Home Auto News Mobil Listrik Jaguar I-PACE Akan Masuk ke Indonesia?

Mobil Listrik Jaguar I-PACE Akan Masuk ke Indonesia?

0 77

Jaguar I-PACE, Era mobil listrik sudah di depan mata. Meski eksistensinya masih belum terlihat di Indonesia, sejumlah persiapan sudah dilakukan oleh pemerintah dan pihak-pihak terkait. Tak heran bila beberapa merek tertarik untuk menghadirkan mobil listrik di Tanah Air.

Berbicara mobil listrik, Jaguar I-PACE menjadi mobil terbaik di Eropa. Lantas apakah Jaguar dan Land Rover tertarik menawarkan mobil ini di Indonesia?

“Haha, amin,” kata Jentri Izhar, Brand Director Jaguar dan Land Rover PT Wahana Auto Ekamarga, mengutip dari laman detikOto.

Ia menerangkan bahwa Jaguar I-PACE menjadi mobil listrik pertama yang mempunyai performa tinggi. Ia berharap mobil listrik Jaguar ini bisa dibawa ke Indonesia.

“Mudah-mudahan bisa dibawa ke Indonesia semoga didukung dengan kebijakan pemerintah agar harganya terjangkau masyarakat. Pemerintah sedang menggodok regulasi dan mengatur perpajakan mobil listrik tapi kita lihat nanti,” jelasnya.

Jaguar I-PACE tidak hanya menawarkan performa tinggi saja, namun juga keamanan yang telah teruji. Dalam crash test yang dilakukan oleh Euro NCAP, mobil Jaguar ini mengantongi rating sempurna, yakni 5 bintang. SUV listrik pertama Jaguar ini meraih rating 91% untuk perlindungan penumpang dewasa, 81% untuk perlindungan penumpang anak dan 81% untuk bantuan keamanan.

Tidak hanya itu, Jaguar I-PACE juga meraih poin maksimum untuk side barrier impact test alias uji dampak penghalang samping, berikut side pole test (ujian dampak tiang samping) yang lebih berat, dengan perlindungan prima untuk semua area dari bodi mobil yang penting.

Dengan hasil tersebut, maka ketiga anggota keluarga PACE SUV Jaguar, yakni E-PACE, F-PACE dan I-PACE, mempunyai peringkat Euro NCAP bintang lima maksimum. Hal tersebut menunjukkan komitmen Jaguar dalam merekayasa beberapa mobil keluarga teraman di dunia.

Untuk diketahui, Jaguar I-PACE dirancang dengan struktur bodi aluminium ringan dan paket baterai terintegrasi untuk memberikan perindungan kecelakaan yang tak tertandingi bagi penumpangnya.

Mobil ini memakai struktur bodi aluminium ringan dengan tingkat kekokohan yang tinggi dan ketika dikombinasikan dengan paket baterai terintegrasi – dilindungi oleh kerangka aluminium struktural – menghasilkan kekakuan torsional tertinggi pada Jaguar manapun, dengan 36kNm per derajat.

Tidak hanya itu, Jaguar I-Pace juga dilengkapi dengan berbagai teknologi keselamatan canggih untuk melindungi para pengguna jalan dan pejalan kaki. Salah satu fitur andalannya adalah Pedestrian Deployable Bonnet System (kap yang membuka untuk meringankan dampak tabrakan) serta Autonomous Emergency Braking (Pengereman Darurat Otomatis) dengan Pedestrian and Cyclist Detection (Pendeteksi Pejalan Kaki dan Pesepeda).

Selain itu Jaguar juga merancang Audible Vehicle System Alert atau Sistem Peringatan Kendaraan Audibel (AVAS) yang unik untuk kendaraan listrik pertamanya. Fungsinya untuk memperingatkan pengguna jalan ketika kendaraan mendekat. Suara ini dapat didengar pada kecepatan 20 km/jam sehingga melebihi minimum 56dB(A) yang dipersyaratkan dalam undang-undang Eropa yang akan diberlakukan.

Di samping teknologi-teknologi di atas Jaguar I-PACE juga masih mempunyai tawaran lain yang tak kalah menarik. Seperti rangkaian lengkap sistem bantuan pengemudi yang canggih, termasuk Adaptive Cruise Control with Steering Assist, Blind Spot Assist dan 360° Parking Aid.

Dengan tawaran di atas tak mengherankan bila Jaguar I-PACE mengantongi rating keamanan yang baik. Tentunya menjadi hal yang menarik jika mobil listrik canggih ini nantinya hadir di Indonesia. Hal ini bisa mendorong pabrikan lain untuk ikut meramaikan tren mobil listrik di Tanah Air. Kita tunggu saja kabar selanjutnya dari Jaguar.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply