Honda Civic Type R Hybrid Disiapkan

Loading...

Honda Civic Type R, Agar tidak ketinggalan zaman, beberapa pabrikan otomotif mulai menatap kendaraan listrik yang dinilai lebih ramah lingkungan. Hal ini juga dilakukan oleh Honda. Kini giliran hot hatches Honda, Civic Type R yang menjadi fokus. Pabrikan mobil asal Negeri Matahari Terbit itu berencana untuk menyematkan powertrain hybrid ke dalam mobil tersebut.

Loading...

Hal ini merupakan bagian dari strategi elektrifikasi yang diumumkan di pameran otomotif Geneva Motor Show yang berlangsung di Jenewa, Swiss. Disebutkan bahwa Honda ingin membuat penjualan Eropa sepenuhnya berlistrik pada tahun 2025 mendatang.

Untuk diketahui, mobil Honda berperforma tinggi itu dipasarkan dengan memakai mesin berkapasitas 2,0 liter plus peranti turbocharger. Hanya saja beberapa negara di dunia mulai menerapkan standar emisi yang ketat. Maka dari itu beberapa pabrikan mobil sport memilih untuk mengembangkan teknologi ramah lingkungan seperti hybrid.

“Sejak kami membuat janji pertama pada Maret 2017, pergeseran menuju elektrifikasi telah semakin berkembang pesat. Tantangan lingkungan terus mendorong permintaan untuk mobilitas yang lebih bersih,” terang Tom Gardner, Senior Vice President Honda Europe, mengutip dari detikOto.

“Teknologi terus bergerak tanpa henti dan orang-orang mulai mengubah pandangan mereka tentang mobil itu sendiri,” sambungnya.

Sementara itu Dave Hodgetts, Managing Director Honda UK mengungkapkan bahwa keputusan tersebut kemungkinan dibantu oleh kesuksesan Honda CR-V Hybrid yang baru saja dirilis di pasaran.

Untuk informasi, di Inggris mobil Honda itu dapat menyumbang 60% dari keseluruhan penjualan SUV kompak. Sebelumnya diesel yang tak lagi ditawarkan merupakan dua pertiga dari penjualan Honda CR-V.

Baca juga: Detail dan Harga Honda Civic Turbo 2019 Indonesia

Pengumuman tersebut bersamaan dengan konsep mobil Honda Urban EV yang sekaligus mendemonstrasikan visi Honda mengenai kendaraan elektrik di masa depan, dengan komitmen bahwa dua pertiga penjualan Honda di Eropa akan terdiri dari mobil listrik pada tahun 2025 di seluruh dunia.

Sementara itu Honda berencana menutup pabriknya yang berada di Swindon, Inggris. Penutupan ini nantinya akan berdampak pada suplai yang ada di wilayah Eropa, khususnya Honda Civic Type R. hanya saja Honda Jepang belum mengkonfirmasi langkah ke depan mengenai suplai produk saat pabrik Honda berhenti produksi. Kemungkinan Honda akan mengimpor dari negara asalnya atau suplai dari Eropa lainnya.

Takahiro Hachigo, Presiden Direktur dan CEO Honda mengungkapkan penutupan pabrik di Swindon tak ada hubungannya dengan Brexit, melainkan sebagai langkah mempercepat produksi kendaraan-kendaraan listriknya.

Honda Civic R sendiri juga dijual di Indonesia dengan status impor Completely Built Up (CBU). Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM, Jonfis Fandy menerangkan Civic Type R hingga saat ini masih dapat dipesan.

“Type R sampai dengan saat ini masih bisa dipesan walau jumlah masih terbatas,” ungkapnya, sebagaimana dilansir dari CNN Indonesia.

Honda Civic Type R dirilis Honda Prospect Motor (HPM) pada Agustus 2017. Di Indonesia mobil ini menjadi mobil termahal yang pernah dipasarkan HPM. Saat ini harga Honda Civic Type R menembus angka Rp 1,03 miliar.

Loading...