Mobil Proton Baru Siap Masuk Indonesia

Loading...

Mobil Proton, Proton lama tak terdengar kabarnya di Indonesia. Sudah cukup lama merek mobil asal Malaysia itu tidak menghadirkan mobil baru. Diketahui bahwa Proton terakhir menghadirkan mobil pada Februari 2017.

Loading...

Akan tetapi Proton ini menegaskan bahwa masih eksis di Indonesia. Proton mengaku sedang merestrukturisasi setelah 49,9 persen sahamnya dibeli oleh merek otomotif asal Negeri Tirai Bambu, Geely. Akan tetapi di tahun 2019 ini Proton berjanji akan menghadirkan mobil baru.

Sesuai dengan tren saat ini, Proton akan menghadirkan sebuah SUV, yakni Proton X70. Untuk diketahui, mobil ini merupakan hasil kolaborasi antara Proton dengan Geely.

“Sebagai pasar otomotif terbesar di kawasan ASEAN, Indonesia merupakan negara yang vital bagi pertumbuhan penjualan Proton. Perubahan bisnis kami tidak membuat kami menghentikan untuk mendatangkan mobil baru seperti Proton X70 di masa depan,” ungkap Steven Xu, Director of International Sales for Proton, mengutip dari laman detikOto.

Jika resmi hadir di Indonesia, mobil baru Proton itu sudah ditunggu oleh beberapa kompetitor yang sudah lama ada di Indonesia. Prton harus menghadapi ketatnya persaingan merek asal Jepang dan Korea Selatan yang mempunyai produk di beberapa segmen seperti hatchback, sedan, MPV maupun SUV. Bahkan juga ada merek otomotif asal China yang juga patut untuk diwaspadai.

Melihat posisi Proton X70, mobil ini akan berhadapan dengan Honda HR-V hingga Toyota C-HR yang mengandalkan mesin berkapasitas 1.800cc. hanya saja rival Proton tak hanya mobil yang memiliki mesin serupa, namun juga SUV lain yang sedang digemari oleh konsumen di Tanah Air.

Seperti Toyota Rush atau Daihatsu Terios. Selain itu juga ada pendatang baru Wuling Almaz atau DFSK Glory 580 yang masing-masing menawarkan keunggulan tersendiri.

Untuk menghadapi persaingan yang ketat Proton X70, membawa bekal yang cukup menjanjikan. Seperti mesin bensin berkapasitas 1,8 liter yang dipadukan dengan transmisi manual atau 6-percepatan otomatis.

Baca juga: Proton X70, Mobil SUV dengan Harga Rp 340 Juta

Fitur yang disematkan pada Proton X70 cukup beragam. Seperti 6 airbag, fitur canggih Auto Rain Sensing, Panoramic Sunroof, ABS, EBD, BA, ESC, TCS, HHA, HDC, ESS, AEB, FCW, ACC, LDW, BLIS, DOW, IHBC, TPMS, sensor kamera depan belakang, hingga immobilizer dan anti-theft alarm.

Proton X70 ditawarkan dalam empat pilihan. Seperti 1.8 TGDi Standard 2WD yang dijual RM 99.800 atau setara Rp 347 jutaan, 1.8 TGDi Executive 2WD RM 109.800 atau sekitar Rp 381 jutaan, 1.8 TGDi Executive AWD RM 115.800 atau Rp 402 jutaan, dan varian tertinggi sekaligus termahal 1.8 TGDi Premium 2WD seharga RM 123.800 atau mencapai  Rp 429 juta.

Bila hadir di Indonesia, Proton harus menawarkan produk yang bersaing dari segi harga dan juga fitur. Selain itu yang tak kalah penting adalah layanan purna jual dari mobil Proton, tak terkecuali untuk model X70.

Ketahanan mobil untuk jangka panjang juga akan menentukan minat konsumen pada Proton X70. Mengingat persaingan pasar mobil Indonesia yang semakin sengit, penting bagi Proton untuk menyiapkan strategi terbaiknya agar bisa semakin eksis di Tanah Air.

Loading...