Home Auto News Suzuki Burgman 200 Siap Masuk Indonesia, Harga Rp 60 Juta?

Suzuki Burgman 200 Siap Masuk Indonesia, Harga Rp 60 Juta?

0 128

Suzuki Burgman 200, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) diketahui tengah menyiapkan beberapa motor terbarunya untuk para pecinta roda dua di Indonesia. Salah satunya yang cukup menarik untuk dinanti kehadirannya adalah Suzuki Burgman 200.

Sejauh ini Suzuki menjadi salah satu merek yang belum mempunyai produk andalan di segmen motor matic premium. Sementara rival senegaranya, Yamaha sudah lebih dulu menghadirkan NMAX, XMAX dan beberapa skuter matik premiumnya di Indonesia. Disusul Honda yang merilis PCX 150 versi lokal dan Forza.

Tak mengherankan bila Suzuki juga ingin menghadirkan motor matic premium. Terlebih peminat di segmen tersebut cukup besar. Kabar baiknya motor Suzuki terbaru dengan kode UH200 telah terdaftar di Samsat DKI Jakarta.

Kode UH200 sendiri merupakan nama lain dari Suzuki Burgman. Sedangkan angka 200 merupakan kode mengenai mesin yang dipakai skutik ini yang memiliki kapasitas sebesar 200 cc.

Hanya saja Suzuki Burgman 200 yang menjadi produk global belum mendapat penyegaran desain sejak 2017. Motor ini masih mengandalkan lampu bohlam, belum LED seperti kompetitornya.

Lantas berapa kisaran harga Suzuki Burgman 200 di Indonesia?

Menurut data di Samsat DKI Jakarta, Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Suzuki Burgman 200 mencapai Rp 46,7 juta. Perlu dicatat, harga tersebut belum termasuk pajak. Jika resmi dipasarkan nanti kemungkinan harga Suzuki Burgman 200 bisa menembus angka Rp 60 jutaan.

Diprediksi motor Suzuki terbaru ini akan didatangkan langsung atau Completely Built Up (CBU) dari Thailand. Melihat banderol harganya, sepertinya Suzuki Burgman 200 ditujukan untuk menyaingi Honda Forza atau Yamaha XMAX, bukan untuk bersaing dengan PCX 150 atau NMAX.

Baca juga: 8 Motor Suzuki Terbaru Hadir Tahun Ini?

Sebab harga Yamaha NMAX dan Honda PCX berkisar Rp 28-31 jutaan. Jauh lebih murah dari NJKB Suzuki Burgman 200.

Melihat spesifikasinya, Suzuki Burgman 200 dibekali dengan panel instrumen analog. Juga terdapat MID digital di bagian tengah. Sementara untuk sistem pencahayaan masih mengandalkan lampu bohlam.

Agar pengguna bisa membawa banyak barang sekaligus, Suzuki Burgman 200 dibekali dengan ruang penyimpanan yang besar. Kapasitasnya 7 liter di dek depan dan bagasi di bawah jok 41 liter. Untuk dek depan terdapat DC outlet 12V.

Melirik sektor kaki-kaki, Suzuki Burgman 200 memakai suspensi depan teleskopik dengan suspensi belakang dual suspension. Untuk ban depannya berukuran 110/90-13 yang ditemani ban belakang 130/70-12.

Tampilan ban yang gambot ini membuat konsep skutik touring yang dibawa Burgman semakin kental. Tidak berhenti sampai di situ, juga terdapat windshield tinggi di atas lampu utamanya. Sementara taillight motor matic ini juga dibuat melebar untuk mempertegas dimensinya yang bongsor.

Melihat jantung mekanisnya, Suzuki membenamkan mesin 1-silinder SOHC berkapasitas 200 cc liquid-cooled. Mesin ini dikombinasikan dengan tangki bahan bakar berkapasitas 10,5 liter dan sistem pengabutan bahan bakar injeksi.

Source: matic yamaha 60 juta, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply