Tips Merawat Mesin Diesel Mobil

Loading...

Mesin Diesel, Walaupun tak banyak mobil penumpang yang memakai mesin diesel, namun masih banyak masyarakat yang lebih memilih mobil bermesin diesel daripada mesin bensin. Alasannya karena performa mesin ini lebih gahar dibandingkan mesin diesel.

Loading...

Sehingga mesin ini cocok untuk diajak bepergian jauh ataupun melintasi medan off road. Mesin diesel mempunyai kemampuan untuk menaklukkan jalan menanjak yang cukup ekstrem ataupun jalanan banjir.

Akan tetapi jangan lupakan soal perawatannya. Mesin diesel juga membutuhkan perawatan supaya performanya tetap terjaga. Berikut adalah tips merawat mesin diesel.

Rutin Ganti Oli

Salah satu ritual wajib bagi para pemilik mobil diesel adalah mengganti oli mesin secara berkala. Sangat dianjurkan un mengganti oli mesin diesel yang sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan mobil tersebut.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mesin Diesel

Untuk penggantiannya sendiri dianjurkan diganti setiap 10.000 km untuk pemakaian ringan seperti aktivitas sehari-hari di kota. Jika mobil sering dipakai untuk aktivitas berat seperti touring atau melewati jalanan off road, maka oli disarankan diganti setiap 5.000 km.

Rutin Ganti Filter Solar

Filter solar menjadi salah satu komponen penting dari mesin diesel. Fungsi komponen ini adala untuk menyaring air yang ada pada bahan bakar dan juga kotoran di dalamnya. Tidak seperti filter bensin, solar selalu mempunyai kandungan air di dalamnya. Alhasil filter solar umumnya mempunyai masa pakai yang pendek. Filter ini harus diganti setidaknya setiap 30.000 km.

Cek Filter Udara

Filter udara mobil bermesin diesel lebih sensitif dari filter udara mobil bensin. Sebab mesin diesel memakai kompresi tinggi yang bisa menembus 200 bar. Lantaran kompresi yang tinggi itulah kotoran debu dan partikel lainnya bisa masuk ke dalam ruang bakar.

Jika sudah seperti itu dapat menyebabkan tergoresnya dinding silinder dalam ruang pembakaran. Dengan begitu filter udara mobil diesel perlu diperiksa secara rutin untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah tips merawat mesin mobil diesel yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Perawatan mesin diesel sebenarnya bukan perkara yang rumit. Hanya saja butuh ketelatenan dan juga persiapan dana jika ada komponen yang butuh diganti. Semoga tips di atas bermanfaat.

Loading...