Ingin Cuci Mesin Mobil? Ini Caranya

Loading...

Mesin Mobil, Mesin bisa dibilang merupakan komponen terpenting dari suatu kendaraan, tak terkecuali mobil. Dengan komponen ini mobil bisa melaju, mengantar kita ke mana saja kita mau. Hanya saja seiring pemakaian ada sekelumit permasalahan yang menyangkut mesin, seperti kebersihan.

Loading...

Walaupun area mesin mobil selalu tertutup, bagian ini tetap bisa kotor karena paparan debu. Debu bisa masuk lewat sela-sela kap mesin atau ruang di bawah mesin yang memang tidak tertutup. Padahal kebersihan mesin mobil dapat membuat kinerjanya tetap baik, sekaligus membuatnya lebih enak dipandang mata.

Jika ingin membersihkan mesin mobil, jangan asal mencucinya. Sebab area mesin terdapat banyak komponen kelistrikan yang tentu saja rentan konslet jika terkena air. Ada teknik tertentu bila Anda ingin mencuci mesin mobil.

Dari laman resmi Suzuki Indonesia, dijelaskan bahwa hal pertama yang harus dilakukan untuk membersihkan mesin adalah mengenali dulu di bagian mana komponen elektrik tersimpan. Contohnya bagian ECU atau sekring-sekring.

Sebelum mesin mobil disiram air, sebaiknya tutupi semua komponen tersebut dengan plastik untuk mencegah bagian tersebut terkena air. Jadi apabila ada kabel yang tidak terbungkus atau bungkusnya sudah terkelupas, bungkus kembali dengan isolasi supaya tidak ada air yang mengenainya.

Sesudah proses di atas, Anda sudah bisa mencuci bagian mesin. Sebagai awalan guyur air ke mesin dengan air keran bertekanan rendah. Tujuannya adalah untuk menghilangkan debu yang menempel di bagian mesin atau sela-sela yang sulit dijangkau.

Jika selesai, semprotkan cairan engine degreaser untuk merontokkan kotoran yang membandel. Jika cairan sudah merata di permukaan mesin, sikat perlahan dengan sikat halus atau sikat gigi yang tidak terpakai.

Baca juga: Cara Membersihkan Jok Mobil dari Noda dengan Mudah

Berikutnya semprot kembali bagian mesin dengan air bersih supaya sisa-sisa kotoran hilang. Jangan lupa untuk membersihkan bekas sabun yang menempel di sekitar mesin. Apabila sudah bersih dan jika alatnya ada, semprot bagian-bagian mesin yang dicuci tadi dengan kompresor angin. Hal tersebut dilakukan untuk membuang sisa-sisa air yang masih menempel di area mesin.

Untuk menghindari munculnya kerak atau watersport, ada baiknya mesin mobil tidak langsung dihidupkan maupun langsung dipakai pergi. Disarankan untuk mendiamkannya selama 2-3 jam untuk memastikan bagian mesin kering sempurna.

Langkah terakhir hidupkan mesin mobil sembari mengecek seluruh komponen yang terhubung dengan sistem kelistrikan. Seperti lampu-lampu, klakson dan komponen lainnya. Jika terjadi kerusakan, cek kembali bagian yang tadi dilindungi plastik atau isolasi dan pastikan semua komponen sudah benar-benar kering.

Itulah tips mencuci mesin mobil yang dapat Anda praktekkan sendiri di rumah. Semoga tips di atas bisa bermanfaat untuk Anda, sekaligus bisa menghemat dana karena tidak perlu membawanya ke tukang cuci mobil hanya untuk membersihkan area mesin saja.

Loading...