Home Auto News Suzuki Ertiga Sport 2019, Harga dan Detail Spesifikasi

Suzuki Ertiga Sport 2019, Harga dan Detail Spesifikasi

0 298

Suzuki Ertiga Sport, Sesuai dengan janjinya, akhirnya PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menghadirkan Ertiga Sport di Indonesia. Langkah Suzuki menghadirkan mobil baru ini bukanlah sesuatu yang aneh. Seperti yang diketahui, persaingan di segmen Low MPV semakin sengit.

Masing-masing pabrikan berupaya untuk menghadirkan mobil keluarga dengan harga yang masuk akal dan fitur yang bisa diandalkan. Beberapa model juga mendapat pembaruan untuk mempertahankan eksistensinya di tengah ketatnya persaingan pasar LMPV.

Suzuki Ertiga Sport hadir dengan tampilan yang lebih sporty, sesuai dengan namanya. Mobil berlogo S ini dibekali dengan bodykit di seluruh bodi. Mulai dari front under spoiler, side under spoiler, rear under spoiler dan rear upper spoiler. Di samping itu juga terdapat grille bertema hitam yang semakin mempertegas perbedaan varian ini dengan Ertiga varian lainnya yang sudah lebih dulu hadir.

Ertiga Sport juga mempunyai fitur lampu berkendara siang hari atau daytime running lights (DRL) LED. Untuk mempertegas identitasnya, terdapat logo Suzuki Sport di pintu belakang dan beberapa titik di bagian body kit.

Selain yang disebutkan di atas, tidak ada lagi perbedaan lain dari Ertiga Sport. Mobil ini dilengkapi semua fitur eksterior yang dimiliki Ertiga tipe GX. Seperti halogen projector headlamp, electric foldable mirror dengan lampu sein, rear defogger, pelek 15 inci bertema dua warna, lampu belakang LED hingga sensor parkir dua titik.

Selain sisi eksterior, interior Suzuki Ertiga Sport juga dibuat beda. Warna interiornya dibuat serba hitam untuk mempertahankan kesan sporty. Sementara pada varian lain memiliki dashboard dengan warna beige dan kursi kombinasi warna beige dan coklat.

Lain halnya pada Suzuki Ertiga Sport yang sisi dashboard dan kursi dibalut material fabric berwarna hitam. Tidak hanya membuat tampilan lebih sporty, pemilihan warna hitam akan membuat kabin mobil tidak cepat terlihat kotor.

Baa juga: Toyota Avanza 1.3 E MT vs Suzuki Ertiga GA MT

Selebihnya masih sama dengan Suzuki Ertiga yang sudah beredar. Mobil Suzuki ini juga dilengkapi dengan pengaturan AC digital otomatis, mengganti pegangan tangan jenis fixed dengan foldable handgrip di kursi baris pertama dan kedua, tersedia fixed hand grip di kursi baris ketiga dan perubahan pada bingkai di sekitar layar monitor.

Tidak hanya itu, masih ada fitur menarik lainnya. Seperti smart key immobilizer dengan tombol start-stop, AC double blower dan USB port untuk kedua baris kursi. Sementara sisi setir dibalut dengan material kulit. Lingkar kemudi ini juga sudah dilengkapi dengan fitur audio switch control yang dimiliki varian tertinggi Ertiga.

Fitur keselamatan yang disematkan pada mobil Suzuki ini juga cukup memadai. Ada rem ABS + EBD, dual SRS airbag, kursi ISOFIX dan Electronic Stability Program (ESP). Untuk diketahui, fitur ESP saat ini hanya tersedia pada Ertiga Sport saja. Sebab penjualan Ertiga GX ESP dihentikan belum lama ini. Khusus varian sport dengan transmisi otomatis, Suzuki menambahkan fitur Hill Hold Control.

Di sektor dapur pacu, Suzuki Ertiga Sport masih mengandalkan mesin berkapasitas 1,5 liter dengan konfigurasi 4-silinder. Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 104 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 138 Nm pada 4.400 rpm. Untuk pilihan transmisinya ada manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

“Penyematan konsep Suzuki Sport pada All New Ertiga dilakukan untuk memenuhi selera pasar yang menginginkan mobil keluarga dengan tampilan sporty dan fitur modern. Saat ini kami menambahkan sebelas fitur pembaruan untuk membuat Ertiga Sport terlihat lebih agresif dan selaras dengan tren otomotif sehingga memberikan kebanggaan dan keistimewaan tersendiri terhadap pemiliknya,” kata Setiawan Surya, 4W Deputy Managing Director PT SIS, mengutip dari Oto.

Lantas berapa harga Suzuki Ertiga Sport ini?

Suzuki Ertiga Sport menjadi varian termahal Ertiga saat ini. Harga mobil Suzuki ini untuk versi manual (MT) mencapai Rp 241 juta. Sedangkan harga Suzuki Ertiga Sport AT Rp 251,5 juta. Mobil ini sudah bisa dipesan oleh calon pembeli.

Suzuki Ertiga Sport tentu tidak sendirian. Sebab ada beberapa kompetitor yang juga tak kalah menarik. Seperti Honda Mobilio RS, Mitsubishi Xpander Ultimate dan Nissan Livina VL.

Diskon

Tidak berhenti sampai di situ, masih ada daya tarik lain dari mobil ini. Beberapa diler Suzuki langsung memberikan diskon pada mobil barunya ini. Besaran diskon Suzuki Ertiga Sport mulai dari Rp 10 jutaan. Sedangkan nominal tertingginya Rp 15 juta. Ini belum ditambah dengan beragam souvenir atau bonus lainnya.

PT SIS menyatakan bahwa hal itu cukup wajar. Sebab kebijakan pemberian diskon diserahkan sepenuhnya pada masing-masing diler. Di samping itu agen pemegang merek Suzuki itu menilai bahwa banyak konsumen yang menginginkan diskon.

“Diskon diberikan berdasarkan kebutuhan pasar. Apalagi orang Indonesia kalau beli sesuatu tidak ada diskon kurang afdol. Makanya kami selalu berikan program diskon pada saat launching,” ujar Makmur, Direktur Penjualan 4W PT SIS.

Rupanya Suzuki Indonesia tidak mematok tinggi target penjualan mobil terbarunya ini. Makmur menjelaskan target Ertiga Sport tidak berbeda dengan Ertiga versi standar. “Masih sama, kami targetkan 20 persen dari penjualan sekarang,” ungkapnya.

SIS mengklaim rata-rata penjualan ritel Suzuki Ertiga per bulan sepanjang 2018 berada di kisaran 3.000 unit. Jika dikalikan 20 persen, maka target penjualannya berkisar 500-600 unit per bulan.

Aksesoris Ertiga Sport Bisa Dibeli Terpisah

Pemilik lama rupanya juga bisa mengubah All New Ertiga menjadi All New Ertiga Sport. Ignatius Ratrianto, Head of Spareparts PT SIS menerangkan Ertiga varian lain bisa menggunakan aksesoris yang ada pada Ertiga Sport.

“Bisa, jadi kami menyediakan layanan purna jual bukan hanya suku cadang tapi aksesoris,” katanya, mengutip dari laman Tempo.

Ia mengatakan tambahan yang seluruhnya berbeda dari Ertiga Suzuki Sport ada 13 item, mulai dari eksterior hingga interior. Untuk sisi interior hanya head unit saja, sebab selebihnya interior Ertiga Sport sudah mengusung warna hitam. Sementara sisi eksteriornya mencakup front under spoiler, side under spoiler, rear upper spoiler, dan rear under spoiler.

Bila ditotal, penambahan aksesoris berjumlah 13 item itu membutuhkan biaya sebesar Rp 22,4 juta. Harga tersebut termasuk biaya pemasangan dan pengecatan. Semua komponen bisa dibeli di seluruh bengkel resmi Suzuki di Indonesia. Akan tetapi konsumen juga bisa membeli aksesoris Suzuki Ertiga Sport secara terpisah sesuai selera. Berikut detail harga aksesoris Suzuki Ertiga Sport di luar biaya pemasangan:

ItemHarga
Emblem Suzuki Sport kecilRp 109 ribu
New front lower grilleRp 350 ribu
Grille, radiator upperRp 1,5 juta
Lamp Assy, DRL Set, include bezelRp 2,398 juta
New front under spoiler no emblemRp 1,356 juta
New rear upper spoiler no emblemRp 790 ribu
New rear under spoiler no emblemRp 1,742 juta
New rear cameraRp 2,4 juta
GarnishRp 189 ribu
Bracket Comp, tunerRp 219 ribu
Emblem Suzuki Sport besarRp 229 ribu
New side under spoilerRp 2,228 juta
New headunitRp 4,27 juta

Kehadiran Suzuki Ertiga Sport akan semakin memanaskan persaingan LMPV di Indonesia. Bisa jadi mobil ini merupakan jawaban dari Suzuki atas gempuran model lain yang juga mendapat penyegaran belum lama ini. Seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang lebih segar atau Nissan Livina yang hadir dengan tampilan dan juga fitur-fitur baru.

Source: mobil suzuki sport terbaru 2019, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply