Home Auto News Suzuki Ertiga 2019 Varian Tertinggi Hadir Sebentar Lagi

Suzuki Ertiga 2019 Varian Tertinggi Hadir Sebentar Lagi

0 120

Suzuki Ertiga 2019, Persaingan pasar roda empat yang semakin sengit tampaknya membuat Suzuki tak ingin bersantai. Mobil-mobil baru disiapkan untuk menjaga eksistensinya di jagat otomotif Tanah Air. Salah satu yang menjadi perhatian adalah mobil keluarga andalannya, Suzuki Ertiga.

Diketahui bahwa Suzuki Ertiga tipe tertinggi disiapkan dan akan meluncur dalam waktu dekat. Hal ini disampaikan langsung oleh Makmur, 4W Sales Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Mengutip dari kumparanOto, Makmur menerangkan penambahan fitur pada All New Ertiga GX dan GL bukan strategi terakhir yang dilakukan Suzuki.

Sedangkan untuk meningkatkan minat konsumen, Suzuki juga akan menambahkan tipe Suzuki Ertiga dalam waktu dekat. Lantas kapan mobil baru ini hadir?

“Tunggu saja 20 hari lagi,” ujar Makmur.

Dengan kata lain kemungkinan Suzuki Ertiga varian tertinggi itu akan rilis pada akhir Maret mendatang. Hanya saja ia masih bungkam mengenai fitur yang akan ditawarkan pada Suzuki Ertiga tipe terbaru itu.

Sebagai tambahan, tambahan fitur pada Ertiga GX dan GL merupakan salah satu strategi Suzuki Indonesia untuk menambah penjualan mobil tersebut. Untuk diketahui, penjualan Suzuki Ertiga sepanjang tahun lalu turun sebesar 2.986 unit. Jika di tahun 2017 mencapai 35.338 unit, pada tahun lalu turun menjadi 32.352 unit.

Suzuki All New Ertiga pertama kali diperkenalkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Generasi kedua penantang Toyota Avanza itu mengandalkan mesin dengan seri K15B berkapasitas 1,5 liter. Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 103 dk pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 138 Nm pada 4.400 rpm. Untuk transmisinya ada dua macam, yakni manual 5-percepatan atau otomatis (AT).

Melihat dimensinya, Suzuki Ertiga terbaru yang hadir di pasaran lebih panjang 130mm, lebar 40 mm dan tinggi 5 mm dibandingkan generasi sebelumnya. Di sisi eksterior terdapat serangkaian perubahan pada mobil MPV Suzuki ini. Seperti penyegaran di bagian grille, bumper, headlamp, lampu belakang, dan lekukan-lekukan pada panel body untuk memberikan kesan sporty.

Baca juga: Suzuki Ertiga 2019 Ada Fitur Baru dan Harga Naik

Fitur yang disematkan pada All New Suzuki Ertiga tergolong mumpuni. Ada fitur anti-lock braking system (ABS), electronic brake-force distribution (EBD), dual airbags, dan kursi ISOFIX. Sementara untuk tipe tertinggi, Ertiga GX-ESP dilengkapi dengan fitur electronic stability program (ESP).

Di samping itu tipe GL dan GX juga mendapatkan pembaruan. Pada tipe GL ubahan yang diberikan Suzuki tergolong minim. Suzuki hanya menambahkan lampu kabut atau foglamp di sisi front end exterior.

Di sisi interior Suzuki menghadirkan pegangan tangan penumpang yang diletakkan di tepian plafon mobil (assist grip foldable) di baris pertama dan kedua. Lalu pada baris ketiga disematkan fixed assist grip.

Khusus tipe GX mempunyai semua tawaran dari tipe GL. Akan tetapi Suzuki menambahkan velg desain baru dengan laburan dual-tone di sisi eksterior. Sedangkan di sisi interior varian ini dilengkapi dengan head unit layar sentuh. Suzuki juga menyertakan fitur pengaturan AC dengan Auto Climate plus fungsi pemanas.

Fitur terakhir yang disematkan pada tipe ini adalah rear defogger untuk mencegah timbulnya embun di kaca belakang. Juga terdapat fitur wiring harness yang bertujuan memudahkan pemasangan kamera belakang after market.

Dengan beberapa keunggulan tersebut, Suzuki Ertiga ditawarkan dengan harga mulai Rp 196 juta untuk tipe GA M/T. sedangkan harga Suzuki Ertiga varian tertinggi saat ini, GX A/T mencapai Rp 240 juta.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply