Suzuki Baleno Jadi Hatchback Terlaris di Indonesia

Loading...

Suzuki Baleno, Walaupun segmen hatchback tidak seramai segmen LMPV, namun persaingan model yang terjun di kelas itu tampak begitu sengit. Honda Jazz yang awalnya menjadi hatchback terlaris di Indonesia harus kehilangan tahta. Sebab penjualan mobil Honda ini secara wholesales (pabrik ke diler) mengalami penurunan yang cukup besar.

Loading...

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), distribusi Honda Jazz hanya 986 unit pada Februari 2019. Padahal di bulan Januari 2019 angka penjualannya bisa menembus angka 1.423 unit.

Honda Jazz ditaklukkan oleh Suzuki Baleno yang penjualannya mengalami pertumbuhan. Pada Februari kemarin mobil Suzuki ini berhasil terjual sebanyak 1.239 unit. Angka ini melonjak tajam dari bulan sebelumnya yang hanya mencapai 19 unit.

Sementara nasib yang kurang baik juga menimpa Toyota Yaris. Mobil ini mengalami penurunan penjualan hingga lebih dari 50%. Jika pada Januari 700 unit Toyota Yaris berhasil terjual, di bulan Februari 2019 hanya terjual sebanyak 306 unit saja.

Sementara itu Mazda2 yang juga menjadi pemain di segmen hatchback terpantau stabil penjualannya. Angka distribusi mobil Mazda ini naik tipis dari 117 unit di bulan Januari 2019 menjadi 138 unit di Februari 2019.

Suzuki Baleno mengusung tiga konsep, yakni Flashy, Premium dan Comfort. Di sisi eksterior terdapat lampu Daytime Running Light (DRL), dengan headlamp HID Projector.

Baca juga: Suzuki Baleno Hatchback vs Honda Jazz, Pilih yang Mana?

Di sisi interior mobil ini juga menawarkan kabin yang cukup lapang dan fungsional.  Mobil ini juga mengadopsi teknologi TECT Body dan platform HEARTECT yang diklaim dapat menambah kelincahan ketika dipakai berkendara.

Di sisi kemudi terdapat fitur pengontrol AC, audio dan pemantauan layar dashboard. Selain itu juga terdapat fitur audio Switch Control dan Bluetooth Phone Connection yang memungkinkan pengguna memutar musik tanpa perlu melepas tangan dari kemudi.

Juga hadir sistem audio 2DIN dengan fitur AM/FM, kemampuan memutar audio CD/MP3 dan dukungan konektivitas USB. Di samping itu hadir juga empat speaker dan dua tweeter. Suzuki Baleno juga mempunyai meter cluster LCD 4,2 inci yang memuat informasi mencakup Gear Position Indicator, Jam, Average Fuel Consumption, Driving time, Fuel Consumption, Torsi & Power, dan Door Open Indicator.

Di sektor mesin Suzuki Baleno mengandalkan mesin K14B empat silinder berkapasitas 1.373 cc, VVT, DOHC. Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga 92,4 PS pada 6.000 rpm dan torsi 130 Nm pada 4.200 rpm.

Harga Suzuki Baleno di Indonesia mulai Rp 213 juta untuk versi manual hingga Rp 225 jutaan untuk versi otomatis. Lebih terjangkau dari Honda Jazz yang dibanderol mulai Rp 237 jutaan sampai dengan Rp 277 jutaan ataupun Toyota Yaris yang dipatok mulai Rp 238 jutaan sampai Rp 278 jutaan. Sementara harga Mazda2 cukup tinggi, yakni Rp 276 jutaan smapai Rp 313 jutaan.

Loading...