Home Auto News Motor Trail Suzuki 150cc, Spyshot dan Kisaran Harganya

Motor Trail Suzuki 150cc, Spyshot dan Kisaran Harganya

0 122

Motor Trail Suzuki, Suzuki tampaknya akan lebih agresif tahun ini dengan menghadirkan sejumlah motor baru. Beberapa di antaranya mulai terkuak identitasnya, seperti motor trail Suzuki yang kabarnya akan mengusung nama Suzuki DR150.

Beberapa informasi seputar motor dual purpose tersebut mulai bocor di dunia maya, termasuk tampilannya. Salah seorang netizen, Habibie baru saja mengedarkan foto-foto motor Suzuki terbaru yang akan terjun di segmen motor trail.

“Ini kayaknya motor dual purpose Suzuki. Ketemu di Cimanggis. Mirip motor yang dipakai Brimob ya?” jelas Habibie, dikutip dari detikOto.

Untuk diketahui, Suzuki sendiri sebenarnya mempunyai motor trail di Indonesia. Hanya saja motor tersebut tidak dijual untuk umum, khusus untuk Brimob. Motor trail Suzuki yang dipakai Brimob adalah Suzuki DR200S.

Akan tetapi melihat spyshot yang beredar, diduga kuat motor tersebut adalah motor dual purpose terbaru Suzuki yang kabarnya bernama DR150. Suzuki DR150 ini kabarnya merupakan versi rebadge dari motor dual purpose yang dijual di hina dengan nama Haojue NK150.

Haojue dan Suzuki diketahui sering berbagi motor. Seperti Haojue DR300 yang dikembangkan dari basis Suzuki Gixxer 250.

“Knalpotnya dekat jok belakang. Layarnya (speedometer) udah digital. Tapi kayaknya sih ini motor dual purpose ya bukan motor trail. Ban paculnya kurang tebal,” ungkap Habibie.

Spyshot Suzuki DR150 (img: DetikOto)

Uzuki DR150 mempunyai desain yang berbeda dibanding motor trail pada umumnya. Berdasarkan foto spyshot, motor ini mengusung garpu suspensi teleskopik dengan travel yang cukup panjang. Untuk memperkuat kesan adventure, juga terdapat karet boot. Selaiin itu juga terdapat bracket boks.

Sudah Terdaftar dengan Nama DR150

Calon motor baru PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) ini rupanya juga sudah terdaftar dalam Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD). Dari situs resmi BPRD, motor tersebut didaftarkan dengan nama DR150.

Diketahui Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Suzuki DR150 ini mencapai Rp 23,5 juta. Hanya saja sampai saat ini pihak Suzuki Indonesia belum bersedia berkomentar mengenai hal tersebut.

Baca juga: Motor Suzuki Terbaru Segera Rilis, Masuk Segmen Adventure

Melihat NJKB motor baru Suzuki itu, bisa jadi harga resminya nanti akan bersaing dengan kompetitor. Untuk informasi, harga Kawasaki KLX150 di Indonesia menapai Rp 29,5 juta. Sedangkan harga Honda CRF150L menapai Rp 32,6 juta on the road (OTR) Jakarta.

Sementara itu, sumber internal situs otomotif Oto tidak menampik perihal kehadiran motor trail Suzuki itu. Motor ini akan dirilis tahun ini dan sedang dalam tahap persiapan. Hanya saja tidak disebutkan kapan motor tersebut dirilis.

Spesifikasi

Jika benar Suzuki DR150 merupakan rebadge dari Haojue NK150, maka spesifikasinya pun tentu akan mirip. Motor ini pertama kali dipamerkan di China International Motorcycle Industri Expo tahun lalu.

Haojue NK150 mempunyai panjang 2.070 mm, dengan lebar 825 mm dan tinggi mencapai 1.165 mm. Jarak sumbu roda atau wheelbase motor ini 1.360 mm, sementara bobotnya 137 kg.

Motor ini mengusung panel instrumen digital. Sementara untuk pengereman memakai cakram di depan dan tromol di belakang. Roda depan berukuran 90/90 dengan ring 19 dan bagian belakang 110/90 dengan ring 17.

Untuk dapur pacunya motor dual purpose ini memakai mesin berkapasitas 150 cc 4-angkah fuel injection dengan rasio kompresi 9,65:1. Diameter langkah mesin ini 57,3 x 57,8 mm. Mesin tersebut dapat mengeluarkan tenaga sebesar 12,3 PS pada putaran 7.500 rpm dengan torsi maksimum 12,7 Nm pada 6.000 rpm.

Untuk menunjang daya jelajahnya, motor tersebut dibekali dengan tangki bahan bakar berkapasitas 12,2 liter. Alhasil pengendara bisa berkendara lebih jauh tanpa perlu mengisi BBM berulangkali.

Pasar motor dual purpose bermesin 150 cc di Indonesia terbilang menarik. Meskipun tidak sebesar motor matic, cukup banyak peminat motor petualang 150 cc. Kawasaki KLX150 menjadi yang pertama hadir di Indonesia. Baru sesudahnya Honda menyusul dengan merilis CRF150L. Tidak hanya itu, kabarnya Yamaha juga akan merilis motor trail 150 cc dengan memakai mesin sportbike andalannya, V-Ixion.

Kehadiran motor trail dual purpose Suzuki terbaru akan membuat pilihan konsumen menjadi lebih beragam. Kita tunggu saja informasi lebih lanjut dari Suzuki Indonesia terkait spesifikasi dan harga Suzuki DR150.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply