Kenalan dengan Mazda CX-30, SUV Baru Saudara CX-3 dan CX-5

Loading...

Mazda CX-30, Sebelumnya tersiar kabar bahwa salah satu merek mobil ternama asal Jepang, Mazda tengah menyiapkan mobil baru. Sebelumnya ada yang menduga bahwa mobil Mazda terbaru itu tidak lain adalah CX-3 generasi terbaru atau CX-4. Akan tetapi pada Geneva International Motor Show 2019 bukan dua mobil itu yang hadir, melainkan Mazda CX-30.

Loading...

Mobil ini sepenuhnya baru dan digadang-gadang berada di antara Mazda CX-3 dan CX-5. Mobil ini menjadi senjata andalan baru Mazda dengan dukungan mesin Skyactiv-X. Kabar baiknya mobil SUV baru ini akan dipasarkan secara global.

Menurut informasi dari Newspress UK, Mazda CX-30 mempunyai dimensi yang tanggung. Panjangnya mencapai 4.395 mm, dengan lebar 1.795 mm dan tinggi 1.540 mm. lalu jarak sumbu rodanya (wheelbase) mencapai 2.655 mm.

Dimensi tersebut tepat di tengah-tengah kedua SUV Mazda yang sudah lebih dulu hadir di pasaran. Untuk pembanding, Mazda CX-3 mempunyai panjang 4.275 mm, lebar 1.765 mm, tinggi 1.535 mm dan wheelbase 2.570 mm. lalu untuk dimensi panjang Mazda CX-5 mencapai 4.550 mm, dengan lebar 1.840 mm, tinggi mencapai 1.675 mm dan jarak poros roda 2.700 mm.

Lalu mengapa tidak disebut Mazda CX-4 saja seperti yang diduga beberapa pihak sebelumnya? Alasannya tidak lain karena model ini sudah ada di pasar Cina. Dimensi mobil Mazda ini juga mirip dengan CX-5.

Melihat tampilan luarnya, Mazda CX-30 hadir dengan sentuhan desain Kodo versi 2.0 yang merupakan penyempurnaan bahasa desain khas Mazda itu. Kunci dari desain ini adalah bermain dengan ruang kosong, lekukan, cahaya dan bayangan. Artinya desain pada bodi seolah berubah saat mobil bergerak atau ketika terkena pancaran cahaya saat bergerak.

Baca juga: Detail Spesifikasi Mazda3 2019, Lebih Canggih!

Di sisi depan mobil ini menawarkan desain yang khas. Yakni grille besar berpola seperti anyaman berwarna hitam. Lalu di bagian tengah terdapat logo Mazda yang dibuat seakan-akan mengambang. Mazda juga menyematkan lampu sipit dengan desain tegas yang menemani grille khas itu, terhubung dengan aksen silver sebagai bingkai bawah grille. Sementara di bagian bumper terdapat lampu LED yang fungsinya untuk lampu kabut.

Sekeliling bodi bagian bawah mobil baru ini mendapat sentuhan aksen hitam yang menyambung dengan bumper depan dan belakang. Sementara bagian kaca samping dibingkai krom di bagian bawahnya. Untuk lekukan bodi samping dibuat sedemikian rupa sehingga semakin menegaskan bahasa desain Kodo 2.0 yang dibawa CX-30. Untuk sektor roda terdapat dua opsi, yakni 16 inci atau 18 inci, tergantung dari varian yang dipilih calon konsumen.

Desain pilar C di bagian belakang dibuat menyempit, sementara atap belakang tidak terlalu landai. Alhasil tampilan belakang Mazda CX-30 sedikit bergaya coupe. Untuk memudahkan pengguna pintu bagasi mobil ini sudah otomatis dan mempunyai bagasi dengan kapasitas 430 liter.

Di sisi interior, Mazda CX-30 menawarkan dashboard dengan desain layaknya milik Mazda3 terbaru. Akan tetapi terdapat sedikit perbedaan di bagian atasnya. Kelengkapan mobil ini seperti mobil Mazda lainnya.

Terdapat layar infotainment berukuran 8,8 inci yang berada di tengah dashboard. Juga terdapat sistem MZD Connect dengan dukungan 8 speaker atau 12 speaker buatan Bose.

Lalu untuk fitur keselamatan Mazda menyertakan 7 kantong udara dan paket Mazda i-Activsense yang terdiri dari Driver Monitoring System, Front Cross Traffic Alert dan Cruising & Traffic Support. Fitur-fitur tersebut juga sudah dimiliki Mazda 3 terbaru.

Melirik dapur pacunya, Mazda membenamkan pilihan mesin Skyactiv-X. Selain itu terdapat mesin diesel dan bensin, yang dipadukan dengan sistem mild hybrid 24-volt. Opsi transmisinya juga tak berbeda, yakni manual dan otomatis 6-percepatan. Lalu sistem penggeraknya tersedia dalam versi empat roda (AWD). Juga tersemat fitur pemandu kendali, G-Vectoring Control Plus (GVC Plus) yang menjadi standar.

Akira Marumoto, President & CEO Mazda Motor Corporation menerangkan bahwa pengembangan SUV baru Mazda ini berdasarkan kebutuhan sehari-hari konsumen mereka. Ia menilai model ini akan menjadi salah satu kunci penetrasi global dan menawarkan kesenangan berkendara yang mapan lewat Kodo Design kepada pelanggan di seluruh dunia.

“Melaju ke depan, produk dan teknologi terbaru kamu akan memastikan konsumen melihat nilai yang akan didapat ketika memiliki mobil Mazda. Kami bertekad untuk memiliki ikatan yang kuat antara pelanggan dengan merek ini,” jelasnya, mengutip dari laman Medcom.

Saat ini Mazda CX-30 sedang dalam tahap perkenalan. Rencananya mobil baru ini akan dirilis di Eropa pada pertengahan 2019 mendatang.

Loading...