Hyundai Creta Tidak Akan Masuk Indonesia, Ini Alasannya

Loading...

Hyundai Creta, Dikabarkan akan menghadirkan SUV baru, Hyundai menegaskan bahwa salah satu produk globalnya, Creta, tidak akan hadir di Indonesia untuk menantang dominasi Toyota Rush dan kawan-kawan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, mobil SUV Hyundai itu dinilai sulit bersaing dengan kompetitor di segmen LSUV. Hendrik Wiradjaja, Deputy Marketing Director HMI menyebutkan Creta bukan untuk pasar Indonesia.

Loading...

“Pertama Hyundai Creta itu di India mesinnya 1.600 cc. Kalau dibawa ke sini pajaknya sama seperti mesin 2.000 cc. Kemudian karena diproduksi di India maka kena pajak impor sekitar 5 persen. Beda kalau diproduksi di Thailand itu pajaknya nol persen,” kata Hendrik, mengutip dari Oto.

Hyundai Creta merupakan SUV paling kecil dari jajaran SUV Hyundai saat ini. Jika diurutkan Creta, Kona, Tucson, Santa Fe dan yang terbaru adalah Palisade.

Di sisi lain dengan kondisi yang ada saat ini harga Hyundai Creta bisa sulit ditekan sehingga nilai kompetitifnya kurang. Padahal sebenarnya segmen LSUV sendiri cukup diminati banyak masyarakat. Persaingannya pun juga terbilang sengit.

Seandainya dipasarkan, Hyundai Creta yang mengandalkan mesin 1,6 liter akan berhadapan dengan beberapa rival. Seperti Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda HR-V, Honda BR-V dan Suzuki SX4 S-Cross. Semua rivalnya ini mengandalkan mesin 1,5 liter yang lebih ekonomis.

Semua rival mengandalkan mesin 1,5 liter yang lebih ekonomis dan juga pajak yang lebih rendah. Sebenarnya Creta juga memiliki opsi mesin diesel 1,4 liter. Akan tetapi bisa jadi kurang diminati masyarakat jika dipasarkan di Indonesia.

Melihat spesifikasinya di India, Hyundai Creta mengandalkan mesin 1,6 liter dual valve timing (katup variabel ganda) yang dapat mengeluarkan tenaga sebesar 123 PS dan torsi maksimum 151 Nm.

Lalu untuk mesin diesel memakai 1,4 liter CRDi dan dapat mengeluarkan tenaga sebesar 90 PS serta torsi puncak 151 Nm. Untuk mesin diesel berkapasitas 1,4 liter CRDi mempunyai tenaga maksimal 90 PS dan torsi 259 Nm. Tersedia dua opsi transmisi, yakni 6-percepatan atau otomatis 6-percepatan.

Baca juga: 2 Mobil Hyundai Terbaru Rilis Tahun Ini, Kona dan i20?

Jika melihat ukurannya, Hyundai Creta lebih cocok untuk masuk kelas crossover yang juga diisi oleh Honda HR-V. Dimensinya tergolong besar, dengan panjang 4.270 mm, lebar 1.780 mm dan tinggi 1.630 mm. Untuk wheelbase mencapai 2.590 mm dan ground clearance 190 mm yang bisa diandalkan untuk melalui berbagai kondisi jalan.

Di India mobil ini berahdapan dengan Maruti Vitara Brezza, Ford Ecosport dan Renault Duster. Di sana mobil Hyundai ini cukup populer meski dibanderol tidak murah. Dalam kurun waktu empat bulan sejak resmi dirilis, Creta berhasil membukukan angka pemesanan sebesar 70 ribu unit.

Di waktu yang sama lebih dari 15 ribu unit pemesanan juga berhasil diraih dari internasional, termasuk Mesir, Panama, Kosta Rika, Uni Emirat Arab, Kolombia, Moroko, Saudi Arabia, Peru dan Nigeria. Hal inilah yang menjadi daya tarik dari mobil tersebut, termasuk desain, pilihan jantung pacu, transmisi, , fitur dan merek Hyundai sendiri. Akan tetapi yang paling memikat adalah value for money.

Hyundai Creta memiliki nama lain Hyundai ix25 dan hadir pada 2014. Mobil ini pertama kali dipasarkan di Beijing Cina pada tahun yang sama. Sedangkan satu tahun setelahnya dijual di India, disusul di beberapa negara lain.

Cukup disayangkan bila mobil ini tidak hadir di Indonesia. Akan tetapi mengingat Hyundai Indonesia segera merilis mobil baru dan salah satunya digadang-gadang adalah SUV, mungkin pabrikan mobil asal Korea itu punya strategi tersendiri yang lebih tepat untuk pasar Indonesia.

Loading...