Nissan Serena 2019 vs Toyota Voxy, Komparasi MPV Boxy Rp 400 Jutaan

Loading...

Nissan Serena, Nissan Motor Indonesia (NMI) menghadirkan pembaruan untuk salah satu MPV andalannya, Serena. Mobil baru Nissan ini pada dasarnya mengusung desain yang tidak berubah drastis dibanding model sebelumnya. Begitu juga dengan dapur pacu yang masih sama dengan model lama.

Loading...

Akan tetapi mobil Nissan ini mendapat sejumlah pembaruan yang menarik hati. Nissan Serena Highway Star kini dilengkapi dengan fitur-fitur baru yang membuatnya lebih canggih dari model pendahulunya.

Fitur-fitur tersebut diantaranya intelligent sliding door yang menjadi pertama di kelasnya, layar sentuh tujuh inci ganda untuk head unit dan multi information display, juga kenyamanan yang lebih baik untuk pengemudi maupun penumpang.

Nissan Serena 2019 hadir untuk menantang Toyota Voxy di kelas medium MPV boxy dengan pintu geser. untuk menghadapi rivalnya, Nissan Serena dijual dalam dua tipe, yakni Nissan Serena X dengan harga Rp 448 juta dan Nissan Serena Highway Star yang dibanderol Rp 465 juta. Lain halnya dengan Toyota Voxy yang hanya mempunyai satu tipe dengan banderol harga Rp 462 juta.

Bagaimana komparasi dua mobil MPV ini? Mana yang lebih menarik untuk dibeli?

Persamaan kedua mobil ini tentu saja terletak pada desainnya yang dibuat mengotak. keduanya juga menawarkan desain yang modern dengan ciri khas tersendiri. Tidak hanya itu, Serena juga mengusung headlamp dengan konsep double layer seperti Voxy. Desain seperti ini juga bisa kita temui pada duo MPV Avanza-Xenia.

Untuk memudahkan konsumen, Nissan menyematkan fitur intelligent sliding door pada mobil barunya yang dapat dioperasikan tanpa perlu menyentuh tuas. Lewat fitur ini penumpang cukup membuka dengan menggerakkan satu kaki di bawah pintu geser yang sudah terdapat foot sensor.

Baca juga: Spesifikasi Toyota Voxy Indonesia

Sedangkan Toyota Voxy dibekali dengan mode elektrik untuk membuka pintu geser dan didukung dengan fitur jam protection. Di sisi lain Nissan Serena mempunyai fitur intelligent around view monitor yang akan memudahkan pengemudi ketika memarkir mobil dengan bantuan empat kamera. Sementara pada Toyota Voxy hanya dibekali rear & corner sensor dengan parking camera dynamic back guide monitor.

Tidak berhenti sampai di situ, Nissan Serena terbaru juga mempunyai roof mount monitor. Hanya saja mobil Nissan ini belum dilengkapi dengan fitur moon roof. Berbeda dengan Toyota Voxy yang sudah mengusung fitur tersebut sehingga meningkatkan kesan mewah di sisi interior.

Fitur penunjang keselamatan dan berkendara juga menarik untuk dibahas. Nissan Serena yang berstatus sebagai produk baru rupanya belum mempunyai fitur vehicle stability control (VSC) dan hill start assist. Padahal Toyota Voxy yang sudah hadir lebih dulu di Indonesia sudah membawa fitur tersebut. Akan tetapi sebagai gantinya Serena mempunyai airbag yang lengkap dari depan hingga samping.

Melirik dapur pacunya, Nissan Serena maupun Toyota Voxy dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 2.000 cc. Mesin ini dikombinasikan dengan sistem transmisi CVT. pada Nissan Serena mempunyai tenaga puncak 150 PS dan torsi maksimum 19,9 kgm. Pada Toyota Voxy output dayanya 152 PS dengan torsi 19,7 Kgm.

Baik Toyota Voxy maupun Nissan Serena sama-sama mempunyai kelebihan dan kekurangan. Nissan Serena punya dua tipe yang bisa dipilih. Sedangkan Toyota Voxy hanya punya satu tipe, namun mempunyai fitur yang bersaing dan harga yang lebih terjangkau Rp 3 juta dari Serena varian tertinggi. Tinggal pilih mana yang sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Loading...