Home Mobil Tips Membeli Mobil SUV Baru, Cermati Beberapa Hal Ini

Tips Membeli Mobil SUV Baru, Cermati Beberapa Hal Ini

0 167

Mobil SUV, Belakangan ini masyarakat cenderung menyukai mobil Sport Utility Vehicle (SUV) ketimbang mobil jenis lainnya. Bukan tanpa alasan, SUV mempunyai beberapa keunggulan. Seperti dimensi yang besar, ground clearance tinggi ataupun tampilan yang terlihat lebih gagah.

Oleh karena itu ada cukup banyak pilihan SUV yang hadir di Indonesia. Mulai dari Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda HR-V hingga Mitsubishi Pajero Sport. Tidak berhenti sampai di situ, merek otomotif asal Cina juga tak mau ketinggalan menghadirkan SUV andalannya, seperti Wuling Almaz dan DFSK Glory 580.

Bila Anda berminat membeli mobil SUV baru, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan terlebih dahulu. Seperti pengendalian, mesin, fitur dan juga harganya. Berikut adalah panduan yang bisa Anda simak ketika ingin membeli SUV.

Pengendaraan dan Pengendalian

Ada anggapan bahwa SUV itu limbung, terlebih SUV perkotaan. Mobil jenis ini memang dirancang dengan ground clearance yang tinggi untuk menangani medan yang berat. Dan biasanya mobil tinggi lebih terasa limbung. Akan tetapi anggapan ini tidak selalu benar.

Efek limbung ini dapat diakali dengan pemakaian platform monokok, di mana bodi dan sasis menjadi satu. SUV kelas medium biasanya menggunakan platform seperti ini. Berbeda dengan mobil yang lebih besar seperti Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero Sport. Mobil ini masih mengandalkan ladder frame dengan bodi ditempelkan di atasnya.

Tidak hanya platform-nya saja, konstruksi suspensi juga ikut mempengaruhi. Jika SUV zaman dulu selalu dipasang per daun keras untuk ketangguhan, teknologi saat ini sudah memungkinkan pabrikan memakai suspensi independen yang juga memiliki ketangguhan dan juga kenyamanan. Meski diakali dengan berbagai cara, untuk saat ini gejala limbung yang lazim dirasakan pada mobil berdimensi tinggi belum bisa hilang sepenuhnya.

Pengendalian SUV juga semakin presisi dengan desain sistem kemudi yang juga semakin kompleks. Di sisi lain bobot kemudi SUV perkotaan modern sudah lebih presisi dan tidak lagi berat ketika digerakkan.

Mesin

Pada awal kehadirannya SUV dikenal boros. Dan anggapan ini masih bertahan sampai sekarang. Akan tetapi bukan berarti SUV selamanya boros. Sebab belakangan ini banyak beredar di pasaran SUV bermesin 1,5 liter dengan tambahan peranti turbocharger. Alhasil performa dapur pacu ini setara dengan mesin berkapasitas 1,8 liter atau 2,0 liter.

Dengan kapasitas yang lebih kecil, konsumsi bahan bakar bisa ditekan. Sedangkan turbocharger mendongkrak performanya. Misalnya mesin Honda CR-V dengan konfigurasi semacam itu dapat menghasilkan tenaga sebesar 190 PS dan torsi maksimum 240 Nm. Selain itu juga ada DFSK Glory 580 yang memiliki daya puncak 150 PS dan torsi 220 Nm, atau Wuling Almaz yang dapat meraih tenaga 142 PS dan torsi terbesar, 250 Nm.

Tidak berhenti sampai di situ, juga ada Nissan XTrail dengan varian hybrid bermesin 2,0 liter. Output daya mobil Nissan ini mencapai 179 PS dengan torsi maksimum 200 Nm. Hanya saja kehadiran teknologi ini membuat harga jual SUV tersebut cukup tinggi. Di samping itu sistem kerjanya juga rumit.

Fitur

Mengenai fitur, semakin lengkap fitur yang disematkan pada SUV maka harganya juga semakin mahal. Akan tetapi tampaknya hal seperti ini tidak berlaku pada SUV asal Cina, seperti DFSK Glory 580 dan Wuling Almaz. Kedua mobil ini menawarkan kualitas yang setara dengan merek Jepang yang sudah lama ada di Indonesia.

Baca juga: Harga Mobil Low SUV Lengkap 2019

Glory 580 dengan dukungan mesin 1,5 liter turbo dijual Rp 308 juta on the road DKI Jakarta untuk varian tertinggi. Sementara harga Wuling Almaz Rp 318 jutaan. Sementara harga Honda CR-V di Indonesia menembus angka Rp 430 jutaan.

SUV Cina bisa menjadi pilihan menarik untuk Anda yang ingin memiliki mobil SUV dengan harga terjangkau namun tetap berkualitas dan punya fitur lengkap. Untuk diketahui, SUV asal Tirai Bambu itu memiliki fitur Cruise control, panoramic sunroof, electronic parking brake dan lain sebagainya. Pada Wuling Almaz juga terdapat layar monitor 10,4 inci yang terintegrasi dengan semua kendali AC.

Layar ini juga berisi beragam kemampuan infotainment. Ini merupakan pertama kalinya ada mobil produksi massal yang memiliki fitur tersebut. Dengan fitur canggih ini dashboard menjadi terlihat lebih rapi dan modern.

Sebagai referensi tambahan, Toyota Rush yang menempati segmen low SUV dibanderol dengan harga mulai Rp 244 jutaan sampai dengan Rp 265 jutaan untuk varian tertinggi. Mobil ini memiliki beberapa fitur menarik, seperti AC double blower, pengaturan audio di setir kemudi, fitur hiburan 7 inci dengan audio 6/8 speaker, keyless plus push start button dan juga smart entry.

Di samping itu juga ada Honda HR-V yang merupakan crossover andalan Honda. Harga mobil Honda ini mulai Rp 281 juta sampai Rp 314 juta untuk tipe mesin 1,5 liter. Selain itu ada varian bermesin 1,8 liter yang dipatok Rp 396 jutaan.

Honda HR-V 1.5 dibekali dengan fitur Hill Start Assist (HSA), Auto Brake Hold, Electronic Parking Brake, Brake Override System, Vehicle Stability Assist (VSA) dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, juga terdapat fitur cruise control, ignition system dan monitor baru berukuran 8 inci dengan model floating.

Khusus Honda HR-V 1.8 menawarkan tenaga yang lebih besar. Di samping itu mobil ini memiliki semua fitur yang ada pada varian 1.5L. ditambah dengan panoramic roof yang bisa dibuka, 6 airbag dan warna satu bodi.

Selain SUV Cina, Toyota Rush dan Honda HR-V juga masih ada banyak pilihan SUV lainnya yang tak kalah menarik. Seperti Daihatsu Terios Suzuki SX4 S-Cross, Chevrolet Trax, Honda BR-V, Nissan Juke dan lain sebagainya. Anda bisa mencermati spesifikasi, fitur, harga dan plus-minus masing-masing model dan menentukan mana yang sesuai dengan karakter Anda.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply