Komparasi Suzuki Ertiga Sport vs LMPV Varian Termahal

Loading...

Suzuki Ertiga Sport, Persaingan pasar Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) semakin ramai setelah PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menghadirkan Ertiga Sport. Mobil baru Suzuki ini melengkapi jajaran varian Suzuki Ertiga yang ada di Indonesia. Peningkatan dilakukan Suzuki mulai dari sisi eksterior, interior hingga fitur.

Loading...

Kehadiran Suzuki Ertiga Sport bisa menjadi ancaman bagi LMPV varian tertinggi lain yang ada di Indonesia. Lantas bagaimana bila disandingkan, mana yang menarik?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut berikut akan dibandingkan tawaran Suzuki Ertiga Sport dengan Honda Mobilio RS, Mitsubishi Xpander Sport atau Ultimate dan Nissan Livina VL. Bisa jadi referensi tambahan untuk Anda yang berniat membeli salah satu mobil tersebut.

Suzuki Ertiga Sport

Peningkatan yang diberikan pabrikan berlogo S tersebut pada Ertiga Sport mencakup beberapa hal. Diantaranya upper dan lower front grille, front under spoiler, side under spoiler, rear upper spoiler, serta rear under spoiler untuk sisi eksterior. Sementara di dalam kabin Suzuki Ertiga Sport mendapat sentuhan warna dashboard dan jok baru.

Tidak hanya itu, juga hadir fitur Electronic Stability Programme (ESP). Sebelumnya fitur ini hadir pada varian GX ESP yang sudah tidak dipasarkan di Indonesia. Selain itu juga ada fitur Hill Hold Control (HHC) khusus untuk varian transmisi otomatis.

Dengan seluruh peningkatan tersebut Suzuki Ertiga Sport menjadi varian tertinggi dan juga termahal dibanding varian Ertiga lainnya. Harga Suzuki Ertiga Sport untuk versi transmisi manual mencapai Rp 241 juta. Sedangkan harga versi otomatis Rp 251,5 juta.

Honda Mobilio RS

Beberapa waktu lalu Honda menyegarkan Mobilio. Beberapa tawaran yang diberikan pada mobil ini adalah fitur multimedia yang lebih baik dengan ukuran 8 inci. Di dalamnya sudah disertakan radio, USB Port, Compatible iPhone & iPod, AUX-IN, bluetooth, hands-free telephone dan smartphone connection.

Sedangkan komponen pendukung keselamatan tak berbeda dari Ertiga Sport. Mobil ini juga dilengkapi dengan Vehicle Stability Assist (VSA).

Baca juga: Honda Mobilio 2019 Hadir, Ini Harga dan Detail Perubahan

Melirik dapur pacunya, mobil ini mengandalkan mesin yang lebih bertenaga. Keluaran dayanya bisa menapai 118 PS pada 6.600 rpm dengan torsi maksimum 145 Nm pada 4.600 rpm.

Harga mobil Honda ini berbeda Rp 3,5 juta dari Ertiga Sport. Untuk harga Honda Mobilio R transmisi manual Rp 237,5 juta. Sedangkan versi CVT dipatok Rp 248 juta.

Mitsubishi Xpander Sport dan Ultimate

Jika dibandingkan dengan harga Suzuki Ertiga Sport, Mitsubishi Xpander Sport lebih cocok menjadi rivalnya. Sebab harga Mitsubishi Xpander Sport mencapai Rp 242,2 juta untuk transmisi manual dan Rp 252,2 juta untuk versi otomatis.

Mobil ini menawarkan kabin yang serba hitam dan minim aksen krom di sisi eksterior. Alhasil kesan sporty lebih terasa pada tipe ini. Fitur keselamatan yang ditawarkan juga mirip dengan Ertiga Sport.

Sedangkan varian tertinggi Xpander, Ultimate, hanya tersedia dalam satu pilihan transmisi. Harga mobil Mitsubishi ini menapai Rp 260,9 juta, lebih mahal dari Ertiga Sport versi matic.

Baca juga: Nissan Livina 2019 vs Mitsubishi Xpander

Hanya saja fitur yang ditawarkan tergolong lengkap. Ada fitur canggih keyless, start/stop button dan traction control. Di samping itu model ini juga dilengkapi dengan fitur cruise control untuk meningkatkan kenyamanan.

Nissan Livina VL

Yang tak kalah menarik perhatian adalah Nissan Livina terbaru. Dibandingkan dengan generasi pendahulunya, ada banyak sekali ubahan yang bisa dijumpai. Karena masih satu basis dengan Mitsubishi Xpander, maka tawaran fiturnya juga mirip. Begitu juga dengan dapur pacunya.

Akan tetapi Nissan Livina VL belum dilengkapi dengan fitur cruise control. Sedangkan di sisi interior bernuansa serba hitam seperti Xpander Sport. Akan tetapi kesan mewah tampak menonjol pada mobil ini dengan pengaplikasian material kulit pada seluruh jok.

Akan tetapi harga Nissan Livina VL juga lebih tinggi. Mobil ini dijual dengan banderol harga Rp 261,9 juta. Sedangkan pilihan transmisinya hanya ada satu macam, yakni otomatis saja.

Masing-masing mobil di atas menawarkan beberapa keunggulan. Meski juga terdapat beberapa kemiripan. Akan tetapi yang bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan adalah banderol harganya. Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio RS menawarkan harga yang cukup terjangkau. Meski begitu Xpander dan Livina menawarkan beberapa daya tarik yang tak kalah menggiurkan, seperti desain yang lebih memikat.

Loading...