Fitur Nissan Livina VL 2019 yang Jadi LMPV Termahal

Loading...

Nissan Livina, Pasar Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) baru saja kedatangan Nissan Livina. Mobil baru ini tampil jauh berbeda dari pendahulunya. Di Indonesia All New Nissan Livina ditawarkan dalam empat pilihan varian. Dan varian VL menjadi yang paling tinggi.

Loading...

Harga Nissan Livina VL mencapai Rp 261,9 juta. Lebih tinggi Rp 1 juta dari saudara kembarnya, Mitsubishi Xpander Ulltimate A/T. Sekaligus menjadi LMPV termahal yang dijual di Indonesia. Dengan banderol harga yang cukup mahal di kelasnya, apa saja tawaran dari Nissan Livina tipe VL ini?

Kita mulai dari persamaannya dulu. Nissan Livina 2019 tipe VL dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 1.499 cc yang juga dibenamkan pada Xpander. Output daya mesin ini mencapai 104 PS pada putaran 6.000 rpm dengan torsi maksimum sebesar 141 Nm pada 4.000 rpm. Tenaga tersebut disalurkan lewat transmisi otomatis konvensional 4-percepatan.

Melihat dimensinya, ternyata Livina VL sedikit lebih tinggi dari varian di bawahnya. Panjangnya mencapai 4.510 mm, dengan lebar 1.750 mm dan tinggi mencapai 1.700 mm. perbedaan dimensi ini terjadi karena Nissan menyematkan pelek 16 inci yang dipadukan ban berukuran 205/55 pada varian tertinggi. Alhasil ground clearance juga sedikit meningkat. Dari 200 mm menjadi 205 mm.

Perbedaan lain terdapat pada sisi desain. Karena berstatus sebagai varian termahal, maka tampilan Nissan Livina VL dibuat lebih elegan. Supaya kesan mewah mencuat dari mobil keluarga ini, Nissan menambahkan aksen krom di beberapa bagian. Seperti spion, gagang pintu dan tepian bawah sepanjang jendela.

Bukan hanya sisi eksterior saja yang mendapat sentuhan elegan, sisi interior juga demikian. Seluruh jok dibalut kulit berwarna hitam. Tak terkecuali pada bagian setir kemudi. Supaya pilihan lebih beragam, ada enam pilihan warna yang bisa dipilih calon konsumen, antara lain Ruby Red, Sunset Orange, Black Knight, Timeless Grey, Silver Tech dan White Pearl.

Fitur yang dibenamkan pada Livina terbaru juga tak kalah lengkap. Sistem pencahayaan mobil ini masih mengandalkan halogen, namun pabrikan mobil asal Jepang itu sudah menyertakan fitur auto-off headlight.

Baca juga: Detail Spesifikasi Nissan Livina 2019 Indonesia

Juga tersemat fitur lampu kabut dan Dual Line LED yang terdiri dari positioning lamp dan daytime running light (DRL). Stoplamp kombinasi di bagian belakang juga menggunakan lampu LED sehingga membuatnya terlihat lebih menarik.

Nissan Livina VL juga mempunyai fitur I-Key (Intelligent Key). Fungsinya untuk memudakan pengemudi mengakses kendaraan. Fitur ini menggantikan anak kunci konvensional. Juga terdapat tombol start/stop yang berfungsi menghidupkan dan mematikan mesin.

Untuk sisi spion dapat diatur secara elektrik dan juga dilipat secara otomatis saat dikunci. Bagian setir kemudi juga bisa diatur posisi tinggi dan jangkaunya (tilt dan teleskopik). Nissan Livina VL 2019 juga mempunyai tombol fungsi untuk mengakses head unit dan Bluetooth Hands Free Phone. Sehingga pengemudi tetap fokus di jalan ketika perlu melakukan komunikasi ataupun mengakses head unit. Ketinggian jok juga dapat diatur sehingga menambah kenyamanan mobil baru ini.

Di sisi panel instrumen terdapat Multi Information Display (MID) dengan indikator ECO yang sudah berupa LCD berwarna. Dengan begitu pengemudi dapat membaca berbagai informasi mengenai kendaraan, meliputi odometer dan kapasitas bahan bakar.

Supaya tidak jenuh selama perjalanan, Nissan Livina 2019 tipe VL ini dibekali dengan layar sentuh berukuran 7 inci yang sudah dilengkapi radio, smartphone connectivity (Android Auto/Apple CarPlay), Bluetooth dan konektor USB. Speaker yang dimiliki varian VL mencapai 6 unit, tersebar di seluruh baris. Tidak berhenti sampai di situ, juga ada 3 power outlet yang terpasang di semua baris bangku untuk memudahkan pengguna ketika ingin mengisi daya smartphone atau gadget.

Baca juga: Nissan Livina 2019 vs Mitsubishi Xpander

Sederet fitur keselamatan turut hadir pada Nissan Livina VL guna menjamin keselamatan penggunanya selama perjalanan. Nissan menyematkan Vehicle Dynamic Control (VDC), Traction Control System (TSC), Hill Start Assis (HSA), Anti-locking Brake System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD) hingga Braking Assist (BA).

Juga terdapat fitur Auto Hazard untuk pengereman mendadak, Dual SRS Airbag di baris depan, sensor dan kamera belakang. Semua fitur tersebut ada di Xpander Ultimate, kecuali cruise control. Nissan juga menyertakan pengingat sabuk pengaman baris depan dan immobilizer untuk mencegah pencurian.

Walaupun dibanderol dengan harga tinggi, Nissan Livina 2019 tipe VL mempunyai fitur-fitur yang tergolong lengkap. Sehingga harga tersebut terbayar lunas. Tinggal bagaimana performa penjualan mobil Nissan terbaru ini nantinya.

Loading...