MPV Renault Terbaru Bernama Renault Triber?

Loading...

MPV Renault, Di tengah panasnya persaingan segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV), akan ada satu merek lain yang mencoba peruntungan memikat hati konsumen mobil keluarga. Merek tersebut adalah Renault.

Loading...

Bersama agen pemegang merek barunya, Renault berencana memperkenalkan mobil baru yang akan menjadi penantang rival di kelas LMPV. Secara global mobil konsep ini memiliki nama Renault LBC. Akan tetapi ketika menjadi produk massal namanya akan berubah menjadi Triber. Mobil MPV inilah yang digadang-gadang hadir di Indonesia dan bersaing dengan model LCGC.

“Waktu pengumuman perdana, kami sempat mengutarakan akan menghadirkan segmen LMPV dan beririsan dengan segmen LCGC. Saya terus terang saja itu pun sebatas yang kami tahu. Kami baru melihat produknya beberapa saat ke depan. Jadi mohon maaf belum bisa share banyak,” ungkap Davy J Tuilan, Chief Operating Officer (COO) PT Maxindo Renault Indonesia, mengutip dari laman Liputan6.

Belum ada informasi resmi dari pabrikan soal Renault Triber. Akan tetapi menurut rumor yang beredar mobil Renault terbaru ini akan mengandalkan mesin bensin tiga silinder dari Kwid yang memiliki kapasitas 1,0 liter (BR10). Akan tetapi tenaganya lebih besar 7 hp dari milik Renault Kwid (68 hp dan torsi 91 Nm).

Selain itu kemungkinan juga akan tersedia mesin berkapasitas 1,2 liter. Lalu untuk transmisi bisa jadi menggunakan manual 5-percepatan milik Renault Kwid. Sedangkan untuk opsi lain ada otomatis 5-percepatan (AMT).

Salah satu alasan mengapa mobil baru Renault ini tidak masuk dalam skema LCGC adalah kandungan komponen lokalnya. Untuk diketahui, mobil yang masuk dalam kategori LCGC harus mencatat efisiensi bahan bakar minimal 20 km/liter dan memiliki komponen lokal minimal 80%.

Sementara Renault belum mempunyai fasilitas itu di Indonesia. Jadi Renault Triber ini nantinya akan diimpor dari India yang menjadi pasar besar bagi Renault.

Mobil MPV Renault ini akan menggunakan platform berdasarkan versi odifikasi dari CMF-A Kwid. Di India model ini rencananya akan diperkenalkan pada Juli 2019 mendatang.

Kehadirannya akan menantang Datsun Go+ yang hadir dengan konfigurasi kursi 5_2. sementara Renault akan memberikan desain yang lebih fungsional serta memungkinkan memiliki lebih banyak ruang di dalam kabin.

Baca juga: Renault Kwid Terbaru Akan Dihadirkan di Indonesia?

Sayangnya hingga sekarang belum ada wujud utuh dari MPV Renault ini. Akan tetapi beberapa waktu lalu mobil yang diduga Renault Triber tertangkap kamera lengkap dengan kamuflasenya. Dari foto tersebut Triber tampaknya akan dilengkapi lampu depan proyektor, DRL, pelek berukuran 15 inci dan empat airbags untuk keselamatan penumpang.

Pada gambar tersebut juga terlihat bahwa interior mobil ini mengusung tema dual tone hitam dan krem. Juga hadir sistem infotainment layar sentuh tujuh inci dengan sentuhan warna perak dan krom di area dashboard. Fitur ini juga dilengkapi sistem infotainment dengan Apple CarPlay dan Android Auto.

Renault Triber diharapkan juga dibekali dengan fitur sensor parkir belakang, kamera mundur dan sistem peringatan kecepatan. Lalu untuk kursi baris ketiga mendapat tambahan ventilasi udara khusus.

Mobil ini bisa menjadi produk yang menarik perhatian. Sebab Renault Triber menawarkan perpaduan keserbagunaan LMPV dengan kekompakan dan kemudahan ala hatchback. Kehadirannya di Indonesia nanti bisa menantang Toyota Calya, Daihatsu Sigra dan Datsun Go+ Panca yang sudah lebih dulu hadir.

Seperti yang diketahui, MPV sampai saat ini masih menjadi pilihan bagi banyak orang. Dan MPV dengan harga terjangkau menjadi solusi bagi banyak orang yang ingin membeli mobil berkabin lapang dengan dana terbatas. Semoga Renault Triber nantinya tidak hanya menawarkan harga yang ramah di kantong, namun juga fitur yang mumpuni.

Loading...