Detail dan Harga Suzuki Katana, Motor Sport Seharga Mobil

Loading...

Suzuki Katana, Pabrikan otomotif ternama asal Jepang, Suzuki meluncurkan motor sport besar bernama Katana tahun lalu. Baru-baru ini Suzuki mengumumkan harga motor terbarunya. Di Britania Raya, harga Suzuki Katana mencapai £ 11.399 atau sekitar Rp 216 jutaan. Banderol harga tersebut membuat motor baru Suzuki ini setara dengan mobil low MPV seperti Mitsubishi Xpander.

Loading...

Akan tetapi banderol harga tersebut bukan tanpa sebab. Ada beberapa tawaran dari Suzuki Katana. Seperti pada desain historical yang diusung motor baru ini.

Kesan modern dan futuristik tidak terlalu tampak pad motor ini. Suzuki memilih untuk mengadopsi desain motor di era 1980-an. Melihat bodinya, terdapat fairing tanggung yang menghiasi Katana. Juga terdapat lampu utama LED dengan desain kotak. Lalu bagian bodi dibuat ramping. Untuk informasi, di beberapa negara tampilan yang dibawa Suzuki Katana ini disebut Bruiser.

Suzuki Katana dirancang oleh Rodolfo Frascoli yang merupakan desainer Italia terkenal. Ia memodernisasi desain Katana dengan mengambil gaya dari ikon tahun 1980-an yang klasik. Desain motor ini juga tak terlepas dari konsep Suzuki Stratosphere dan Katana 3.0 yang sempat dipamerkan pada EICMA 2017.

Suzuki Katana dirancang dengan memanfaatkan basis Suzuki GSX-S/R1000 yang menjadi salah satu motor sport andalan Suzuki. Tak heran jika kode motor baru Suzuki itu mirip, yakni GSX-S1000SMO. Begitu juga dengan mesin, sasis dan juga kaki-kaki yang mirip.

Sementara rangka balok ganda berbahan alloy, swingarm, suspensi depan upside down hingga rem Brembo dengan kaliper radial milik Suzuki Katana juga mirip dengan saudaranya. Hanya saja bobot motor ini lebih berat 6 kg dari Suzuki GSX-S1000. Padahal motor ini memiliki bodi yang tergolong ramping. Selain itu kapasitas tangki bahan bakarnya juga dipangkas menjadi 12 liter saja.

Ban depan motor ini berukuran 120/70ZR17M/C (58W) dan belakang 190/50ZR17M/C (73W). Di bagian depan terdapat dua rem cakram. Sedangkan di bagian belakang hanya 1 cakram.

Baca juga: Motor Sport Suzuki 250 cc Meluncur Pertengahan Tahun!

Motor ini dilengkapi dengan beberapa aksesori. Antara lain penampang angin, jok merah dan hitam, fender depan efek karbon dan juga penutup mesin. Selain itu juga terdapat protektor tangki, stiker pelek warna merah dan fairing meruncing, berikut jok dengan decal.

Melirik dapur pacunya, Suzuki Katana mengandalkan mesin 4 silinder segaris dengan posisi transversal. Mesin ini mempunyai kapasitas sebesar 999 cc dengan dukungan pendingin cairan. Mesin ini memiliki konfigurasi overbore, dengan bore 73,4 mm dan stroke 59 mm.

Dengan mesin tersebut Suzuki Katana dapat mengeluarkan tenaga hingga sebesar 150 PS dan torsi 108 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang lewat transmisi 6-percepaan yang memiliki kopling canggih ala Suzuki.

Sejumlah fitur pun hadir pada motor ini. Seperti tiga mode Traction Control agar motor tidak liar ketika digas. Ketiga mode tersebut adalah sporty, ideal untuk sehari-hari dan traksi maksimal ketika kondisi jalan tidak bersahabat.

Sistem kontrol traksi tiga mode tersebut dapat dimatikan. Fitur ini juga memungkinkan pengendara mengeksploitasi kinerja motor di berbagai kondisi jalan dan cuaca. Sistem akan memonitor kecepatan roda depan dan belakang, posisi throttle, posisi crank dan sensor posisi gigi secara terus-menerus.

Sistem dengan cepat akan mengurangi tenaga mesin saat wheelspin terdeteksi dengan menyesuaikan waktu pengapian dan pengiriman udara. Hal ini membantu memastikan operasi kontrol traksi lebih lancar dan intervensi yang kurang terlihat. Performa optimal, diramu dengan raungan mesin dan knalpot yang adiktif disiapkan demi menghadirkan pengendaraan yang memicu adrenalin.

Di sektor kaki-kaki, Suzuki Katana mengandalkan suspensi depan upside down dengan fork 43 mm. Selain itu shock berlabel KYB ini juga dilengkapi dengan fungsi penyetelan. Suspensi ini dapat diantur damping, rebound, kompresi hingga preload pernya.

Sementara suspensi belakang juga mengusung milik KYB, lengkap dengan pengaturan rebound dan preload. Dengan suspensi ini pengguna tidak perlu repot mengganti shock ketika ingin mengendarai Suzuki Katana di berbagai medan.

Sentuhan modern tampak di beberapa bagian. Seperti panel meter instrumen yang hadir dalam format layar digital berwarna. Berbagai informasi dapat dilihat dari layar ini. Tingkat kecerahan layar juga dapat diatur sehingga panel tetap bisa dilihat dengan jelas di siang hari.

Rem canggih buatan Brembo yang hadir pada Suzuki Katana juga dilengkapi dengan fitur Anti-lock Braking System (ABS) lansiran Bosch. Tidak hanya itu, peranti ABS yang disematkan pada motor ini diklaim merupakan salah satu yang tercanggih. Alat tersebut dapat memantau hingga 50 langkah dalam satu putaran roda. Fungsinya agar respon pada rem sangat presisi dan deselerasi ekstrem dapat tercipta dengan aman.

Suzuki UK juga menyediakan paket aksesoris untuk Katana yang meliputi fly screen; aksesoris jok berwarna merah dan hitam; mudguard depandan pelindung mesin efek karbon; tank pad, pita wheel rim, decal merah di fairing dan jok. Paket aksesori ini bernilai Rp 19 jutaan, lebih hemat Rp 7,2 jutaan dibanding membeli aksesoris tersebut satuan.

Lantas apakah Suzuki Katana ini juga akan hadir di Indonesia? Kemungkinan Suzuki Katana hadir di Indonesia terbilang kecil. Sebab Suzuki Indonesia sendiri saat ini sudah tidak memasarkan motor gede yang diimpor dari Jepang. Kalaupun nanti masuk kemungkinan hanya via importir umum.

Loading...