Bocoran Harga Suzuki Ertiga Sport 2019, Ini yang Berubah

Loading...

Suzuki Ertiga, Para penggemar MPV, khususnya Suzuki Ertiga tengah menanti kehadiran varian baru salah satu mobil kebanggaan Suzuki itu. Rencananya mobil baru ini akan dirilis dalam waktu dekat, tepatnya 22 Maret mendatang. Menjelang peluncurannya, bocoran seputar model terbaru Suzuki Ertiga ini beredar di dunia maya.

Loading...

Salah satunya berasal dari akun Aby Sakha di grup Facebook, Suzuki Ertiga Club Indonesia. Ia mengunggah tiga foto dari mobil yang diduga Suzuki Ertiga Sport. Dua di antaranya berupa detail dari mobil ini yang dijelaskan secara jelas. Sedangkan sisanya merupakan surat internal dari Suzuki untuk diler resmi, lengkap dengan daftar lengkap ubahan dan harga.

Seperti yang diketahui, Suzuki Ertiga varian GX ESP sudah ditarik oleh pabrikan sebelumnya. Maka dari itu diperkirakan Ertiga Sport hadir untuk menggantikan varian tersebut.

Dalam surat internal dikatakan bahwa Suzuki Ertiga Sport memiliki dua pilihan transmisi, yakni manual dan otomatis konvensional (AT). Lantas bagaimana dengan harga mobil baru Suzuki ini?

Menurut sumber yang sama, harga Suzuki Ertiga Sport versi manual mencapai Rp 241 juta. Sedangkan untuk versi transmisi otomatis dibanderol Rp 251,5 juta. Tampilan mobil Suzuki ini tidak jauh berbeda dengan Ertiga konsep yang pernah dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

hanya saja terdapat sedikit perbedaan antara versi konsep dengan Ertiga Sport. Suzuki menyematkan beberapa aksesori tambahan pada Ertiga Sport. Komponen ini sebenarnya sudah dipasarkan oleh Suzuki sebagai aksesori.

Dijelaskan bahwa ada 14 perangkat baru yang meliputi eksterior, interior dan fitur pendukung pengendaraan. Di bagian depan terdapat grille atas dan bawah yang diubah dengan kisi-kisi yang lebih rapat. Juga hadir daytime running light (DRL) yang dipertegas dengan lis krom, berbeda dengan versi konsep yang dilabur dengan warna hitam.

Lalu sisi samping dipermanis dengan side under spoiler untuk menghadirkan kesan sporty. Sementara bagian belakang juga tak luput dari revisi. Suzuki menyertakan rear upper spoiler, emblem Suzuki Sport dan rear under sopiler yang sekaligus memperkuat kesan sporty dari mobil MPV Suzuki ini. Sebagai tambahan mobil ini juga membawa fitur rear defogger dan kamera belakang.

Baca juga: Suzuki Ertiga 2019 Ada Fitur Baru dan Harga Naik

Berpindah ke bagian interior, kesan sporty juga terlihat jelas dari pemilihan warna hitam yang meliputi dashboard dan jok. Juga terdapat aksen kayu yang membuat kesan elegan mencuat dari kabin Ertiga Sport.

Suzuki menyematkan head unit ayar sentuh berukuran 6,8 inci yang dihiasi dengan flat garnish black piano. Di samping itu terdapat digital auto climate untuk menunjang kenyamanan pengguna. Mobil Suzuki ini juga dilengkapi dengan ESP atau electronic stability control yang dapat membuat mobil stabil ketika dikendarai.

Hanya saja sampai saat ini tidak ada komentar dari Suzuki mengenai kabar tersebut. Menariknya rupanya calon konsumen yang tertarik untuk membeli model ini sudah bisa melakukan pemesanan. Menurut informasi dari laman Suara, salah seorang tenaga penjual menerangkan konsumen bisa melakukan booking fee untuk di-listing.

“Booking fee dahulu, Rp 500 ribu untuk isi daftar. Nanti bila ada informasi untuk tambah Rp 5 juta dari kepala cabang, tinggal ditambah saja,” ungkapnya.

Meski begitu ia belum dapat memastikan berapa harga Suzuki ertiga Sport ini. Menurutnya harga resmi baru akan diinformasikan pada saat peluncuran nanti.

Terlepas dari hal tersebut kehadiran Suzuki Ertiga Sport bisa menjadi bekal PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk memperkuat penjualan Ertiga yang saat ini menjadi salah satu andalannya.

Persaingan Low MPV belakangan ini tampak lebih panas dari sebelumnya. Hadirnya pesaing baru membuat kompetisi di segmen mobil sejuta umat ini semakin memanas. Belum lagi keputusan pemain-pemain lama yang memperbarui diri sehingga tetap sejalan dengan tren pasar saat ini.

Sementara itu, dalam data distribusi wholesales (dari pabrik ke diler) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Januari 2019, Ertiga hanya membukukan penjualan 894 unit. Padahal di tahun sebelumnya angka penjualan mobil Suzuki ini berada di kisaran 2.700-an unit.

Loading...