Komparasi 3 Motor Bebek 110cc di Indonesia

Loading...

Motor Bebek, Era motor bebek telah tergantikan oleh kehadiran motor matic alias skuter matik. Kebanyakan konsumen lebih suka skutik dibanding motor bebek karena kemudahan dan kepraktisannya. Maka dari itu motor bebek mulai ditinggalkan.

Loading...

Meski begitu tetap ada beberapa produsen yang memasarkan motor bebek. Dan motor ini juga tetap diminati di pasaran. Di kelas 110 cc, ada tiga pemain yang tersisa, yakni Honda Revo, Suzuki Smash dan Yamaha Vega Force. Lalu bagaimana jika ketiga motor ini dibandingkan, mana yang unggul?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut akan kami ulas komparasi tiga motor bebek di atas. Anda bisa menjadikannya referensi bila berniat untuk membeli motor bebek baru.

Desain dan Varian

Honda Revo dan Suzuki Smash dijual dalam dua varian. Astra Honda Motor menawarkan Revo dalam varian Fit dan X. Sedangkan Suzuki Indomobil Sales (SIS) memasarkan Smash dalam varian SR FI dan R.

Perbedaan kedua varian itu terdapat pada pemakaian pelek, yakni jari-jari dan palang. Hal ini akan memberikan kesempatan bagi konsumen untuk memilih, sesuai kebutuhan dan budget yang dimiliki. Lain halnya dengan dua motor tersebut, Yamaha Vega Force hanya memiliki satu tipe saja, yakni dengan bingkai roda model bintang.

Ketiga motor ini memiliki desain yang cukup sporty, kecuali Revo Fit yang mengusung desain lebih sederhana. Melihat dimensinya, Honda Revo mempunyai panjang 1.919 mm, dengan lebar 709 mm dan tinggi 1.080 mm.

Sedangkan Suzuki Smash memiliki panjang 1.910 mm, lebar 690 mm dan tinggi 1.085 mm. Untuk dimensi Yamaha Vega Force mempunyai panjang 1.940 mm, lebar 715 mm dan tinggi 1.075 mm.

Baca juga: Detail Honda Super Cub C125

Ketiga motor bebek ini memiliki ground clearance yang berbeda. Untuk Yamaha Vega Force paling tinggi karena mempunyai jarak terendah ke tanah 155 mm. Sedangkan ground clearance Honda Revo 135 mm dan Suzuki Smash 145 mm.

Sedangkan untuk opsi warna, Honda Revo yang paling banyak. Motor berlogo sayap mengepak itu mempunyai 5 warna yang terbagi berdasarkan tipe. Honda Revo Fit mempunyai tiga warna, yakni Raving Red, Neo Green dan Galaxy Blue. Sedangkan Honda Revo X mempunyai warna Quantum Black dan Cosmic White.

Suzuki Smash memiliki pilihan warna yang sama untuk dua tipenya, yakni Summer Red, Titan Black dan Medium Blue. Lalu Yamaha Vega Force mempunyai opsi warna Flamming Red, Energetic White dan Elite Black.

Fitur

Yamaha Vega Force menawarkan keunggulan tersendiri dibanding dua rivalnya. Motor Yamaha ini dilengkapi dengan bagasi bawah jok sebesar 9,2 liter. sementara Suzuki Smash kapasitasnya 1 liter lebih sedikit dari Vega Force. Lalu Honda Revo hanya mencapai 5 liter saja.

Di samping itu motor-motor di atas mengandalkan panel meter analog yang terbilang informatif. Untuk sistem pengereman sudah mengandalkan disc brake di bagian depan dan teromol di bagian belakang. Lau untuk kapasitas tangki bahan bakar, Revo dan Vega mencapai 4 liter. Suzuki Smash paling kecil dengan kapasitas 3,7 liter.

Mesin

Untuk soal dapur pacu, Suzuki Smash jawaranya. Tenaga maksimum motor Suzuki ini terbesar di kelasnya, yakni mencapai 9,3 PS pada putaran 8.000 rpm. Honda Revo mempunyai output tenaga 8,91 PS pada putaran 7.500 rpm. Yamaha Vega Force menjadi yang terendah dengan output daya 8,71 PS pada 7.000 rpm.

Sementara torsi maksimum justru Vega Force yang terbesar, yakni 9,53 Nm pada 5.500 rpm. Lalu menyusul Suzuki Smash dengan torsi 9,1 Nm pada 6.000 rpm dan Revo dengan torsi 8,76 Nm pada 6.000 rpm. Ketiga motor ini mengandalkan transmisi manual 4-percepatan untuk menyalurkan daya ke roda belakang.

Harga

Untuk sektor ini, baik Revo, Smash maupun Vega mempunyai harga yang cukup kompetitif. Harga Honda Revo mencapai Rp 13,85 juta untuk tipe Fit. Sedangkan varian X lebih tinggi lagi, yakni 15,55 juta.

Sedangkan harga Suzuki Smash mempunyai banderol yang juga tak kalah terjangkau. Tipe R dipatok Rp 13,9 juta dan varian tertinggi Rp 14,7 juta. Lalu harga Yamaha Vega Force menjadi yang tertinggi dengan banderol Rp 15,85 juta dan menjadi yang termahal.

Loading...