Nissan Livina vs Toyota Veloz 2019, Pilih Mana?

Loading...

Nissan Livina, Pasar Low MPV semakin panas dengan kehadiran Nissan Livina. Mobil baru Nissan ini hadir untuk menghadapi rival di segmen mobil sejuta umat yang semakin lama juga semakin memikat. Maka dari itu persiapan matang dilakukan oleh Nissan Motor Indonesia (NMI).

Loading...

Salah satunya adalah dengan memakai platform Mitsubishi Xpander yang sudah lebih dulu dipasarkan di Indonesia dan berhasil mencuri perhatian masyarakat. Tentu ada harapan besar di balik kehadiran Nissan Livina kembaran Xpander itu, baik dari NMI maupun penggemar Livina.

Nissan Livina yang kini tampil jauh lebih segar dan gagah dibanding generasi sebelumnya bisa menjadi modal awal untuk menarik hati konsumen. Apalagi saat ini konsumen cenderung suka dengan mobil SUV.

Lantas bagaimana jika mobil Nissan terbaru ini diadu dengan Toyota Veloz yang juga baru saja mendapat penyegaran. Mana yang lebih menarik perhatian? Berikut adalah perbandingan Nissan Livina dan Toyota Veloz terbaru.

Desain

Melihat dimensinya, Toyota Veloz 1.5 AT mempunyai panjang 4.200 mm, dengan lebar 1.660 mm, tinggi 1.695 mm dan wheelbase atau jarak sumbu roda 2.655 mm. Lalu untuk ground clearance mencapai 200 mm.

Sementara Nissan Livina lebih besar dari Veloz. Panjang mobil ini mencapai 4.510 mm, dengan lebar 1.750 mm, tinggi 1.700 mm dan wheelbase 2.775 mm. sementara ground clearance 205 mm.

Seperti yang sudah disinggung di atas, Nissan Livina berubah total dibandingkan dengan model pendahulunya. Sekilas desain mobil baru ini tampak mirip dengan Xpander. Akan tetapi tidak benar-benar mirip, sebab ada beberapa perbedaan tampilan.

Mobil Nissan ini tampil stylish dengan mempertahankan ciri khasnya yang sekaligus menegaskan perbedaannya dengan Xpander. Di sisi depan terdapat grille V-Motion berbentuk V yang menjadi ciri khas dari mobil buatan Nissan.

Baca juga: Nissan Livina 2019 vs Mitsubishi Xpander

Di sisi lain Toyota Veloz hadir dengan dimensi yang sama seperti model lamanya. Di sisi depan mendapat pembaruan yang cukup membuatnya lebih segar. Sentuhan desain yang diberikan mengingatkan pada Vellfire dan Voxy yang dijual di Tanah Air.

Hanya saja ubahan yang diberikan pada Toyota Veloz sebatas ubahan minor. Tidak seperti Nisan Livina yang menggabungkan karakter SUV dan MPV, mirip seperti Mitsubishi Xpander. Hal inilah yang membuat Livina terliat lebih besar dari sebelumnya. Alhasil tampak lebih gagah layaknya mobil SUV.

Fitur dan Harga

Untuk segi desain memang kembali ke selera masing-masing individu. Akan tetapi soal kelengkapan fitur, Nissan Livina menjadi yang terlengkap. Pasalnya mobil baru Nissan ini sudah dilengkapi dengan sederet fitur keselamatan aktif. Diantaranya Hill Start Assist (HSA) yang membantu saat mobil menanjak. Agar tidak selip, tersedia Vehicle Dynamic Control dan Traction Control System. Juga ada fitur pedestrian protection untuk melindungi pejalan kaki dari cedera.

Tidak hanya itu saja, masih ada fitur-fitur lain yang ditawarkan pada Nissan Livina. Seperti pengereman cakram di bagian depan dan teromol di bagian belakang. Juga ada fitur ABS, EBD dan Brake Assist. Sementara Toyota Veloz hanya memiliki fitur ABS dan EBD saja. Sebagai perbandingan berikut fitur-fitur yang dibawa kedua mobil MPV ini.

Toyota Veloz 1.5 ATNissan Livina VL AT
Keyless & Start Stop ButtonKeyless & Start Stop Button
LED HeadlampTilt & Telescopic Steering
Premium touch screen headunitPelek 16 inci
rear seat entertainmentKamera belakang
audio steering switchPower outlet semua baris
Dual SRS airbagDual SRS airbag
ABS+EBDABS+EBD+BA
Digital ACVehicle Dynamic Control & Traction Control System
Power outlet semua barisHill Start Assist (HSA)
Seat belt warningEmergency Stop Signal (ESS)
Immobilizer6 Audio Speaker
6 Audio Speaker

Berekal fitur-fitur di atas, harga Nissan Livina memang lebih tinggi dari Toyota Veloz. Harga mobil tersebut mencapai Rp 261,9 juta on the road Jakarta untuk varian tertinggi, VL AT. Sedangkan harga Toyota Veloz sendiri dipatok Rp 239,45 juta OTR Jakarta.

Performa

Kini bagaimana dengan performanya? Nissan Livina dipersenjatai dengan mesin bensin 4-silinder berkapasitas 1,5 liter. Mesin ini dilengkapi dengan teknologi MIVEC yang mempunyai kemampuan untuk mengatur katup supaya performa optimal dan konsumsi BBM lebih efisien. Mesin tersebut dapat mengeluarkan tenaga sebesar 104 PS pada putaran 6.000 rpm dengan torsi puncak 141 Nm pada 4.000 rpm.

Sedangkan Toyota Veloz mengandalkan jantung pacu 2NR-VE berkapasitas 1,5 liter. Output daya mesin ini juga mencapai 104 PS. Akan tetapi torsinya lebih rendah, yakni 136 Nm.

Perbedaan lain terdapat pada sistem penggeraknya. Toyota Veloz sampai saat ini masih mengandalkan roda belakang (RWD). Sedangkan Nissan Livina memilih penggerak roda depan (FWD). Kedua mobil ini memakai transmisi yang serupa, yakni otomatis.

Dengan beberapa pembaruan yang dilakukan oleh Toyota, Veloz terbaru mempunyai tingkat kesenyapan kabin yang lebih baik. Mobil MPV ini juga mempunyai suspensi yang nyaman. Gejala memantul dan kestabilan saat menikung juga lebih baik dari sebelumnya. Hanya saja gejala body roll belum bisa hilang, sebab MPV ini mengusung sasis unibody yang memadukan monokok dan ladder.

Sementara Nissan Livina semestinya memiliki pengalaman berkendara yang mirip dengan Misubishi Xpander. Mobil tersebut mempunyai handling yang pas dan nyaman. Sasis monokok yang dipakai mobil keluarga ini juga membuat kenyamanan dan kestabilan lebih baik.

Untuk diketahui, kualitas berkendara Mitsubishi Xpander hanya dapat disaingi oleh Suzuki Ertiga. Semestinya poin ini juga dimiliki oleh Nissan Livina. Apalagi Nissan Motor Indonesia mengungkapkan Livina dikembangkan untuk mengutamakan kenyamanan.

Kesimpulan

Dari perbandingan di atas, Toyota Veloz tetap memiliki value for money yang baik. Apalagi harganya lebih terjangkau dari Nissan Livina varian tertinggi. Hanya saja Nissan Livina mempunyai fitur yang lengkap. Walaupun harus ditebus dengan harga yang lebih tinggi hingga Rp 22,45 juta.

Bagaimana menurut Anda, mana yang lebih menarik?

Loading...