ini.

Fitur

Mengenai fitur, terdapat perbedaan antara Livina dan Xpander. Untuk Nissan Livina 2019 dilengkapi dengan lampu depan dual LED berbentuk bumerang, lengkap dengan day time running light (DRL) LED dan fog lamp.

Di sisi interior, Nissan Livina menawarkan fitur head unit dengan layar sentuh berukuran 7 inci. Layar ini dilengkapi dengan Apple Car Play, Android Auto, MID dan juga eco Indicator.

Fitur lain dari mobil MPV Nissan ini juga cukup menggiurkan. Ada hill start assist, traction control, vehicle dynamic control, serta fitur keselamatan seperti dual SRS airbag, safety belt 3P ELR 7 pcs, auto hazard light on emergency braking, parking sensor dan kamera belakang, dan sistem pengereman ABS dan EBD untuk tipe E MT, EL MT, dan EL AT, serta tambahan BA untuk tipe VE AT dan VL AT.

Nissan Livina juga memiliki fitur Courtesy Light Before and After Driving. Fitur tersebut juga hadir di Mitsubishi Xpander dengan nama Welcoming Light and Coming Home Light.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Mitsubishi Xpander

Sementara Mitsubishi Xpander unggul lewat ground clearance yang mencapai 205 mm dari permukaan jalan. Selain itu mobil Mitsubishi ini juga punya fitur yang tak kalah lengkap. Yang menarik perhatian adalah hadirnya fitur keyless operating system.

Di samping itu juga ada fitur lain seperti layar infotainment dengan beragam konektivitas dan DVD player, AC di baris belakang, LED position lamp, coming home light, immobilizer, rem ABS, kendali traksi dan kestabilan, hill start assist dan dual SRS airbags.

Tidak berhenti sampai di situ, Mitsubishi Xpander juga mempunyai fitur Cruise Control untuk tipe tertinggi. Fitur ini dinilai sangat membantu, terutama saat melesat di jalan bebas hambatan. Ketika jalanan lengan, pengemudi dapat mengaktifkannya pada kecepatan tertentu. Sehingga kendaraan melesat dengan stabil tanpa perlu menginjak pedal gas.

Dengan kata lain Xpander Ultimate bisa terus berjalan dan naik turun hanya dengan mengoperasikan tombol di lingkar kemudi saja. Dan fitur ini tidak ada pada Nissan Livina terbaru.

Mesin

Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander mengusung mesin yang sama. Yakni mesin berkapasitas 1.499 cc yang dipadukan dengan dua opsi transmisi, yaitu manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan. Jantung pacu ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 104 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 141 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Harga dan Varian

Nissan Livina ditawarkan dalam empat pilihan varian, antara lain E, EL, VE dan VL. Sedangkan Mitsubishi Xpander mempunyai varian GLX, GLS, Exceed, Sport dan Ultimate.

Livina ditawarkan dalam pilihan warna Ruby Red, Sunset Orange, Black Knight, Timless Grey, Silver Tech dan With Pearl. Sementara Mitsubishi Xpander dijual dalam opsi warna Quartz White Pearl, Diamond Black Mica, Sterling Silver Metallic, Titanium Grey Metallic, dan Red Metallic.

Harga Nissan Livina

TipeHarga
Nissan Livina VL ATRp 261,9 juta
Nissan Livina VE ATRp 249,9 juta
Nissan Livina EL ATRp 233 juta
Nissan Livina EL MTRp 223 juta
Nissan Livina E MTRp 198,8 juta

Harga Mitsubishi Xpander

TipeHarga
MITSUBISHI XPANDER ULTIMATE A/T Rp258,9 Juta
MITSUBISHI XPANDER SPORT A/T Rp250,2 Juta
MITSUBISHI XPANDER EXCEED A/T Rp238 Juta
MITSUBISHI XPANDER EXCEED M/T Rp227,6 Juta
MITSUBISHI XPANDER GLS M/T Rp220,6 Juta
MITSUBISHI XPANDER GLX M/T Rp204,1 Juta
MITSUBISHI XPANDER GLS A/T Rp231,6 Juta
MITSUBISHI XPANDER SPORT M/T Rp240,2 Juta
Loading...