Hasil dan Klasemen Usai F1 Bahrain 2019

Loading...

F1 Bahrain, Balap F1 yang berlangsung di Bahrain menjadi hari baik bagi tim Mercedes. Hal ini terjadi karena kesalahan yang dibuat oleh duo Ferrari, Charles Leclerc dan Sebastian Vettel. Sebenarnya kedua pembalap ini start dari posisi 1-2 dan sempat memimpin jalannya pertandingan F1 Bahrain 2019.

Loading...

Walaupun begitu kedua baik Vettel maupun Leclerc mengalami kejadian yang kurang menyenangkan secara bergantian. Alhasil kondisi ini memberikan keuntungan bagi Lewis Hamilton yang akhirnya berhasil finis di urutan terdepan.

Baru saja balapan yang berlangsung di Sirkuit Internasional Sakhir, Bahrain dimulai persaingan sengit tampak di baris terdepan. Vettel yang start dari posisi kedua berhasil melakukan start dengan baik dan mendahului Leclerc yang menjadi pole sitter.

Tidak sampai di situ, Leclerc kembali harus turun setelah didahului oleh rekan satu tim Hamilton, Valtteri Bottas. Dan ini juga terjadi di lap pertama.

Sementara lap berikutnya Leclerc mencoba untuk bangkit. Usahanya tak sia-sia, ia berhasil menyalip Bottas dan menduduki urutan kedua. Bottas yang sempat melebar harus merelakan posisi ketiganya diambil oleh Hamilton sesaat kemudian.

Leclerc memacu kencang mobil balapnya dan akhirnya berhasil mendahului rekan satu timnya, Vettel untuk menempati posisi pertama. Leclerc berhasil memenangi duel kontra Vettel setelah beradu cepat di lintasan lurus utama dan memasuki tikungan pertama.

Setelah tak terjadi perubahan di atas lintasan, persaingan beralih saat strategi para pembalap dalam melakukan pit stop. Pada lap ke-12, Verstappen masuk ke pit dan berusaha melakukan undercut kepada Bottas yang langsung merespons dengan masuk ke pit pada lap ke-13.

Di lap ke-14, Leclerc dan Hamilton masuk ke pit stop secara bersamaan. Hal ini membuat Vettel memimpin jalannya pertandingan.

Di lap yang sama, Verstappen yang sebelumnya berhasil melakukan undercut terhadap Bottas harus kembali kehilangan posisi sesudah didahului lagi oleh Bottas.

Satu lap kemudian Vettel masuk ke pit dan membuat Daniel Ricciardo dari Renault memimpin jalannya pertandingan. Ia sendiri belum masuk pit stop sejauh ini. Akan tetapi pembalap terdepan akhirnya jatuh ke tangan Leclerc setelah Riciardo mulai melambat dan memutuskan untuk masuk ke pit.

Di sisi lain pergantian posisi di barisan terdepan kembali terjadi ketika Vettel berhasil menyalip Hamilton untuk meraih peringkat kedua di lap 23. Tidak hanya itu saja, Hamilton yang sudah tertinggal cukup jauh memutuskan untuk masuk ke pit pada lap ke-36 untuk melakukan undercut.

Akan tetapi strategi tersebut dapat diatasi oleh Vettel yang mampu keluar tepat di depan Hamilton sesudah melakukan pit stop satu putaran kemudian. Hanya saja kejadian buruk menimpa Vettel. Tak berselang lama mobilnya melintir di lintasan dan membuatnya kehilangan banyak waktu dan posisi.

Vettel juga kehilangan sayap bagian depan sehingga terpaksa kembali masuk ke pit untuk melakukan perbaikan sebelum meneruskan lomba. Tidak hanya itu, Leclerc yang sudah nyaman di posisi terdepan juga mengalami hal yang tidak menyenangkan.

Balapan tinggal tersisa 10 lap, Leclerc tiba-tiba merasakan ada sesuatu yang tak beres pada mobilnya. Usut punya usut mobil yang ia kemudikan mengalami masalah pada bagian turbo. Kejadian ini dimanfaatkan Hamilton untuk mengejar dan mendahuluinya.

Leclerc harus rela kehilangan peringkat kedua setelah mobilnya tak sanggup melesat kencang untuk menghindari kejaran Bottas di lap-lap terakhir. Ketika balapan hampir usai, insiden terjadi di antara duo pembalap Renault. Hal ini membuat safety car masuk ke lintasan untuk beberapa putaran.

Akan tetapi kondisi tersebut tidak terlalu berpengaruh terhadap hasil akhir balapan F1 Bahrain 2019. Mercedes berhasil finis 1-2, di mana Hamilton menempati peringkat pertama, disusul oleh Bottas. Sementara Leclerc berhasil mengamankan podium ketiga dan juga satu poin tambahan berkat fastest lap yang diraihnya.

Hasil F1 2019 Bahrain

POSDRIVERCARTIME/RETIREDPTS
1Lewis HamiltonMERCEDES1:34:21.29525
2Valtteri BottasMERCEDES+2.980s18
3Charles LeclercFERRARI+6.131s16
4Max VerstappenRED BULL RACING HONDA+6.408s12
5Sebastian VettelFERRARI+36.068s10
6Lando NorrisMCLAREN RENAULT+45.754s8
7Kimi RäikkönenALFA ROMEO RACING FERRARI+47.470s6
8Pierre GaslyRED BULL RACING HONDA+58.094s4
9Alexander AlbonSCUDERIA TORO ROSSO HONDA+62.697s2
10Sergio PerezRACING POINT BWT MERCEDES+63.696s1
11Antonio GiovinazziALFA ROMEO RACING FERRARI+64.599s0
12Daniil KvyatSCUDERIA TORO ROSSO HONDA+1 lap0
13Kevin MagnussenHAAS FERRARI+1 lap0
14Lance StrollRACING POINT BWT MERCEDES+1 lap0
15George RussellWILLIAMS MERCEDES+1 lap0
16Robert KubicaWILLIAMS MERCEDES+2 laps0
17Nico HulkenbergRENAULTDNF0
18Daniel RicciardoRENAULTDNF0
19Carlos SainzMCLAREN RENAULTDNF0
NCRomain GrosjeanHAAS FERRARIDNF0
Loading...